Cari Blog Ini

Senin, 13 Januari 2014

[Review Game] Ace Attorney Series

Kali ini aku mau membahas satu serial game yang membuatku tertarik akhir tahun lalu, yaitu Ace Attorney series! Kayaknya tema tahun baru pasti bakal kubahas ya setelahnya, tapi itu cuma kebetulan kok XD Kalau ada yang tahu, ini memang game lama tapi lagi bangkit karena game terbarunya untuk 3DS dirilis tahun lalu. Gara-gara main demonya di 3DS akhirnya malah penasaran sama semua game sebelumnya padahal dulu nggak sempat tertarik :p karena kupikir game ini terlalu serius tapi justru malah sebaliknya. Langsung saja kubahas semua game Ace Attorney!



INTRODUCTION

Di Jepang game ini dikenal dengan Gyakuten Saiban (Turnabout Trial), sebuah game di platform Game Boy Advance dengan genre visual novel adventure. Setelah dilokalisasi judulnya berubah menjadi Ace Attorney (AA). Dari judulnya terlihat kalau game ini bertema pengadilan, yap memang benar. Game ini bercerita tentang seorang Defense Attorney pemula yang berusaha membela kliennya dari vonis "Bersalah". Mungkin kalau ada dari kalian yang paham soal hukum, akan bingung dengan sistem hukum di dunia AA. Itu sih wajar karena di dunia AA memakai sistem hukum Jepang, atau setidaknya parodinya. Dalam game ini kita bisa menyelidiki Tempat Kejadian Perkara (TKP), mengumpulkan barang bukti dan melakukan Cross Examination (Tanya jawab) dengan saksi di pengadilan. TGS Stage Show

Walaupun game ini terlihat down-to earth tapi karena sistem hukumnya juga diubah dari aslinya, di game ini juga ada unsur mistis yang justru membantu kita untuk mengungkap siapa pelaku sebenarnya. Dan (anehnya) semua kasus yang ada di dunia AA semuanya adalah kasus pembunuhan. Untuk setting cerita game ini berbeda, untuk Jepang cerita berlokasi di Tokyo dan untuk versi lokalisasi menjadi Los Angeles. Nama karakternya pun juga ikut berubah dan hampir semua nama karakter di dunia AA punya makna yang sebagian besar hanya untuk candaan. Saking terkenalnya, game ini di port ke NDS. Ada 6 game AA yang ada di NDS dan 1 di 3DS, ada dua game di NDS adalah spin-off dari AA utama berjudul Gyakuten Kenji (Turnabout Prosecutor). Gameplay-nya hampir sama dengan AA biasa tapi bedanya tidak ada sesi pengadilan. 

GAMEPLAY

Game ini mempunyai keunikan yang tidak dimiliki game lain, keunikan itu terletak di gameplay-nya. Karena game ini bergenre visual novel tentu saja game ini banyak teks dan kita harus memperhatikan kata-kata para karakter karena bisa jadi petunjuk penting nantinya. Saat investigasi gameplay-nya mirip dengan Professor Layton, dengan sistem point-and-click lalu karakter akan berkomentar di benda yang kita tunjuk. Kita bisa bicara dengan karakter lain untuk meminta bertanya soal kasus atau menanyakan soal barang bukti yang kita temukan.

Examine: Berguna untuk memeriksa keadaan sekitar. Jika ada barang bukti, dan barang bukti itu akan masuk ke Court Record. Kadang examine hanya untuk melihat interaksi antar karater (dan hampir semuanya untuk candaan)

Court Record: Bisa dibilang "isi tas" berisi barang bukti yang kita dapatkan. Kita juga bisa lihat profile para karakter yang terlibat dalam kasus.

Talk: Kita bisa bertanya ke karakter yang ada pada layar. Tapi semua pertanyaan sudah ada pilihannya dan pastinya semuanya berhubungan dengan kasus atau tentang mereka sendiri.

Present: Kita menanyakan soal barang bukti ke karakter yang ada di layar. Jika ada barang bukti yang mereka tahu mereka akan memberi petunjuk atau sekedar komentar. Terkadang jika memberika barang bukti tertentu, mereka akan memberikan barang bukti lain.

Move: Berguna untuk berpindah ke satu tempat ke tempat lainnya. Seperti umumnya visual novel, di AA kita hanya bisa memilih tempat tujuan yang ada di pilhan.


