Cari Blog Ini

Minggu, 08 Desember 2013

Dark lily's Game of The Year

Tahun 2013 akan segera berakhir dan selama tahun ini juga aku banyak main game. Rasanya hidupku santai banget sampai main banyak game ya, haha. Tapi bukan gamer namaya kalau nggak main game kan? XD

Total ada 14 game yang aku mainkan tahun ini. Banyak! Tapi kebanyakan game VN yang cepat selesai. Tidak semuanya game baru yang keluar tahun ini, ada juga game lama atau bahkan patch. Kalau dilihat cuma satu game keluaran tahun ini, lol. 



14. Rhythm Thief & the Emperor's Treasure

Platform: Nintendo 3DS
Genre: Rhythm, Adventure
Long-Playing: 1 month

Sejak punya 3DS aku sangat tertarik sama game ini, karena aku suka game rhythm. Pas main demonya pun aku sangat tertarik. Sayangnya, bagiku game ini cukup sulit karena ada beberapa stage yang kontrolnya susah, karena aku jadi tidak bisa kosentrasi mendengar musik kalau harus goyang yang aku pegang.

(+)
Musiknya ear-catching.

(-)
Ceritanya terlalu biasa dan ada glitch yang membuatku nggak bisa dapat A di post game.


13. Hakuouki:  Demon of The Fleeting Blossom

Platform: PSP
Genre: Otome Visual Novel, Reverse Harem
Long-PLaying: 1 month

Ini adalah Otoge (Otome Game, terutama reverse harem) pertama yang pernah aku sentuh. Biasanya game harem yang aku main ada di game RPG seperti Ar Tonelico. Pertama kali main ini, aku...bingung. Sebagai gamer yang sering main RPG dan ARPG main ini agak kikuk. Semua visual novel yang pernah aku mainin semuanya bergenre puzzle dan Hakuouki ini tidak ada puzzle sama sekali (ya iyalah namanya juga Otoge #shot)

Game ini juga sering aku tinggal buat main game lain...dan setelah selesai, rasanya lega. XD

(+)
Semua rute karakter yang kita pilih pasti Happy end, aku suka happy end :D

(-)
Tidak ada satupun karakter (cowok) yang menarik perhatian (walaupun semuanya ikemen), dimataku semuanya biasa saja (no offense buat penggemar Hakuouki.)


12. Miles Edgeworth: Ace Attorney Investigation

Platform: NDS
Genre: Adventure, Visual Novel
Long-Playing: 1 week

Game tentang Edgeworth ini sangat berbeda dengan AA utama, karena kita nggak akan pernah ke court dan beraksi sebagai Prosecutor. Sesuai judulnya, kita beraksi sebagai Prosecutor Edgeworth yang super sibuk melakukan investigasi, mencari tersangka dan dengan tatapan tajam Edgey tersangka sebenarnya pun mengaku, lol (jk)

Main game ini serasa lagi baca manga Detective Conan, XD

(+)
Tampilannya berbeda dengan AA utama, karena disini pakai sprite yang bisa kita jalankan, jadinya cukup refreshing.

(-)
Tidak ada satupun kasus yang menarik. Yang menarik hanya interaksi antara karakter, kasusnya sendiri...tidak


11. Cooking Mama 4: Kitchen Magic

Platform: Nintendo 3DS
Genre:Simulation, Mini games
Long-Playing: 2 months


Sebagai penggemar Cooking Mama series, tentu saja aku juga main yang satu ini. Untuk pertama kalinya di 3DS jadi membawa banyak gameplay baru yang menarik. Tidak hanya slice dan tiup microphone saja, tapi juga bisa dengan goyang 3DS atau tekan R dan L button.

Sekarang di CM ini ada banyak pilihan mini game lain yang bisa kita mainkan selain masak, dan semua menyenangkan.

(+)
Seperti serial CM sebelumnya, semua makanannya terlihat enak. Apalagi sekarang sudah bisa 3D jadi terlihat nyata XD

(-)
Di fitur "let's combine" developer tidak terlalu serius untuk membuatnya jadi makanan baru...karena hasil akhirnya jadi benar2 sangat aneh. (Contohnya jika kita campur es dengan nasi, hasilnya hanya es yang ditancap di semangkuk nasi.)


10. Apollo Justice: Ace Attorney

Platform: NDS
Genre: Adventure, Visual Novel
Long-Playing: 5 Days

AA brand-new ini dengan protag baru, prosecutor baru, asisten baru, detektif baru, kekuatan baru, semuanya baru. Tapi ini tetap AA yang protagnya seorang Defense Attorney yang mencari bukti agar kliennya tidak dikenai tuduhan 'bersalah'. Di AJ ini kita bisa menggunakan kekuatan 'Perceive' Apollo di dalam pengadilan, tidak seperti 'Pysche-lock'. Sayangnya, di gamenya sendiri Apollo tidak se'charming' karakter lain (tapi dia cukup loveable )

(+)
Banyak yang bisa kita lakukan selama investigasi, mungkin karena detektifnya Ema, jadi kita bisa melakukan investigasi secara ilmiah, lol. dan semua barang bukti juga bisa kita examine dan melihat komentar Trucy maupun Apollo.

