Cari Blog Ini

Minggu, 29 Juni 2014

[Review Game] Bravely Default

Halooo~ kembali lagi dengan Dark lily membahas game favoritnya :p Kali ini aku akan bahas game RPG 3DS yang dirilis awal Februari lalu. Apalagi kalau bukan Bravely Default! Game ini adalah game yang sudah kutunggu-tunggu selama dua tahun sejak perilisannya di Jepang. Untung game ini diterjemahkan juga dan bisa kumainkan langsung. :D  Dan langsung saja kubahas secara mendalam The Most Anticipated 2014 Game ini!




INTRODUCTION



Bravely Default adalah game buatan Silicon Studio dan dipublish oleh Square Enix di Jepang dengan judul Bravely Default: Flying Fairy untuk Nintendo 3DS. Awalnya game ini akan dibuat intuk menjadi spin-off dari Final Fantasy: The 4 Heroes of Light, tapi kemudian berubah jadi IP baru. Setahun setelah rilis, Silicon Studio membuat versi upgrade game ini dengan menambah banyak fitur baru pada game play, mempercantik grafis, dan penambahan beberapa dialog. Versi upgrade ini mempunyai perubahan bahasa dari Jepang ke Inggris dan textnya pun mempunyai 5 macam bahasa. Versi upgrade ini juga akhirnya dilokalisasikan ke Amerika dan Eropa dengan judul Bravely Default: Where the Fairy Flies.


Bravely Default juga mempunyai game sekuel, tapi game itu adalah free-to-play web browser game dengan judul Bravely Default: Praying Brage. Tidak hanya itu, ada game sekuel lain yang katanya akan menjadi true sekuel dari Bravely Default yang berjudul Bravely Second. Game sekuel ini sedang dalam masa pembuatan dan dijadwalkan rilis tahun 2014 ini.

Release Date:  
Bravely Default: Flying Fairy

- October 11th 2012 (Japan)

Bravely Default: Where the Fairy Flies

- December 5th, 2013 (Japan)
- December 6th, 2013 (Europe)
- February 7th, 2014 (NA)

Staff: 
Director: Kensuke Nakahara
Producer: Tomoya Asano
Lead Artist/Main Character Design: Akihiko Yoshida
Scenario Writer: Naotaka Hayashi
Music: Revo


GAMEPLAY


Gameplay yang dipakai dalam Bravely Default (BD) ini mirip seperti FF: The 4 Heroes of Light dan juga FF klasik yang memakai sistem Traditional RPG. Gameplay yang memakai sistem turn-based dan juga sistem Job yang bisa ganti-ganti untuk setiap karakter. Dalam BD juga memakai sistem random encounter yang mirip dengan FF klasik. Hal yang membuat BD berbeda dari FF adanya sistem Brave dan Default. 



Brave adalah poin agar karakter bisa memilih command berkali-kali. Maksimum satu karakter bisa melakukan 4 kali Brave dan bisa melakukan command 4 kali berturut-turut dalam satu turn. Jika poin karakter minus, maka karakter tidak mendapat giliran sampai nilai poin kembali 0.

Bedanya dengan Default disini adalah nama lain dari Defense sekaligus cara menambah poin. Jika kita menambah poin, kemungkina poin kita minus akan kecil dan kita bisa menyerang musuh terus menerus.

Ada juga command Abilities, yaitu command ability sesuai Job yang dipakai karakter. Job Ability yang bisa dipakai karaker bisa dipakai 2 macam dan kita bisa menggabungkan dua ability dengan Job yang berbeda yang bisa menguntungkan dalam battle.

Special disini adalah semacam Limit Break yang di FF. Special disini tergantung dari equipment yang dipakai karakter. Setiap Senjata mempunyai syarat special yang berbeda dan juga setiap kita melakukan Special juga menambah status tertentu pada party. Uniknya setiap karakter mempunyai Theme Song masing-masing ketika melakukan Special.

Summon Friend dalam BD mempunyai fitur Friend yang bisa kita panggil dalam battle untuk membantu. Friend disini bukan NPC dalam game, tapi benar-benar friend yang kita temukan dalam streetpass/online. Kita sendiri dapat mengirim serangan terbaik kita ke sesama pemain BD.