Dalam investigasi, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencari petunjuk, yaitu dengan memakai fitur Psyche-Lock. Fitur ini baru ada di game kedua dan gunanya unuk mengetahu kalau seseorang berbohong atau menyembunyikan sesuatu untuk pertanyaan tertentu. Jika kita melihat ada rantai dan gembok kunci pada suatu pertanyaan berarti kita harus membukanya untuk lanjut cerita. Sistem Psyche-Lock ini hampir mirip dengan Cross Examination tapi disini kita memaksa karakter menjawab pertanyaan kita dengan "Present" barang bukti yang tepat sampai semua gembok terbuka. Banyaknya gembok bisa bervariasi dari satu sampai 5 buah, semakin banyak berarti rahasianya semakin dalam. Kalau salah, HP bar kita bisa berkurang. Jika kita berhasil membuka semua gembok, HP yang berkurang akan terisi kembali. Di game kelima Pshyce-Lock tidak memakai HP bar lagi.

Dalam sesi pengadilan gameplay yang kita lakukan agak berubah. Kita akan melakukan cross examination ke seluruh saksi yang ada dalam pengadilan. Dalam sistem pengadilan AA, satu kasus hanya dilakukan 3 hari. Kalau dalam 3 hari tidak ada perubahan berarti maka tersangka akan dinyatakan "Bersalah". Kebanyakan kasus di AA hanya berlangsung 2 hari, 2 kali investigasi dan 2 kali sesi pengadilan. Di sesi pengadilan ini juga memakai bar HP, kalau HP kita habis karena terkena penalty dari Hakim maka akan langsung Game Over karena klien kita terbukti "Bersalah".

Dalam Cross Examination kita akan mendengar Testimony dari saksi. Setiap potongan testimony bisa kita "Press" untuk bertanya lebih lanjut. Atau "Present" barang bukti kalau kita lihat ada kontradiksi dengan barang bukti yang kita miliki. Tapi kalau kita memberikan barang bukti yang salah di testimony yang salah juga maka kita akan terkena penalty. Bisa dibilang minimal kita harus paham dengan kasusnya atau barang bukti yang kita punya agar bisa melihat kontradiksi yang bisa membuktikan kalau klien kita tidak bersalah.

Jika kita "Present" barang bukti di suatu testimony kita akan melihat balon kata "Objection!" yang diteriaki oleh Defense, inilah yang menjadi ciri khas AA. Balon kata "Objection!" ini bisa muncul jika ada debat antara Defense dan Prosecutor (terkadang malah jadi ada "Objection!" setiap detik). Selain itu ada "Hold It!" kalau kita "Press" testimony atau "Take That!" kalau kita memberikan barang bukti yang ditanyakan Hakim atau saksi yang tetap kekeh dengan testimony-nya padahal berlawanan dengan barang bukti yang ada.

Saksi yang ada bisa bervariasi dan satu saksi bisa melakukan cross examination sampai berkali-kali. Jika semuanya sudah berakhir dan Prosecutor juga tidak mempunyai Counter Argument maka klien kita akan dinyatakan "Tidak Bersalah" dan kasus selesai.

Dalam game keempat ada fitur baru yang bisa kita lakukan di pengadilan, karena tokoh utamanya pun berbeda. Perceive adalah kemampuan yang fokus pada gerak gerik mencurigakan para saksi, Jika ada kebiasaannya yang berubah di suatu testimony dan kata-kata tertentu. Perceive ini lebih ketat karena kata dan kalimat yang disebutkan saksi juga harus tepat untuk melihat kebohongan yang dia sebutkan. Dalam game kelima Perceive hanya bisa dilakukan saat investigasi, tapi di kasus terakhir Perceive sempat digunakan sekali di pengadian.

Dalam game kelima ada fitur lain yaitu Mood Matrix. Fitur ini kita akan memeriksa emosi para saksi ketika menyampaikan testimony. Jika perasaannya berbeda dengan kata-kata yang dia sebutkan berarti ada kontradiksi di dalamnya. Dalam Mood Matrix ini kita juga bisa melihat visual apa yang dilihat (dipikirkan) saksi ketika mengatakan testimony. Terkadang ada visual yang secara sadar atau tidak sadar hanya imajinasi saksi dan hal itu berlawanan dengan kenyataan di TKP atau barang bukti yang ada, kita harus menemukan kontradiksi tersebut untuk mendapat petunjuk.   