(-)
Dari 4 kasus yang ada (dan sayangnya cuma 4), yang merik perhatian itu cuma kasus terkahir, itu juga saat kisah masa lalu. Waktu balik ke masa kini, aku sangat tidak puas dengan 'final villain'nya, mungkin karena aku ingin dia 'breakdown' (animasi saat dia kalah) dengan ditabrak truk atau semacamnya.
Dan musik di AJ ini tidak ada yang ear-catching (bahkan aku baru suka theme Apollo di AA5 /kabur)


09. Phoenix Wright: Ace Attorney

Platform: NDS
Genre: Adventure, Visual Novel
Long-Playing: 5 Days

(kenapa Edgeworth terlihat seperti antagonis di cover ini :o)

AA pertama yang aku mainkan, sempat bingung dengan situasi di pengadilan tapi untungnya kasus pertama bisa aku jalankan dengan selamat, haha. Sewaktu investigasi suasanya agak mirip Prof. Layton jadi aku bisa terbiasa. Awalnya kukira game ini game serius tapi ternyata game ini penuh dengan rasa humor yang bagus :D

Aku sangat suka animasi para karakternya, benar-benar menggambarkan ekspresi mereka. musik di pengadilan juga bagus. Walaupun fitur dari kasus 1-4 biasa saja, tapi semuanya berubah di kasus kelima. Banyak fitur yang kita bisa kita lakukan dari (namanya juga kasus tambahan)

(+)
Untuk semua kasus menarik, lagu di pengadilan dan investigasi juga enak didengar. Game ini membuatku ingin terus memainkan lanjut ke game kedua.

(-)
Fitur menarik hanya ada di kasus terakhir.


08. Phoenix Wright: Ace Attorney: Trials & Tribulations

Platform: NDS
Genre: Adventure, Visual Novel
Long-Playing: 5 Days

Di game ketiga serial AA ini banyak mengungkap soal masa lalu tokoh utama dan banyak kisah masa lalu, bahkan kita bisa memainkan Mia sewaktu muda. Di seri ini unik karena kita akan memainkan 3 Attorney berbeda di beberapa episode. Disini juga pemakaian Psyche-lock juga cukup banyak, jadi investigasi jadi terasa lebih lama karena kita harus bolak-balik mencari barang bukti untuk membuka rahasia para saksi.

(+)
Aku paling suka musik court dan investigasi di T&T ini. Aku juga suka kasus pertama disini.

(-)
Aku sempat bosan di kasus ke-2 dan ke-3, bukan kasusnya nggak menarik tapi aku merasa bosan, apalagi ketika di pengadilan. Apa ini gara2 themenya Godot? Hal-hal yang berhubungan dengan kopi pasti membuatku ngantuk...


07. Phoenix Wright: Ace Attorney: Justice for All

Platform: NDS
Genre: Adventure, Visual Novel
Long-Playing: 5 Days

Entah kenapa dibeberapa forum yang aku lihat game kedua ini tidak begitu disukai, padahal diantara trilogi pertama AA game ini paling aku suka karena kalau aku bosan disini, aku nggak akan melanjutkan serial AA.

Banyak fitur baru yang diperkenalkan disini, dari kita bisa memberi profil orang lain sebagai bukti, Magatama dan juga Psyche-Lock. Walaupun semua kasusnya tetap berkisar soal pembunuhan tapi kesan yang ada dari tersangka cukup berbeda dari sebelumnya, itulah kulihat sangat menarik di game kedua ini.

(+)
Walaupun aku lebih suka lagu court dan investigasi di T&T tap disini lagu2nya juga bagus, apalagi lagu "Recollection/Reminiscence" banyak yang aku suka. Dan sekali lagi, semua kasus di JFA semuanya menarik.

(-)
Tidak seperti game sebelum dan sesudahnya, di JFA kasusunya hanya ada 4.


06. Tales of Innocence

Platform: NDS
Genre: RPG
Long-Playing: 3 Weeks

Ini game Tales yang terakhir kali aku mainkan dan sayangnya ini hanya patch dari fan translation (mereka sangat hebat membuat ini). Seperti ciri khas Tales series, gameplaynya yang menarik dan juga bagian yang paling aku suka, "skit" dialog. Ini juga pertama kalinya aku main game yang karakternya bicara full-Japanese dengan teks Inggris.

(+)
Cerita sederhana dan heartwarming. Cerita yang jarang terjadi di game jaman sekarang. ToI ini walaupun game lama tapi aku senang memainkannya sebagai hiburan. Semua karakter likeable dan lagunya juga bagus.

(-)
Ada salah satu mekanisme gameplay yang tidak aku sukai dan Guild point untuk membeli barang yang bisa dibawa ke NG+ terlalu sulit.


05. Virtue's Last Reward

Platform: Nintendo 3DS
Genre: Adventure. Visual Novel
Long-Playing: 1 Week

Sekuel dari game 999: Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors ini masih memberika ketegangan yang sama di game terbarunya. Ancaman kehilangan nyawa membuat kita harus menyelesaikan banyak puzzle untuk membuka pintu keluar.