Norende Village Desa ini adalah desa Tiz yang hancur, tapi kita bisa membangunnya kembali. Kita bisa membangunnya dengan mengumpulkan orang-orang yang membantu membangun desa. Orang disini kita rekrut dari streetpass atau online. Setiap bangunan mempunyai waktu masing-masing dan kita membutuhkan beberapa orang agar bangunan bisa terbangun sempurna.


Ada 24 Job yang bisa dipilih di game ini, Freelancer, Monk, White Mage, Black Mage, Knight, Thief, Merchant, Spell Fencer, Time Mage, Ranger, Summoner, Valkyrie, Red Mage, Salve-Maker, Performer, Pirate, Ninja, Swordmaster, Arcanist, Spiritmaster, Templar, Dark Knight, Vampire, dan Conjurer. Setiap Job ini bisa didapatkan dengan melawan boss seiring jalan cerita (tapi lebih banyak kita dapatkan dari sidequest). Setiap Job memiliki 14 level dan setiap level akan membuka ability dan juga meningkatkan status karakter.

STORY

Cerita di Bravely Default menceritakan empat remaja yang berpetualang untuk menghentikan Great Chasm, sebuah bencana yang menyebabkan Crystal yang menjadi sumber kehidupan dunia diselubungi kegelapan. Dunia bernama Luxendarc ini menjadi porak-poranda akibat non aktifnya Crystal. Dalam perjalanan mereka ditemani seorang Cryst-Fairy yang menjadi guide mengenai Crystal dan juga cara membangkitkan Crystal dari kegelapan. Namun dalam perjalanan mereka, ada berbagai halangan dari monster kegelapan dan juga sebuah pasukan negara Eternia yang ingin mencegah usaha mereka. Dapatkah mereka menyelamatkan dunia sebelum semua Crystal ditelan kegelapan?

CHARACTER

Agnès Oblige
Age: 17 (JP), 20 (EN)
VA: Ami Koshimizu (JP), Erin Fitzgerald (EN)

Agnes adalah Wind Vestal yang bertugas menjaga Wind Crystal di Ancheim. Ketika terjadi Great Chasm dirinya merasa bertanggung jawab dan mencari cara untuk mengembalikan dunia seperti semula. Walaupun terlihat kuat dan berani, sebenarnya Agnes sangat takut dengan duna luar yang tidak dia kenal dan selalu merasa curiga dengan orang lain bahkan teman seperjalannya. Agnes suka sekali tersesat salah satu kelemahan yang selalu dia sangkal.







Tiz Arrior
Age: 16 (JP), 19 (EN)
VA: Mitsuki Saiga (JP), Bryce Papenbrook (EN)

Desanya hancur tak bersisa gara-gara Great Chasm dan dia jadi korban selamat satu-satunya.. Ditengah ketepurukannya itu, Tiz bertemu dengan Agnes yang ingin menghentikan Great Chasm. Berharap desanya bisa pulih jika Great Chasm dihentikan, Tiz ingin membantu Agnes. Walaupun awalnya sulit untuk membujuk Agnes tapi Tiz berhasil membujuknya untuk mengajaknya pergi bersama. Tidak seperti Agnes, Tiz tidak curigaan pada orang lain karena itu dia yang selalu membujuk Agnes ketika Ringabel dan Edea bergabung. 





Ringabel
Age: ??
VA: Ryōta Takeuchi (JP), Spike Spencer (EN)

Cowok yang selalu tebar pesona ke para cewek ini mengaku bisa melihat masa dapan dengan jurnal yang dimiliknya. Jurnal yang dia sebut dengan D's Journal itu juga menjadi petunjuk untuknya yang hilang ingatan. Dia bersikeras ingin ikut Tiz dan Agnes karena dalam jurnal itu menceritakan tentang mereka berdua dan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Ringabel adalah tipe yang cukup cerewet jika berhubungan dengan masalah cewek, tapi diluar itu sikapnya tenang dan lebih suka memerhatikan sesuatu, hal itu selalu membuatnya menemukan petunjuk penting.