Kalau di game Gyakuten Kenji (Versi Lokalisasi berjudul Ace Attorney Investigation: Miles Edgeworth) kita hanya melakukan investigasi dan Rebuttal, tidak sesi pengadilan. Walaupun masih bernuansa visual novel tapi di AAI ini ada sprite yang bisa jalankan. Dengan sprite ini kita mencari petunjuk di TKP. Kita juga bisa bertanya dengan orang sekitar untuk bertanya soal kasus.

Di game ini juga ada "party member" yang akan mengikuti kita kemana-mana dan menjadi assistant yang bisa kita mintai petunjuk. Dalam AAI tidak ada hal mistis seperti dia AA utama, kita hanya menggunakan "Logic". Setiap potongan-potongan petunjuk penting yang kita temui bisa kita sambungkan menjadi satu poin penting.

Rebuttal hampir sama dengan cross examination, kita mendengarkan testimony orang dan mencari kontradiksi dengan "Press" atau "Present" barang bukti. Dan juga Rebuttal ini bisa dilakukan berkali-kali jika lawannya masih mempunyai counter argument. Ciri Khas AA seperti "Objection!" "Hold It!" dan "Take That!" juga masih ada. Selain itu ada juga Little Thief yang bisa dipakai untuk merekronstruksi TKP secara visual 3D dengan suatu alat sehingga kita bisa melihat kejadian yang sebenarnya sesuai dengan data yang ada.


GAME LISTS

Gyakuten Saiban (JP)
Phoenix Wright: Ace Attorney (USA)

Release Date: Nintendo DS
15 September 2005 (Jepang)
11 October 2005 (Amerika)
31 March 2006 (Eropa)

Staff:
Series Director / Scenario: Shu Takumi
Design: Kazuya Nuri
Music: Toshihiko Horiyama
Producer: Minae Matsukawa





Trailer


E3 2005 Trailer


TGS Stage Show


Gyakuten Saiban 2 (JP)
Phoenix Wright: Justice for All (USA)

Release Date: Nintendo DS
26 October 2006 (Japan)
16 January 2007 (North America)
16 March 2007 (Europe)

Staff:
Series Director / Scenario: Shu Takumi
Design: Tatsuro Iwamoto
Music: Akemi Kimura
Producer: Atsushi Inaba





Trailer


E3 2006 Trailer



Gyakuten Saiban 3 (JP)
Phoenix Wright: Trials & Tribulations (USA)

Release Date: Nintendo DS
23 August 2007 (Japan)
23 October 2007 (North America)
3 October 2008 (Europe)

Staff:
Series Director / Scenario: Shu Takumi
Design: Tatsuro Iwamoto
Music: Noriyuki Iwadare
Producer: Atsushi Inaba





Trailer


E3 2007 Trailer



Gyakuten Saiban 4 (JP)
Apollo Justice: Ace Attorney (USA)

Release Date: Nintendo DS
12 April 2007 (Japan)
19 February 2008 (North America)
9 May 2008 (Europe)

Staff:
Series Director / Creator: Shu Takumi
Game Planner / Script: Takeshi Yamazaki & Keisuke Yamakawa
Design: Kazuya Nuri
Music: Hideki Okugawa & Toshihiko Horiyama
Producer: Minae Matsukawa




Trailer


English Trailer


TGS STage Show part 1


TGS STage Show part 2



Gyakuten Saiban 5 (JP)
Phoenix Wright: Ace Attorney: Dual Destinies (USA)

Release Date: Nintendo 3DS
25 July 2013 (Japan)
24 October 2013 (North America)
24 October 2013 (Europe)

Staff:
Director / Writer: Takeshi Yamazaki
Design: Tatsuro Iwamato & Takuro Fuse
Music: Toshihiko Horiyama & Noriyuki Iwadare
Producer: Motohide Eshiro






Trailer


English Trailer

Gyakuten Kenji (JP)
Ace Attorney Investigation: Miles Edgeworth (USA)

Release Date: Nintendo DS
28 May 2009 (Japan)
16 February 2010 (North America)
19 February 2010 (Europe)

Staff:
Director / Writer: Takeshi Yamazaki
Design: Tatsuro Iwamoto
Music: Yasuko Yamada & Noriyuki Iwadare
Producer: Motohide Eshiro






Trailer


English Trailer


TGS Stage Show


Gyakuten Kenji 2 (JP)

Release Date: Nintendo DS
3 February 2011 (Japan)

Staff:
Director / Writer: Takeshi Yamazaki
Design: Tatsuro Iwamoto & Takuro Fuse
Music: Noriyuki Iwadare
Producer: Motohide Eshiro









Trailer


Japanese Trailer


TGS Stage Show




SPOILER WARNING!!!

