Cari Blog Ini

Minggu, 23 Maret 2014

AtelierAMH


Halo, apa kabar? kayaknya udah lama juga ga ngisi blog ya? hehe... Ok deh, post kali ini aku mau bahas salah satu circle yang kita pernah beberapa kali terlibat yaitu; AtelierAMH.

Apa sih AtelierAMH itu? nah, mari kita simak review copas dari Kaskus langsung ini hehe... cekidot!

 

AtelierAMH: Be Creative With Us!





Quote: Tidak sempat ke AFAID 2013 dan tidak mendapatkan kesempatan untuk membeli buku AtelierAMH? ORDER NOW!! Persediaan terbatas!


Quote:
Quote:Apa itu Fanstuff?Fanstuff adalah salah satu sub forum Anime Manga Haven di Kaskus. Fanstuff awalnya dibentuk untuk menyalurkan fiksi fan, dari tokusatsu dan anime manga dari kaskuser. Namun seiring perkembangannya, subforum ini berkembang menjadi sebuah komunitas yang juga menampung karya sastra orisinil, bahkan komik.

Kalau kamu punya luapan kreativitas dan imajinasi tinggi yang sulit dikeluarkan, nah di sini lah tempat kamu bisa mengekspresikannya! Cerita pendek? Cerita bersambung? Bisa! Fanstuff adalah tempat yang pas untuk kamu-kamu yang butuh media untuk menyalurkan karyamu, meminta feedback dari mereka yang punya minat sama, atau sekedar membaca karya-karya yang ada di dalamnya.

Untuk kamu yang ingin memamerkan kemampuan mengambar kamu, Fanstuff punya AMH Showcase. AMH Showcase adalah sebuah komunitas yang solid dimana kamu bisa mengasah kemampuan kamu bersama banyak artist lain di dalamnya.

Fanstuff juga punya AtelierAMH. Apa sih AtelierAMH itu?

Quote:Apa itu AtelierAMH?AtelierAMH adalah sebuah lingkar sastra kreatif. Lingkar di sini berarti wadah bagi sekelompok orang yang berniat menciptakan berbagai karya kreatif. Lewat AtelierAMH, kami mengajak kamu yang berminat menciptakan sebuah karya sastra, baik itu cerita pendek, cerita bersambung, novel hingga komik untuk menyalurkan kreativitasmu. AtelierAMH juga akan menjadi media, franchise, atau apapun istilah yang pas bagi kamu yang membantu merealisasikan karyamu dalam bentuk fisik, serta memasarkannya lewat berbagai event pop-culture di Indonesia.

AtelierAMH berbasis di subforum Fanstuff di Kaskus.

Quote:FAQs (Frequently Asked Questions)Gan, ane tertarik nih. Gimana caranya ane bisa bergabung sama AtelierAMH?
Agan harus memenuhi salah satu syarat di bawah ini terlebih dahulu.
1. Minimal punya 1 thread aktif di Fanstuff.
2. Berkontribusi (partisipasi, saran konsep, investasi etc) dalam event-event Fanstuff.
3. Aktif dalam memberikan komentar, kritik, saran, tips, etc dalam subforum Fanstuff.
Setelah salah satu syarat ini dipenuhi, agan bisa langsung mengajukan diri lewat thread ini, atau mengirimkan PM ke ID ini.

Saya ga bisa nulis cerita atau bikin komik, tapi ane jago layout/bisa nyumbangin illustrasi/ngerti banyak soal editorial. Apakah ane bisa bergabung dengan AtelierAMH?
Bisa banget. AtelierAMH dibentuk bukan sebagai sebuah tim penulis, namun merupakan komunitas dan tim yang bisa merealisasikan hasil karya kaskuser, khususnya yang bernaung dalam forum Fanstuff.

Gan, ane punya novel/komik nih. Gimana caranya biar AtelierAMH mau nerbitin karya ane?
Agan harus bergabung dulu dengan AtelierAMH. Setelah bergabung, baru kita diskusikan bersama.