Edea Lee
Age: 15 (JP), 18 (EN)
VA: Mai Aizawa (JP), Cassandra Lee Morris (EN)

Awalnya Edea adalah prajurit negara Eternia yang ditugaskan untuk menangkap Wind Vestal. Setelah melihat cara atasannya yang kejam dia langsung berbalik ingin membatu Agnes dan ingin melihat sisi lain dari negara kelahirannya itu. Edea adalah tipe yang membagi semuanya antara benar dan salah. Jika ada orang melakukan sesuatu tidak sesuai dengan rasa keadilan yang dimilikinya maka dia akan mengecap orang itu sebagai penjahat. Sebaliknya jika ada orang yang menurutnya baik atau merasa kesulitan dia akan membantu sepenuh hati. Seperti ayahnya dia mempunyai jiwa ksatria yang kuat.



Airy
Age:??
VA: Makoto Tsumura (JP), Stephanie Sheh (EN)

Airy mengaku sebagai Cryst-Fairy yang memiliki semua pengetahuan tentang Crystal sejak dahulu kala. Airy memberi petunjuk pada Agnes untuk membangkitkan keempat Crystal untuk menghentikan Great Chasm. Sifatnya seperti anak kecil dan selalu mengeluh jika party melakukan hal lain selain berhubungan dengan pembangkitan Crystal.





ETERNIAN SKY KNIGHT  

Kelompok prajurit dari negara Eternia yang bermarkas di daerah Caldisla. Sesuai namanya mereka selalu menaiki airship dalam tugas mereka. Kelompok ini diketuai oleh Argent Heinkel.

Argent Heikel
Age: 42
VA: Takaya Hashi (JP), Richard Epcar (EN)
Asterisk: Knight

Sesuai dengan Job yang dimilikinya, Heinkel mempunyai rasa ksatria yang kuat. Karena itu dia akan mematuhi perintah walaupun dengan segala cara. Sifatnya cukup garang dan detil dengan hal-hal kecil.

Ominas Crowe
Age: 32
VA: Sōichirō Hoshi (JP), Kyle Hebert (EN)
Asterisk: Black Mage

Emosi Crowe sangat tidak stabil, dia suka marah-marah untuk hal kecil. Dia juga tidak suka jika ada anak buahnya yang membangkang. Kalau ada yang berani melawan pasti akan langsung dia bakar dengan sihirnya.

Barras Lehr
Age: 24
VA: Hōchū Ōtsuka (JP), Kirk Thornton (EN)
Asterisk: Monk

Barras adalah orang yang bertugas menjalankan airship ketika ada tugas. Barras sangat suka pertarungan. Darahnya selalu bergejolak semangat jika sudah waktunya untuk bertarung.

Holly Whyte
Age: 26
VA: Chiaki Takahashi (JP), Rachel Robinson (EN)
Asterisk: White Mage

Sebagai healer kemampuan Whyte tidak bisa diremehkan. Tapi sifatnya bertolak belakang dengan tugasnya, karena dia punya sifat sadis dan tidak sabaran. Dia lebih suka bermalas-malasan daripada bertarung yang menghabiskan tenaga.

KHAMER & PROFITEUR MERCHANTRY
Kelompok ini berbeda karena mereka bukan berbasis prajurit, tapi sebuah organisasi yang berhubungan dengan bisnis yang berbasis di Ancheim. Tapi dibalik itu mereka juga bertugas menyebar Anticrystalism.

Erutus Profiteur
Age: 44
VA: Masaki Terasoma (JP), 
Asterisk: Merchant

Seorang pengusaha yang menjual air di Ancheim. Walaupun sifatnya ramah pada pelanggan tapi dibalik itu dia adalah orang yang serakah dan akan melakukan apapun demi mendapatkan keuntungan.

Eloch Quentis Khamer VIII
Age: 57
VA: Tetsu Shiratori (JP), Terrence Stone (EN)
Asterisk: Time Mage

Khamer VIII adalah raja yang berkuasa di Ancheim. Dia ikut membantu rencana Eternia menyebarkan Anticrystalism karena dia juga tidak suka dengan penganut Crystal

Ciggma Khint
Age: 37
VA: Keiji Fujiwara (JP), Dave B. Mitchell (EN)
Asterisk: Spell Fencer

Bertugas sebagai bodyguard untuk anggota Merchantry lain, tapi dia menarik bayaran untuk itu. Jika bayarannya tidak sesuai dengan dengan kekuatan lawannya, maka dia akan meninggalkan kliennya.

Jackal
Age: 16
VA: Nobuyuki Hiyama (JP), Michael Sinterniklaas (EN)
Asterisk: Thief

Jackal tidak berhubungan dengan Eternia maupun kerajaan Ancheim, dia direkrut Khint karena dia memiliki Asterisk. Jackal pun mengikuti Khint karena dia diperbolehkan mencuri untuk kepentingan Merchantry.