CHARACTERS

Defense Attorneys

Name: Phoenix Wright (Ryuichi Naruhodou)
Age: 34 (AA: DD), 24 (AA: PW)
Height: 176 cm
VA: Sam Riegel (USA), Kōsuke Toriumi (JP)

Tokoh utama dalam trilogi pertama dan juga game kelima. Di awal game Phoenix adalah Defense pemula yang baru menghadapi kasus pertamanya. Banyak orang yang bertemu dengannya tidak percaya kalau dia adalah seorang pengacara dan meremehkan kemampuannya yang masih pemula. Satu-satunya orang mengakui kemampuannya hanya mentornya, Mia Fey. Phoenix selalu selalu ingin menolong kliennya karena dia pernah merasakan menjadi "tertuduh". Phoenix bisa dibilang rajin dan jenius dalam bidangnya walaupun cara yang dilakukanya mengungkap teori dengan "ngasal". Anehnya, semua ide asal itu terbukti benar dan membuat semua orang terkejut. Nama kantornya sampai berubah dua kali dan yang terbaru bernama Wright Anything Agency.





Name: Apollo Justice (Housuke Odoroki)
Age: 23 (AA:DD), 22 (AA:AJ)
Height: 165 cm
VA: Orion Acaba (USA), KENN (JP)

Dulu Apollo memulai karir hukumnya di kantor milik Kristoph Gavin. Dari awal Apollo adalah penggemar Phoenix, bahkan dia hapal kasus-kasus yang pernah ditangani Phoenix. Bahkan ketika Phoenix berhenti menjadi pengacara, Apollo masih menaruh hormat padanya. Walaupun Apollo sempat kecewa karena ketika tahu Phoenix sudah berbeda dengan idolanya yang dulu, tapi ketika Phoenix meminta untuk bekerja di kantornya padanya dia menyanggupinya (diawali dengan keluhan). Sifat Apollo agak serius dibanding Phoenix karena itu dia sering jadi bahan candaan oleh Phoenix, Trucy bahkan Klavier, terutama mengenai suaranya yang terlalu keras. Gelang yang selalu dipakainya adalah peninggalan ibunya dan gelang itu yang membantunya mengungkap kebohongan saksi dan tersangka. Quote favoritnya adalah "I'm Fine!" kalau dia sedang tidak semangat atau mentok di suatu kasus.

Name: Athena Cykes (Kokone Kizuki)
Age: 18
Height: 162 cm
VA: Wendee Lee (USA), Megumi Han (JP)

Anak baru di Wright Anything Agency yang datang dari Eropa. Sama seperti Apollo, Athena mengagumi kemampuan Phoenix walaupun Athena bertemu dengannya setelah Phoenix berhenti jadi pengacara. Setelah ditolong oleh Phoenix, Athena ingin menjadi pengacara seperti dirinya. Ajaibnya dia berhasil dalam umur 18 tahun. Selain belajar hukum, Athena juga ahli dalam analytical psychology yaitu kemampuan mendengar emosi lawan bicara. Kemampuannya itu dibantu dengan alat bernama Widget untuk melakukan Mood Matrix, dengan itu Athena bisa mengetahui kontradiksi testimony saksi. Sifat Athena sangat ceria dan positif karena itu dia bisa cepat akrab dengan Apollo. Athena juga sedikit kompetitif untuk segala sesuatu yang kecil sekalipun dan dia tidak suka kalah. Athena mempunyai kenangan buruk di pengadilan sewaktu kecil sampai sekarang trauma itu kadang muncul ketika dia melakukan persidangan.