Gan, ane ga bisa bergabung dengan AtelierAMH, tapi pengen karya ane bisa diterbitin sama AtelierAMH. Bisa ga yah?
Bisa. Agan bisa berpartisipasi dalam event yang AtelierAMH adakan secara berkala di Fanstuff, misalnya Nusa Literata yang diadakan beberapa bulan yang lalu. Nusa Literata adalah lomba yang mengajak penghuni Fanstuff untuk reinterpretasi cerita rakyat Indonesia sesuai imajinasi sendiri. Karya yang masuk akan diseleksi, disunting, lalu kemudian dibukukan.

Quote:Finished Projects
2013

To the End of This Road
Tipe:
Buku Kompilasi Cerita
Hidup adalah perjalanan, Perjalanan adalah hidup. Kami ingin menyajikan dua kalimat tersebut ke dalam sebuah kompilasi cerita tematik. Lahirlah “To the End of This Road”, yang membawa “perjalanan” sebagai tema utamanya.
Semoga delapan karya fiksi hasil seleksi di buku ini bisa menjadi sahabat pembaca di saat sedang mengalami perjalanan, baik secara harfiah atau tidak.
Dipasarkan pertama kali pada bulan September di event AFAID 2013, Jakarta


Nusa Literata
Tipe:
Buku Kompilasi Cerita
Lewat Nusa Literata, AtelierAMH mempersembahkan enam cerita terbaik hasil seleksi komunitas Fanstuff Kaskus. Bersiaplah untuk mengarungi dunia fiksi yang unik dalam khazanah Nusantara lewat tiga cerita orisinil yang terinspirasi dari budaya setempat serta tiga cerita hasil interpretasi ulang cerita rakyat yang sudah ada.
Dipasarkan pertama kali pada bulan Mei di event Hobby Fest 2013, Jakarta.

2012

AP ZERO
Tipe:
Buku Kompilasi Cerita
Kumpulan cerpen kedua dari komunitas Fanstuff di forum Kaskus ini merupakan retrospeksi atas awal mulai berdirinya subforum Fanstuff dan orang-orang yang berjasa dalam membesarkan komunitas dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 3 cerpen, 1 komik, dan 3 fiksi fan yang muncul di sini adalah representasi Fanstuff saat masih 'balita'.
Dipasarkan pertama kali pada bulan November di event Mangafest UGM 2012, Yogyakarta.


Atelier Fanstuff
Tipe: Buku Kompilasi Cerita
Circle AtelierAMH mempersembahkan pada pembaca Indonesia, kumpulan 6 cerpen dan 6 fiksi fan hasil karya pertama komunitas Fanstuff di forum Kaskus!
Dipasarkan pertama kali pada bulan September di event AFA 2012, Jakarta.


Sumber

Nah, AtelierAMH juga punya official circle lho, circle yang sudah banyak menghasilkan karya-karya yang sudah dibukukan dan kita pernah bergabung di 2 proyek sebelumnya (cieee...hh ). Nah, ini dia reviewnya;

[Official] Circle Atelier AMH



Who are you?
Quote:Atelier AMH adalah sebuah circle alias semacam wadah atau banner yang bertugas mengumpulkan bakat-bakat dalam bidang sastra yang ada di subforum FanStuff (#552) dan menjadi sarana bagi mereka untuk membuat karya-karya dengan circle ini sebagai semacam perantara atau platformnya.

What is your vision?
Quote:Menjadi sebuah komunitas yang turut berkontribusi untuk bangsa dan negara dengan turut andil dalam memajukan sastra Indonesia umumnya dan sastra akar rumput khususnya, serta mengembangkan dan memanfaatkan potensi dari sumber daya yang ada di dalam internet, khususnya subforum FanStuff dalam naungan forum KasKus.

