Cari Blog Ini

Kamis, 29 November 2012

[Kaskus - AMH Fanstuff Project] Nusa Literata


Hallo, hari ini aku mau ngasih tahu event yang siapa tahu ada bakal tertarik nih he he :D

Pada tahu Kaskus? forum terbesar di Indonesia? aku sebenarnya udah tahu Kaskus sejak lama tapi baru aktif lagi baru-baru ini. Nah, Kaskus punya subforum yang namanya AMH kepanjangan dari Anime Manga Haven yang tentu saja membahas seputar anime manga yang lagi trend sekarang di Indonesia. AMH ini punya subforum khusus lagi yang menampung karya anak-anak kaskus yang suka tulis-menulis atau karya komik yang masih berbau anime manga atau sejenisnya, enggak harus dari anime manga sih karya original sendiri juga oke, yang penting berani ngeluarin karya aja disini he he :D namanya Fanstuff.

Sejak mulai aktif lagi di Kaskus (meski cuma di Fanstuff doang sih :P) aku jadi tahu banyak soal tulis-menulis fiksi dan kenal beberapa orang disana. Puncaknya, waktu karya kita diterima di kontes AMH Project Fan Fiction Book. Kita seneng banget waktu itu, nggak kebayang fanfic kita keterima dan masuk kompilasi buku project AMH itu. Nah, sejak saat itu Nemuchan sama Dark Lily jadi rajin deh ke Kaskus apalagi ke Fanstuff (kalo Dark Lily sih lebih sering ke ke forum lain :D).

Ok deh, curhatku sampe sini aja :D Nah sekarang soal kontes Nusa Literata. Fanstuff ngadain lagi kontes menulis cerpen yang dinamain Nusa Literata. Intinya kita membuat karya fiksi yang berbau dongeng Indonesia, bisa dari daerah mana aja dan juga dongeng apa saja misalnya; cerita lain dari Malin Kundang yang tobat dan kemudian jadi superhero #ngarangbebas XD. Karya Orisinil juga boleh asal masih berbau Indonesia. Tertarik? Langsung aja ke forumnya yah, terus ikutin persyaratannya, nggak susah-susah amat sih yang penting jadi warga Fanstuff dulu, Oya batas waktunya sampai 31 Desember.

Ayo kita ramein kontes ini, kabarnya yang menang karyanya akan dijadikan buku kompilasi lho! Kita sih rencananya ikut *ehem* tapi belum ada ide nih >_< dan lagi belum tentu juga menang ha ha... XD

Untuk lebih jelasnya lihat keterangan dibawah yah, Selamat berkarya!


Quote:KATA PENGANTAR
Halo Fanstuff, AtelierAMH pengen ngadain event nih. Seperti yang kita tahu, Indonesia itu luas, dan luasnya Indonesia itu dibarengi oleh kayanya cerita rakyat yang banyak ragamnya, punya keunikan masing - masing, serta tersebar di berbagai belahan kepulauan Nusantara. Nah, pada kesempatan kali ini, kita ingin mengajak teman - teman untuk melakukan reimagining cerita - cerita rakyat tersebut sesuai imajinasi kalian sendiri. Kami ingin melihat bagaimana sih, cerita rakyat versi anak - anak Fanstuff, yang tentunya tidak akan kalah unik dengan versi aslinya.

Karya teman - teman nantinya akan dibukukan dalam sebuah antologi fiksi berjudul Atelier Project #2, dan jika tidak ada aral melintang karya ini akan dijual di Hellofest 9.


Quote:SYARAT UMUM
1. Minimal punya 1 thread fic di FanStuff ATAU berkontribusi (partisipasi aktif, saran konsep, investasi etc) dalam event-event FanStuff (Cth: WHW, AMH HS, dst);
2. Aktif dalam memberikan komentar, kritik, saran, tips, etc dalam SF FanStuff

Syarat umum ini mutlak adanya dan tidak bisa diganggu gugat, karena circle ini mewakili Fanstuff secara resmi maka sudah selayaknya untuk menjadi warga Fanstuff terlebih dahulu untuk dapat berpartisipasi dalam kontes resmi. Untuk yang belum memenuhi syarat umum ini, tenang saja, kalian bisa memenuhinya sebelum men-submit karya kalian.

Intinya, kontes ini memang untuk warga Fanstuff, jadi kalau pengen ikut kontes dan dibukukan karyanya tapi belum jadi warga Fanstuff, jadi warga Fanstuff sambil ikut kontes ini aja gan we're having fun here you know


Quote:KETENTUAN YANG BERLAKU
1. Naskah karya fiksi yang dikirimkan tidak mengandung unsur pornografi, kekerasan atau unsur SARA yang eksplisit;
2. Panjang naskah karya fiksi maksimal 15 halaman A5; [Download Template]
3. Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam media apapun, termasuk dalam bentuk thread di Fanstuff;
4. Setiap peserta setuju bahwa karyanya menjadi milik AtelierAMH, dengan hak cipta tetap pada penulis;
5. Dewan juri akan memilih 12 naskah terbaik yang akan dibukukan dalam sebuah antologi fiksi;
6. Pengiriman naskah karya fiksi dimulai tanggal 8 November 2012 sampai 31 Desember 2012;
7. Naskah dikirimkan ke alamat e-mail atelier.fanstuff@gmail.com dengan melampirkan satu file word (.doc, .docx). Subyek email diisi oleh Nusa Literata : <username kaskus pengirim> - <judul cerita rakyat aslinya (jika melakukan reimagining dari cerita rakyat yang sudah ada)> dan file word yang dikirim berjudul <username kaskus pengirim> - <judul karya>.


Quote:KRITERIA PENILAIAN
1. Orisinalitas;
2. Kreativitas pengolahan ide;
3. Keindahan bahasa, kaidah penulisan, dan kelengkapan naskah.


Quote:PANITIA
Circle AtelierAMH
Project Leader : dantd95
Original Idea and Design : ceroberoz, what_a_joke
Juri : MaxMarcel, Shian, Shangar. striferser
Humas : Divisi PR


Quote:TIMELINE
8 November 2012 - 31 Desember 2012 = waktu penyerahan fic
1 Januari - 14 Januari = penjurian
15 Januari = rapat pleno juri
16 Januari = pengumuman pemenang
17 Januari dst. = proyek Atelier Project #2 (tentatif)


FAQ / Frequently Asked Questions

Q : Gan, ane mau ikut nih, tapi pengennya bikin cerita rakyat baru, gimana?
A : Silakan saja, itu juga ada sisi uniknya kok. Lihat ketentuan untuk format pengiriman fic.


Quote:Q : Maksudnya warga Fanstuff ini apa gan?
A : Maksudnya ya yang berdiam di Fanstuff, ehehe :> jangan khawatir buat yang belum memenuhi syarat, kali ini kalian bisa memenuhi syarat dengan cara punya id Kaskus, bikin satu trid fiksi apa saja selain yang akan diikutkan dalam kontes ini, dan komen di tiga trid fiksi/posting ilustrasi buatan sendiri di trid showcase/50 post di lounge fanstuff


Quote:Q : Ane pengen ngegabungin unsur di dua cerita rakyat berbeda nih gan, gimana?
A : Wah bagus dong, gampang lah, tinggal nanti pas ngirim cantumin cerita rakyatnya lebih dari satu juga.


Quote:Q : Ane mau reimagine cerita rakyat yang udah ada, tapi bingung nih, ane ga tahu banyak soal cerita rakyat, bisa dibantu gan?
A : Kalau kekurangan materi cerita rakyat yang cocok, bisa googling, atau akses website kumpulan cerita rakyat disini.


Sumber


Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top