Name: Mia Fey (Chihiro Ayasato)
Age: 27 (AA:PW), 22 (PW:T&T)
Height: 168 cm
VA: [Young Mia] Christina Katano (USA), Miyuki Kawahara (JP)

Mia adalah mentor Phoenix yang mengajari seorang Defense harus selalu tersenyum sampai akhir dan untuk selalu percaya pada klien apapun yang terjadi di persidangan. Sebagai anak tertua keluarga Fey yang merupakan spirit medium, kekuatan spiritual Mia cukup besar. Tapi dia meninggalkan semua itu demi menjadi pengacara dan mencari tahu sebab menghilangnya ibunya. Setelah meninggal Mia tetap membantu Phoenix mengungkap kasus dengan "merasuki" Maya atau Pearl. Awal karir Mia bisa dibilang buruk dan sempat membuatnya sedikit trauma, tapi untungnya dia bisa melewati semua itu.







Name: Kristoph Gavin (Kirihito Garyuu)
Age: 32
Height: N/A
VA: N/A (USA), Ryouji Yamamoto (JP)

Kristoph adalah pengacara yang cukup terkenal, bahkan sampai mempunyai julukan "the coolest defense in the West". Sifatnya sangat tenang malah membuat tidak bisa dilihat apa yang ada di pikirannya. Dia juga bisa menghadapi keadaan yang membuatnya terpojok dengan tetap bersikap tenang. Kristoph satu-satunya yang membela Phoenix ketika diberhentikan menjadi pengacara dan sejak saat itu mereka berdua berteman. Walaupun sebenarnya ada alasan dibalik Kristoph berteman dengannya. Hukum adalah suatu yang sempurna dan absolut bagi Kristoph karena itu dia sangat skeptis mengenai hal itu. Sepertinya seluruh keluarga Gavin bekerja berhubungan dengan hukum, seperti adiknya.






Name: Tateyuki Shigaraki
Age: 36
Height: 175 cm
VA: Keiji Fujiwara (JP)

Seorang Defense yang dulunya adalah asisten Gregory Edgeworth, Ayah Miles Edgeworth. Disaat pertama kali bertemu Miles setelah sekian lama, sikap Shigaraki agak dingin bahkan selalu menyindirnya karena pilihan Miles menjadi Prosecutor. Dia juga sering membujuk Miles untuk menjadi Miles menjadi Defense seperti ayahnya. Shigaraki adalah seorang yang ceria dan ramah, dia juga senang meminta pelukan khususnya cewek yang baru ditemuinya (dan kebanyakan ditolak langsung). Setelah Gregory meninggal dengan meninggalkan kasus yang belum selesai, Shigaraki terus menyelidiki kasus itu karena dia juga percaya tersangka yang dibela Gregory tidak bersalah.






Name: Gregory Edgworth (Shin Mitsurugi)
Age: 35
Height: 176 cm
VA: N/A

Seorang Defense yang cukup terkenal karena kehebatannya membela setiap kliennya. Sifatnya cukup serius tapi dia bisa terbiasa dengan sikap aneh Shigaraki yang cukup aneh saat muda. Gregory juga orang yang berani berkonfrotasi dengan Manfred von Karma secara langsung. Di saat dia sudah percaya dengan kliennya memang tidak bersalah, dia akan terus mencari bukti dan fakta yang bisa membebaskan kliennya walaupun terus dihalangi sampai akhir hayatnya.








Name: Marvin Grossberg (Soranosuke Hoshikage)
Age: 66
Height: 166 cm
VA: N/A

Guru Mia dan juga pemilik kantor hukum tempat Mia sempat bekerja. Seorang pengcara yang cukup terkenal sampai kantornya dipenuhi barang mahal. Grossberg adalah orang yang cukup baik, dia selalu membantu Mia di awal karir Mia.Tapi dia juga menyimpan rasa bersalah kepada keluarga Fey karena kesalahan yang pernah dia buat. Dia juga pernah sesekali membantu Phoenix dalam beberapa kasus.

Prosecutors


Name: Miles Edgeworth (Reiji Mitsurugi)
Age: 24 (AA:PW), 34 (AA:DD)
Height: 178 cm
VA: Kyle Hebert (USA), Eiji Takemoto (JP)

Prosecutor yang di awal karirnya sudah disebut-sebut sebagai jenius. Dalam ajaran Prosecutor terkenal, Miles menjadi Prosecutor di usia 20 tahun. Sepajang karirnya Miles tidak pernah kalah tapi kepopulerannya itu justru banyak membuatnya diserang berita negatif, sampai dia dijuluki "Demon Prosecutor". Di saat pengadilan, Miles bisa membuat saksi terpojok bahkan bisa dibilang sampai di luar batas tapi hal itu dia lakukan demi mendapat kebenaran dari saksi. Miles adalah orang yang serius dan tegas, sepertinya hal itu membuatnya dikelilingi oleh orang-orang ceria. Miles menyukai catur dan teh bahkan di kantornya ada satu set peralatan minum teh. Menurut Gumshoe, minuman kesukaan Miles adalah teh hijau. Miles juga tokoh utama dalam 2 game Gyakuten Kenji.