What are your missions?
Quote:1. Memberikan bantuan bagi penulis baik amatir maupun profesional yang ada dalam naungan subforum FanStuff untuk menerbitkan dan mempromosikan karya mereka.
2. Mewujudkan adanya wadah bagi penulis yang berada dalam naungan subforum FanStuff untuk meningkatkan kemampuannya.
3. Membentuk sebuah komunitas atau wadah bagi penulis alternatif yang bersedia berada di dalam naungan subforum FanStuff.
4. Mendorong setiap penulis yang berada dalam naungan FanStuff untuk memberikan kerja nyata ataupun kontribusi tambahan untuk memajukan FanStuff dan KasKus khususnya serta dunia penulisan Indonesia pada umumnya.


What is your function?
Quote:Fungsi AtelierAMH sebagai sebuah circle mirip dengan misi-misinya, yakni diantaranya membantu menerbitkan karya-karya penulis di FanStuff. Tapi fungsi circle ini tidak terbatas di penerbitan saja, melainkan juga membuat event-event baik di dunia maya maupun nyata. AtelierAMH sebenarnya pada intinya ingin memacu dan mendorong para penulis di FanStuff agar lebih aktif di FanStuff dan memberi kontribusi nyata, tidak hanya dalam bentuk karya saja dan tidak hanya menumpang nama a.k.a mendadak muncul tiap ada proyek saja. Bahkan dalam skala yang lebih luas circle ini juga menginginkan agar tingkat traffic, partisipasi dan keaktifan di FanStuff ini juga bertambah. Intinya, we are more than just another indie publisher.

What is your circle's structure a.k.a how does the circle work?
Quote:AtelierAMH terbagi dalam beragam divisi, tepatnya 6 divisi namun tidak memiliki ketua tetap. Untuk urusan kepemimpinan, circle ini menjalankan sistem project-based dimana setiap proyek yang dijalankan oleh circle akan memiliki seorang ketua atau project leader. Hal ini dilakukan agar ada fleksibilitas dan durabilitas mengingat hakikat circle ini yang berbasis dunia maya dan persebaran anggotanya yang tidak semuanya berada di domisili yang sama.

You said there's 6 divisions..
Quote:1. Administration & Secretariat (AS)
Divisi yang bertugas untuk mengatur day-to-day affairs dari Circle terutama keuangan, keanggotaan, laporan tahunan, dan pendataan.
-dantd95
-ceroberoz
-Leehan666

2. Editing, Proofreading, & Review (EPR)
Divisi ini menjalankan salah satu fungsi inti dari Circle yakni melakukan review, menyaring tulisan-tulisan yang masuk dan memperbaiki tulisan-tulisan yang tersaring dari sisi EYD, penceritaan, dan grammar.
-MaxMarcel
-kurogawa
-ginpachi
-undesco
-cybeast
-Dino97
-giande
-st_illumina
-kikuri
-Yukikawaii

3. Art & Illustration (AI)
Divisi ini bertugas untuk membuat ilustrasi dan gambar-gambar lainnya yang akan ditambahkan pada setiap proyek.
-lala4jach
-nemuchan
-nissanote
-Heilel_Realz012
-AnglerfishHero
-pack

4. Cover & Layouting (CL)
Divisi yang diberi kekuasaan untuk mempercantik setiap buku yang dibuat dengan sampul depan dan memberi layout untuk setiap lembar halamannya.
-what_a_joke
-otaku_insider

5. Public Relations (PR)
Divisi penyambung lidah bagi Circle baik di internal KasKus/FanStuff maupun di kehidupan nyata.
-AceOfTheSilver
-Shangar
-ucokberingas

6. Production & Logistics (PL)
Divisi ini memastikan pencetakan buku dengan membangun koneksi dengan percetakan serta mengatur logistik yang diperlukan.
-Shian