BLOODROSE LEGION

Kelompok yang bertugas di Florem untuk menyingkirkan seluruh penganut Crystal dan membuat Crystal di wilayah itu menjadi milik Eternia. Semua anggota Bloodrose adalah wanita kecuali komandan mereka.

Fiore DeRosa
Age: 38
VA: Jōji Nakata (JP), Steve Staley (EN)
Asterisk:Red Mage

Sebagai komandan Bloodrose Legion, kerjanya hanya kencan dengan cewek. Sikapnya itu membuat 3 anak buahnya jadi tidak respect padanya. Tapi sikapnya itu adalah bagian dari rencana jahatnya untuk menjatuhkan Florem.

Einheria Venus
Age: 28
VA: Yûko Kaida (JP), Cindy Robinson (EN)
Asterisk: Valkyrie

Einheria adalah wanita yang serius dan sangat berdedikasi dengan pekerjaannya. Karena itu dia akan mematuhi apapun perintah apapun yang diberikan padanya. Dibalik sikap yang keras itu, dia sangat menyayangi kedua saudaranya.

Mephilia Venus
Age: 24
VA: Satomi Arai (JP),, Karen Strassman (EN)
Asterisk: Summoner

Mephilia adalah Summoner yang kuat, sayangnya dia suka menggunakan kekuatannya untuk kehancuran. Baginya kehancuran dan penderitaan adalah keindahan. Dia sangat mencintai kakaknya dan akan melakukan apapun yang dikatakan kakaknya.

Artemia Venus
Age: 17
VA: Hiroka Nishizawa (JP), Kira Buckland (EN)
Asterisk: Hunter

Anak terakhir dari Venus bersaudara. Sama seperti Mephilia, dia sangat mencintai dan mematuhi Einheria. Dia tidak peduli apapun selain perintah kakaknya demi membuat kakaknya senang.

BLACK BLADES

  


Divisi pertama di Eternia ini juga bertugas untuk menghetikan penganut Crystal, mereka ditempatkan di negara Eisenberg. Di negara itu mereka membantu kelompok Swordbearers yang lebih menyukai anticrystalism. Di Eisenberg pun akhirnya terjadi perang sipil.

Nobutsuna Kamiizumi
Age: 45
VA: Hikaru Midorikawa (JP),  Liam O'Brien (EN)
Asterisk: Swordmaster

Dia adalah pemimpin Black Blades dan juga guru pedang Edea. Orangnya sangat tenang di situasi kacau sekalipun. Kemampuan pedangnya sangat hebat bahkan bisa mengalahkan ribuan prajurit musuh.

Hayreddin Barbarossa
Age: 35
VA: Kōsei Hirota (JP), Michael Sorich (EN)
Asterisk: Pirate

Wakil ketua Black Blades ini adalah seorang Pirate yang bertugas di lautan sekitar Eisenberg. Dia tipe orang yang ceria dan suka tertawa. Dia sudah berkerja sama dengan Kaiizumi dalam waktu yang lama.

Qada
Age: 46
VA: Chafūrin (JP), Kaiji Tang (EN)
Asterisk: Salve-maker

Qada adalah seorang pembuat ramuan dan obat-obatan, hal itu juga dia jadikan sebagai senjata andalannya. Dia akan melakukan apapun demi eksperimen yang dia lakukan, dari membantah perintah sampai menjadikan prajurit musuh sebagai tikus percobaan.

Praline a la Mode
Age: 17
VA: Fumie Mizusawa (JP), Stephanie Sheh (EN)
Asterisk: Performer

Seorang penyanyi yang bertugas memberi semangat prajurit di garis depan. Suaranya bisa membuat semangat dan meningkatkan kekuatan para prajurit. Sebaliknya dia bisa menurunkan semangat musuh dengan nyanyiannya.

Konoe Kikyo
Age: 21
VA: Eri Saitō (JP)
Asterisk: Ninja

Konoe adalah gadis pendiam dan tidak pernah bicara. Tapi kalau dia sedang menyamar, dia bisa bicara panjang lebar tanpa henti. Sifatnya yang seperti itu menjadikannya sering ditugaskan menjadi assasin.