Puzzlenya makin unik dan theme ceritanya juga menarik dan selalu bikin penasaran. Walaupun masih ada adegan berdarah, kalau kita dapat bad ending, adegannya tidak sesadis game pertamanya.

(+)
Endingnya benar2 tidak terduga, aku benar2 kaget. Setiap karakter punya ending sendiri yang bisa kita lalui juga dengan bad ending masing-masing. Sekarang setiap timeline bisa kita loncat sesuka hati tanpa mengulang dari awal.

(-)
Ada glitch yang membuat game ini force close


04. Phoenix Wright: Ace Attorney: Dual Destinies

Platform: Nintendo 3DS
Genre: Adventure, Visual Novel
Long-Playing: 4 Days

Serial AA terbaru yang membuatku memainkan semua serial sebelumnya hanya karena sebuah demo. Game ini benar-benar membuatku sangat penasaran dengan AA sebelum ini. Setelah semua serial AA lama selesai aku akhirnya bisa main game ini.

Banyak sekali perubahan yang ada dari game sebelumnya, dari animasi sprite, anime cutscene, berganti tokoh utama di beberapa episode, dan fitur terbaru yang paling menarik, "Mood Matrix". Walaupun karakter baru bermunculan, ada juga karakter lama yang muncul bahkan ada yang sebagai cameo.

(+)
Karakter, lagu, dan kasus semuanya menarik. Aku suka dengan "Mood Matrix" dan senang "Perceive" dan juga "Psyche-Locke" juga kembali. Animasi karakternya juga tidak bosan aku lihat berkali2 XD

(-)
Wilayah untuk investigasi jadi dipersempit dan hanya beberapa tempat saja, tidak seluasa dulu. Barang bukti juga tidak bisa diperiksa sesukanya. Ini agak aneh, tapi animasi animenya tidak sebagus animasi spritenya.


03. Professor Layton and the Miracle Mask

Platform: Nintendo 3DS
Genre: Puzzzle, Adventure
Long-Playing: 2 Weeks

Professor Layton terbaru di 3DS. Game memecahkan puzzle ini selalu menyenangkan. Walaupun semua berubah jadi 3D tapi tidak menghilangkan ciri khas game sebelumnya.

Puzzle makin banyak dan ceritanya selalu membuat penasaran adalah unsur penting yang membuatku selalu tertarik game Professor Layton

(+)
Keadaan sekitar jadi tambah ramai, walaupun kita nggak bisa bicara ke semua orang, tapi suasana kota tidak sesepi dulu. Ada perubahan siang-malam dan masa depan-masa lalu sangat menarik. Disini juga banyak lagu yang menenangkan.

(-)
Banyak puzzle yang berulang (rumus sama hanya soalnya yang berbeda).


02. Kingdom Hearts: Dream Drop Distance

Platform: Nintendo 3DS
Genre: ARPG
Long-Playing: 2 Weeks

Aku senang seri KH baru ada di handheld yang aku punya. Game KH memang terkenal tersebar di seluruh platform.

Di game kali ini kita kembali memainkan Sora yang sempat absen di beberapa game, tidak hanya itu Riku juga ikutan. Banyak mekanisme gameplay baru yang menarik, seperti Flowmotion dan Reality shift. Sangat membantu melawan Dream Eater.

(+)
Kita bisa memainkan Riku dan Sora bergantian kapan saja kita mau. Walaupun dunia yang mereka kunjungi sama, tapi ceritanya berbeda-beda. Seperti serial KH pada umumnya, lagunya selalu bagus.

(-)
Aku tidak begitu suka spirit Dream Eater, terlalu merepotkan.


01. Theatrhythm Final Fantasy

Platform: Nintendo 3DS
Genre: Rhythm
Long-Playing: 2 Weeks (main story)

Game rhythm dengan banyak lagu nostalgia FF yang memorable. Gameplaynya juga mudah dan gampang, jadi kita bisa memainkannya sambil mendengarkan lagu tanpa harus repot mengurusi gameplay.


Semua karakter dibuat selucu mungkin, membuat kita nggak bosan melihat layar 3DS, lol


(+)
Game yang tidak pernah membuatku bosan, bahkan sampai sekarang aku masih sering memainkan game ini di sela-sela game lain. Walaupun ada lagu yang kusuka tidak ada disini, tapi semua lagu disini sudah membuatku kangen dengan FF klasik.

(-)
Tetap memertahankan unsur FF dengan mengadakan equipment ability di setiap karakter memang bagus, tapi sayangnya slot ability terlalu dikit daripada daftar ability yang banyak (apalagi bisa ditambah)

After Word
Itulah semua game yang aku mainkan selama tahun 2013. Sebenarnya ada banyak karena Game AA yang tiba-tiba menarik hati dan juga bisa cepat selesai. XD

Walaupun aku mengurutkan dari atas sampai bawah dan ada plus-minus tapi menurutku ini adalah game yang terbaik bagiku. Masih banyak game yang belum aku mainkan karena aku tidak tertarik atau belum tertarik :p

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top