Wait wait.. no writing division?
Quote:Karena circle ini bertugas untuk mewakili dan membawa nama FanStuff, maka kami tidak menetapkan sistem penulis tetap melainkan sistem kontributor tidak tetap. Kontributor dalam konteks circle merupakan para penulis dan/atau pelukis, intinya mereka adalah orang-orang yang memberi karya dan memberi roh bagi circle ini. Karena keanggotaan circle ini didesain sedemikian rupa sehingga tidak memiliki kontributor tetap secara resmi maka circle AtelierAMH memberi syarat-syarat bagi orang yang ingin berkontribusi yaitu :
1. Minimal punya 1 thread fic aktif di FanStuff ATAU
2. Berkontribusi (partisipasi, saran konsep, investasi etc) dalam event-event FanStuff (Cth: WHW, AMH HS, dst)
3. Aktif dalam memberikan komentar, kritik, saran, tips, etc dalam SF FanStuff


I want to join..
Quote:Tenang aja, sekarang open recruitment untuk posisi tetap masih dibuka terutama untuk divisi-divisi yang kekurangan orang seperti divisi PL. Dan kalau kamu mau bergabung tapi rekrutmen sudah ditutup atau kamu punya segudang kesibukan yang membuatmu tidak bisa menjadi anggota tetap, kamu bisa mengikuti rekrutmen outsourcing untuk setiap proyek yang akan dijalankan (contoh : buku Fanstuff Atelier Project/FAP).

How can we contact you outside Kaskus?
Quote:Kita punya beberapa akun di social media yang diatur oleh divisi PR, yaitu akun twitter kami (@atelieramh) dan grup facebook. Pertanyaan lainnya bisa ditanyakan di thread ini atau kepada divisi PR.

Nah, sampai sini pasti ada yang pensaran sama sejarahnya kan? terutama Fanstuff yang menjadi wadah para penulis yang kelak membentuk circle AtelierAMH. Cekidot!

HISTORY OF FANSTUFF 
(by MaxMarcel, edited by EPR division)

Quote:Subforum FS (#552) sebenarnya adalah sebuah subforum yang terbilang baru, dibuat pada tahun 2010. Pembuatan subforum ini sendiri tidak lepas dari adanya beberapa kejadian di tahun itu.

Berbeda dari pandangan beberapa orang bahwa pemicu FanStuff adalah RP AMH High School yang diadakan dalam root AMH, pemicu sebenarnya adalah thread fanfic Toku yang memenuhi subforum TokuSenKa. Walaupun mungkin kemunculan antusiasme anak-anak root AMH untuk menulis cerita berperan, tapi 'tidak sterilnya' subforum TokuSenka-lah yang memicu mod tare untuk memproposalkan pembuatan SF baru untuk menampung cerita.

Dalam diskusi nama yang saat itu berlangsung dalam lounge root AMH, nama Atelier pertama kali terdengar dan mendapat cukup banyak antusias. Namun mungkin karena beberapa alasan, nama yang dipakai adalah FanStuff. Kemudian dengan bantuan moderator taretake, serta antusiasme dari penghuni subforum AMH, akhirnya subforum FanStuff lahir pada tanggal 6 Juli 2010.

Quote:Berkat kerja keras para mod AMH, lahirlah FanStuff. Kelahiran ini ditandai oleh migrasi penghuni root AMH (dan mungkin SF lainnya) menuju FanStuff.

Beberapa penghuni root yang sempat meramaikan FS diantaranya UchaUcha (sang diva AMH yang biasa main ke KSP), AppleBread ke-4 (penulis yang baik, selalu menulis dengan inggris, dan hampir tidak pernah menulis sampai selesai), MaxMarcel (the guro dude), JunoPhoenica (sudah menghilang) dan beberapa orang lagi.

Peramai FS dari luar root sendiri diantaranya adalah dantd (pembuat lounge pertama), Keitaro (pembuat VN), vorpal.blade, dkk.