COUNCIL OF SIX


Komamdan tertinggi dari pasukan negara Eternia. Mereka adalah baris akhir dari pertahanan Eternia, bisa dibilang mereka yang paling terkuat dari pasukan Eternia lain. Walaupun mereka ada enam orang, yang paling aktif mengurusi Eternia hanya empat orang.

Braev Lee
Age: 45
VA: Takehito Koyasu (JP), David Sobolov (EN)
Asterisk: Templar

Pemimpin dari Council of Six dan juga orang yang paling berkuasa di Eternia. Dia ingin menyingkirkan seluruh penganut Crystal agar Crystal bisa digunakan untuk hal lain. Sifatnya sangat keras dan tegas, dia tidak akan segan-segan pada orang yang menghalangi jalannya.

Alternis Dim
Age: 18 (JP), 23 (EN)
VA: Ryōta Takeuchi (JP), Spike Spencer (EN)
Asterisk: Dark Knight

Tangan kanan dari Braev Lee dan sering bertugas sebagai mata-mata bahkan informan untuk divisi lain di seluruh Luxendrac. Dia sangat hormat pada Braev karena itu dia mematuhi semua perintahnya. Dia dan Edea adalah teman sejak kecil.

Victor S.Court
Age: 25
VA: Daisuke Ono (JP), Lucien Dodge (EN)
Asterisk: Spiritmaster

Di usianya yang begitu muda, Victor berhasil menemukan cara pengobatan yang hebat. Hasil usahanya itu membuat Eternia menjadi negara yang tidak pernah sakit. Dia selalu mengikuti Victoria kemanapun dan selalu membiarkan gadis itu melakukan apapun yang dia lakukan.

Victoria F.Stein
Age: ??
VA:Kanon Tani (JP), Carrie Savage (EN)
Asterisk: Arcanist

Walaupun tubuhnya kecil tapi sebenarnya dia lebih tua dari itu. Bentuk tubuhnya yang seperti itu juga membuat mentalnya tidak stabil. Bahkan baginya membunuh adalah hal yang biasa. Walaupun terlihat kuat sebenarnya Victoria sedang sakit keras.

Sage Yulyana
Age: ??
VA:Hiroshi Masuoka (JP), Dave Mallow (EN)
Asterisk: Conjurer

Kakek-kakek yang menjadi penjahit baju cewek ini terlihat seperti kakek mesum biasa. Tapi sebenarnya dia mengetahui rahasia di balik Crystal dan dunia Luxendrac. Dia sering memberi petunjuk pada Agnes dan yang lain jika mereka dalam kesulitan.

Lester Derosso
Age: ??
VA:Hiroki Tōchi (JP), Popeye V (EN)
Asterisk: Vampire

Seorang Archduke di Eternia yang tinggal di kastil es misterius. Dia lebih suka dipanggil Lord Derosso. Walaupun dia adalah bagian dari Eternia, dia juga sering memberi petunjuk pada Agnes dan yang lain mengenai Crystal dan juga soal sejarah kelam penganut Crystal dan Eternia.

AFTERWORD

Game ini adalah game yang paling tunggu di 2014 kareba setelah menunggu 2 tahun akhirnya diterjemahkan juga ke B.Inggris. Nggak kusangka juga game ini sangat addictive sampai aku menyelesaikan semua bestiary musuh dan item, level semua karakter 99 juga semua job lv max! (padahal kalau game lain paling males yang beginian lol) sampai saat ini aku sudah memainkan game ini 4 kali XD

Gameplay yang banyak fitur untuk membantu kita level up dengan lagu battle yang ear-catching jadi semakin semangat untuk terus battle. Kalau sedang bosan kita bisa juga turn-off encounter jadi bisa jalan kemana-mana dengan tenang. Aku paling suka pakai Monk, Dark Knight, Spiritmaster, Vampire dan Thief. Summoner sebenarnya bagus tapi sayang butuh MP (super) banyak, pilihan summonya juga sedikit.

Cerita game ini cukup mindblowing tapi tidak begitu rumit. Karakternya pun juga likeable semua. Satu hal yang aku suka, disini ada semacam party chat, obrolan random keempat karakter. Seperti Skit di Tales, kebanyakan obrolan random yang lucu api sayang tidak bersuara. Semua VA sama sekali tidak mengecewakan! Very good job!

















Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top