Name: Franziska von Karma (Mei Karuma)
Age: 18 (AA:JFA)
Height: 162 cm
VA: Janet Hsu (USA), Miyuki Sawashiro (JP)

Jika Miles menjadi Prosecutor di usia 20 maka Franziska memenangkan rekor Prosecutor termuda, karena dia mendapatkan lisensi di umur 13 tahun. Di bawah ajaran ayahnya, Franziska menganut penuh tujuan utama keluarga von Karma yang harus sempurna dalam segala hal. Cara dia menyembunyikan bukti penting atau menyuruh saksi untuk menyembunyikan fakta juga karena pengaruh ayahnya. Hal itu menjadikan dirinya dewasa di usianya begitu muda. Walaupun seorang gadis tapi Franziska sangat ringan tangan karena dia tidak segan memecut siapa saja yang membuatnya kesal, bahkan hakim sendiri. Dia selalu menyebut Miles sebagai adiknya walaupun Miles jauh lebih tua darinya dan kebiasaannya selain mecut orang adalah memanggil orang lain dengan nama panjang. 




Name: Godot
Age: N/A
Height: 185 cm
VA: James T. Wilson (USA), Hideki Kamiya (JP)

Prosecutor misterius yang diawal kemunculannya membuat heboh karena mengaku tidak pernah sekalipun kalah dalam persidangan dan juga tidak pernah menang, intinya dia cuma pemula. Tapi kemampuannya bisa membuat Phoenix terpojok karena dia selalu meminta barang bukti kuat yang bisa membebaskan kliennya. Pecinta kopi yang selalu minum kopi di saat sidang sekalipun. Kata-katanya selalu diawali tentang kopi atau puisi tentang kopi bahkan dia akan memakai cangkir kopi sebagai "senjata" untuk menyerang Phoenix. Tanpa alasan yang jelas Godot menaruh dendam kepada Phoenix.








Name: Klavier Gavin (Kyouya Garyuu)
Age: 24
Height: 180 cm
VA: Yuri Lowenthal (USA), Tosiyuki Kusuda (JP)

Adik dari Kristoph Gavin dan lawan Apollo di persidangan. Walaupun pekerjaan mereka berbeda tapi Klavier ingin "bertarung" secara sehat dengan kakaknya di pengadilan. Menjadi Prosecutor saat umurnya 17 dan disaat itu juga dia menjadi penyanyi band yang semua anggotanya anggota kepolisian. Lagunya pun ada unsur juga tidak jauh-jauh dari hukum dan cinta. Karena seorang anak band, dia selalu bersikap santai tapi juga agak seenaknya. Dalam pengadilan pun dia ingin menjadi spotlight dan mengambil bagian yang seharusnya dilakukan Apollo. Daripada Prosecutor yang lain, Klavier cukup kooperatif dengan Apollo. Klavier mengusai beberapa bahasa asing dan selalu mencampur kata-katanya dengan bahasa Jerman.






Name: Simon Blackquill (Jin Yuugami)
Age: 28
Height: 188 cm
VA: Troy Baker, Travis Willingham (USA), Shunsuke Sakuya (JP)

Simon sebenarnya adalah seorang tahanan tapi dengan ijin dari Chief Prosecutor, dia diperbilehkan menjadi Prosecutor setelah 7 tahun ditahan karena dituduh melakukan pembunuhan. Oleh karena itu, Simon memakai borgol yang mengikat kedua tangannya. Tapi semua itu tidak membuat Simon bisa dilawan dengan mudah karena dia menguasai teknik memanipulasi seseorang dengan psikologi, bahkan dia bisa mempengaruhi hakim. Hal yang paling tidak disukainya adalah kebohongan kalau ada saksi yang berbohong padanya dia akan menyuruh elang kesayangannya, Taka, menyerang mereka atau dia bisa langsung tebas dengan "pedang bayangan". Kalau sudah kesal tingkat tinggi, Simon bisa menghancurkan rantai ditangannya dan akan melakukan hal berbahaya tapi Bobby Fullbright bisa langsung menghentikannya.