Berikut list member 'angkatan lama' Fanstuff (tidak lengkap):
-UchaUcha
-MaxMarcel
-cybeast
-AppleBread ke-4
-JunoPhoenicia
-KlavierGavin
-HAVOCProject
-dantd95
-Keitaro3660
-st_illumina
-ragnafox
-vorpal.blade
-kryth artho
-Akai Mikazuki
-giande
-Aincrad
-Reimix
-eleamaya
-Fardrake

Quote:Dalam perkembangannya, FanStuff pernah amat, sangat sepi (ya, sampai lounge pun berdebu dan hanya diposting 3 hari sekali (itupun kebanyakan sundulan dari dantd sang TS pertama)). Maka saat anggota mulai bertambah, FanStuff mulai menyelenggarakan event-event dan kontes-kontes untuk menambah baik jumlah maupun partisipasi dari anggota yang ada.

Event pertama yaitu event AMH City yang diadakan oleh AppleBread ke-4 untuk merevitalisasi dan memperbaiki kontes AMH High School di root yang gagal. Sayangnya event ini juga tidak bertahan lama. Untuk kontes pertama adalah kontes orific & fanfic yang diadakan Juno dkk. dengan Ucha sebagai konsultan, dan dimenangkan oleh cybeast dan striferser. Lalu ada pula kontribusi FanStuff dalam sebuah event lokal di Jakarta. Saat itu untuk mempromosikan komik lokal, teutons001 mengajak komikus-komikus FanStuff diantaranya Ryuu Majin dan faza meonk untuk meramaikan event. Efek dominonya, humantyphoon menawarkan salah satu cerpen orific untuk dikomikkan. Banyak yang mengajukan, dan yang lolos seleksi adalah otaku_insider dengan ficnya Siswi SMU Biasa dan komiknya dipajang di sebuah festival bahkan diliput Metro TV bersama VN buatan Keitaro.

Dari situlah tradisi mengadakan event dan kontes dimulai. Keitaro membuat semacam roleplaying game bertajuk 4 Kingdoms dengan sistem class. Event ini sukses besar, maka ia membuat sekuelnya berjudul 4 Nations yang juga sukses. Kemudian dibuat kontes kedua Fanstuff dengan kriteria penilaian yang unik yaitu judul, penokohan, prolog, dll. Pada masa2 ini juga dinobatkan enthusiast pertama di FanStuff yaitu Heilel_Realz012.

Seterusnya berbagai macam event dan kontes diadakan dan yang terbaru adalah WHW (besutan otaku_insider), FS Romance Challenge (nominally dipegang ChronosXIII sayangnya terbengkalai), dan event2 resmi yang dipegang oleh circle AtelierAMH.


HISTORY OF CIRCLE 
(by dantd95)

Quote:Circle AtelierAMH masih memiliki sejarah yang pendek. Sebenarnya pembentukan circle ini dipicu oleh adanya event berskala internasional di Jakarta, yaitu AFAID 2012. FanStuff berencana untuk membuat semacam buku kompilasi orific dan fanfic yang dinamakan FanStuff Atelier Project atau FAP, dengan ceroberoz sebagai project leader (detailnya bisa dilihat di thread FAP). Dari kesuksesan itulah akhirnya timbul semacam inisiatif untuk meneruskan 'usaha' ini menjadi sebuah circle yang sifatnya lebih resmi dengan fondasi berupa kepanitiaan FAP ditambah beberapa anggota FanStuff lainnya. Long story short, akhirnya circle bisa terbentuk pada tanggal 23 September 2012.

Sumber

Fiuh, cukup panjang juga yah sejarahnya? sekarang ini AtelierAMH selalu mengadakan lomba Fikbul di Fanstuff setiap bulan. Apa itu Fikbul? check this out!

Quote:Tentang Fikbul

Fikbul (Fiksi Bulanan) adalah sebuah lomba penulisan cerpen di Fanstuff yang diadakan bulanan sebagai ajang latihan, eksperimen, dan adu kreativitas antar penghuni. Lomba yang terinspirasi dari Cerbul Kastil Fantasi ini diadakan setiap bulan dengan tema berbeda-beda.

Karena ini merupakan ajang latihan, baik bagi penulis pemula maupun yang sudah cukup lama di Fanstuff, maka lomba ini bisa dibilang santai. Diharap tidak ada debat kusir tidak penting atau panas-panasan, tapi sesuai budaya Fanstuff saling mengomentari dan mengkritik hukumnya tidak wajib.


Quote:FAQ

T: Fikbul itu apa?
J: Hmmm.....diatas sudah dijelaskan bukan? ^^
Ya, ini merupakan salah satu inisiatif FS untuk menggenjot kreativitas para penulis yang menghuninya.

T: Kenapa harus lomba bulanan?
J: Karena rentang waktu bulanan cukup pas. Tidak memberikan tekanan yang berlebihan atas deadline, tapi juga gak ngasih waktu yang terlalu santai buat menulis. Lagipula waktu bulanan ini pas juga untuk para juri untuk memikirkan tema berikutnya dan mengistirahatkan diri. Begitu juga buat para peserta bukan? ^^

T: Ini tema bukannya membatasi kreativitas?
J; Tidak juga sih. Kadang ada yang bilang keterbatasan memicu kreativitas. Beberapa juga bilang mereka baru bisa menulis kalau ada kompetisi. Yang pasti, tema disini adalah titik mulai bagi seseorang untuk mulai menulis.

T: Cerpen saya gak muat di satu pos! Bisa minta satu pos ekstra?
J: hmmm......sayangnya gak D:
Karena disitu tantangannya; apakah kamu bisa menulis suatu tema dengan batasan karakter yang diberikan? Kalau misal gak muat, mungkin bisa dicoba dihapus BBcode nya biar muat. Gak pake italic, bold, dll juga gak terlalu masalah kok ^o^

T: Pemenang dapat apa?
J: Sejauh pihak FS belum mendiskusikan apa-apa perihal hadiah buat pemenang, tapi kemungkinan apabila memungkinkan, cerita yang masuk kedalam 5 besar bisa diantologikan menjadi buku terbitan baru buat FS yang nanti dijual di event-event besar! ^o^/


Sumber

AtelierAMH juga selalu mengadakan lomba yang skala yang lebih besar, kita pasti akan ikutan ini kalau temanya familiar, kalau kurang familiar atau kita nggak begitu kenal contohnya tema Touhou atau tema Gensokyo kita pasti nggak ikut hehe ^_^ so, kalau mau berpartisipasi, rajin-rajin cek ke Fanstuff ya! (promosi nih yee... hehe)

Oya, kalau mau tahu siapa nama cewek yang jadi maskotnya AtelierAMH, namanya Rina. Soal Rina masih mau dikumpulin dulu informasinya nih hehe, kalau sudah ketemu pasti langsung aku update infonya.

End Note:
Aku sangat bersyukur bisa mengenal Fanstuff dan AtelierAMH karena kita banyak belajar soal kepenulisan, teman baru, dan pengalaman dalam dunia fanfiksi. Dan sangat bersyukur karya-karya kami sebelumnya yang lolos penjurian lomba yang diadakan dan kemudian dibukukan, tidak terkatakan batapa bangganya kita saat itu, circle kita yang nggak ada apa-apanya waktu itu (sekarang juga masih ya, kayaknya haha...) bersanding dengan nama-nama penulis-penulis muda yang berbakat. Ok, aku jadi lebay banget sekarang hehe... tapi ini bener-bener yang kita rasakan dan kita nggak akan pernah kita lupain.

Di format kepengurusan circle artikel diatas ditulis aku pernah tergabung di circle AtelierAMH pada masa-masa awal circle terbentuk tapi untuk saat ini aku lagi vakum hehe...

Moga-moga AtelierAMH bisa maju terus tidak hanya di skala nasional tapi juga sampai skala internasional dan langgeng terus sampai ke generasi selanjutnya, amin!

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top