Name: Yumihiko Ichiyanagi
Age: 17
Height: 173 cm
VA: Noriaki Sugiyama (JP)

Lulusan baru dari sekolah hukum Themis Legal Academy sebagai Prosecutor. Yumihiko dikenal sebagai murid yang jenius tapi kenyataannya dia selalu memberikan teori asal dan tidak masuk akal. Sayangnya dia tidak pernah menyadari kebodohannya karena rasa percaya yang terlalu tinggi.  Kebanyakan polisi yang bekerja dibawahnya selalu menuruti kata-katanya karena nama besar ayahnya dan juga karena dia selalu didampingi Hakari. Karena teorinya selalu tidak berdasar, Miles tidak terlalu sulit melawannya tapi Yumihiko selalu mengambil kesempatan dan menangkap pelaku dengan menggunakan teori Miles. 





Name: Manfred von Karma (Gou Karuma)
Age:65
Height: 177 cm
VA: N/A (USA), Masakazu Sugimori (JP)

Dijuluki "King of Prosecutor" karena sepanjang karirnya selama 40 tahun tidak pernah sekalipun kalah. Sifatnya sangat karismatik bahkan sampai semua Defense dan hakim takut padanya. Dia menganggap kesempurnaan adalah jalan hidup, karena itu semua hal dari pekerjaan sampai kehidupan pribadi harus sempurna. Hal itu juga mempengaruhi Franziska dan Miles yang diajarkan olehnya. Saat Miles kehilangan ayahnya, Manfred mengangkatnya menjadi anak dan mengajarkannya menjadi Prosecutor. Sayangnya kebaikannya itu ada udang di balik batu untuk membalas dendamnya. 






Name: Winston Payne (Takefumi Auchi) & Gaspen Payne (Fumitake Auchi)
Age: 61 & 52
Height: 164 cm
VA: [Winston] David Crislip (USA) Kou Hamasaki (JP), [Gaspen] N/A (USA) Hisashi Izumi (JP)

Dua bersaudara yang selalu dihadapi di kasus pertama. Winston adalah kakak dari Gaspen, mereka berdua mempunyai sifat yang sama dan selalu mempunyai gaya rambut yang aneh. Mereka selalu menganggap diri mereka sebagai "rookie killer". Mereka selalu bersikap sombong dan selalu yakin bisa mengalahkan lawan mereka dengan gaya mereka yang flamboyan. Sikap mereka yang paling mirip yaitu sering memainkan rambut mereka.



Detectives

Name: Dick Gumshoe (Keisuke Itonokogiri)
Age: 30
Height: 182 cm
VA: N/A

Gumshoe adalah detektif yang sangat bersemangat, saat menyelediki kasus pun dia melakukannya dengan rasa antusias. Awalnya dia tidak menyukai Phoenix juga susah diajak kerja sama, tapi lama kelamaan mereka mulai akrab saling membantu dalam penyelidikan. Gumshoe bisa dibilang detektif yang cukup malang, karena setiap Prosecutor akan memotong gajinya kalau dia melakukan kesalahan kecil atau membocorkan informasi ke Phoenix. Gumshoe bekerja dibawah banyak Prosecutor tapi dia paling senang jika bekerja dengan Miles karena hubungan pekerjaan mereka sudah sangat lama.









Name: Ema Skye (Akane Houdzuki)
Age: 25 (AA: AJ), 16 (AA:PW)
Height: N/A
VA: N/A

Waktu umurnya sekitar 16, Ema berhutang budi pada Phoenix dan Miles karena menolong kakaknya yang dituduh melakukan pembunuhan. Setelah kejadian itu, Ema pergi ke Eropa untuk belajar menjadi forensic investigator. Sesekali Ema pulang ke Amerika dan selalu tidak sengaja bertemu dengan Miles yang sedang menyelediki kasus, Ema pun membantunya dengan keahliannya dalam forensik. Tapi setelah 9 tahun dia mendaftar ke bagian kepolisian dia malah diangkat menjadi detektif bagian pembunuhan. Hal itu membuat dia terlihat setengah hati dalam pekerjaannya bahkan dia sering ngemil di tengah penyelidikan. Tapi kalau dia bisa melakukan investigasi forensik di tengah penyelidikan, Ema akan kembali semangat. Dia juga tidak suka bekerja dibawah Prosecutor Klavier dan selalu mengeluh kalau disuruh apapun olehnya.


Name: Bobby Fulbright (Gouzou Ban)
Age: 33
Height:183 cm
VA: N/A

Seorang detektif yang sangat antusias dan mempunyai rasa keadilan yang tinggi, sampai semua kata-katanya diawali atau diakhiri dengan quote favoritnya "In Justice We Trust". Dia merasa semua penyelidikan dan tersangka dia tangkap adalah benar karena rasa keadilannya yang tinggi karena itu dia menganggap defense adalah orang yang membela penjahat. Fullbright juga detektif yang bertanggung jawab atas Simon selama dia menjadi Prosecutor. Selain disuruh melakukan penyelidikan oleh Simon, Fulbright juga sering disuruh mengurusi Taka. Walaupun sering disindir dan tapi Fulbright satu-satunya orang yang tidak berpengaruh dengan manipulasi psikologi Simon.





Name: Shi-Long Lang (Shiryuu Rou)
Age: 27
Height:180 cm
VA: N/A (USA), Miyake Kenta (JP)

Investigator interpol yang berasal dari negara Zheng Fa. Lang sedang menyelidiki pelaku penggelapan internasional yang melibatkan negaranya. Lang mempunyai 100 anak buah yang selalu mengikutinya karena itu dia tidak percaya dengan polisi lokal dan melakukan penyelidikan dengan caranya sendiri. Dia juga tidak menyukai Prosecutor, hal itu membuatnya selalu berbeda pendapat dengan Miles. Lang selalu berkutat pada kata mutiara leluhurnya dan menjadikan hal itu dasar kehidupannya. Meskipun terlihat sangar dan galak namun Lang sangat baik dan peduli pada semua anak buahnya.






Name: Tyrell Badd (Ittetsu Badou)
Age: 60
Height:189 cm
VA: N/A

Hampir semua detektif di dunia AA adalah orang yang "panas", pria satu ini sangat berbeda. Badd selalu terlhat tenang dan tidak banyak bicara tapi karena dia adalah detektif veteran kemampuannya tidak diragukan lagi. Detektif yang menjadi atasan Gumshoe saat dia masih jadi pemula dan dia juga jadi role model Gumshoe. Badd sangat menyukai makanan manis dan selalu menggulum permen di mulutnya. Dia juga selalu membawa cermin kemana-mana, selain untuk melihat penampilan juga bisa untuk "pertahanan" yang handal jika ada bahaya. 



Assistants

Name: Maya Fey (Mayoi Ayasato)
Age: 17
Height:154 cm
VA: N/A

Adik dari Mia masih belajar menjadi spirit medium yang hebat. Setelah Mia meninggal, Maya membantu Phoenix menyelediki kasus. Walaupun pengetahuannya tentang investigasi dan hukum sangat minim tai dia selalu berusaha agar berguna untuk Phoenix. Kemampuan Channeling (keadaan dimana spirit medium memanggil roh dan membuat roh itu merasuki diri mereka) tidak sehebat ibu dan kakaknya tapi sebagai calon kepala keluarga Fey, Maya terus berlatih agar bisa menjadi kepala keluarga Fey yang hebat. Nafsu makan Maya sangat besar, dia selalu meminta Phoenix membelikannya Burger kesukaannya (Ramen untuk versi Jepang). Magatama yang Phoenix gunakan untuk melihat psyche-lock adalah pemberian Maya.





Name: Pearl Fey (Harumi Ayasato)
Age: 8 (AA:JFA), 17 (AA:DD)
Height: 140 cm (17)
VA: N/A

Sepupu Maya yang tertutup karena tidak mengenal dunia luar selain desanya sendiri. Pearl sangat meyayangi Maya seperti kakaknya dan mereka berdua sangat akrab. Ketika tahu Phoenix adalah "orang berharga" bagi Maya, Pearl salah paham dan selalu marah kalau Phoenix dekat dengan cewek lain. Kekuatan spirit medium Pearl sangat besar, dia juga yang memberikan kekuatan di Magatama Phoenix agar bisa digunakan Phoenix melihat psyche-lock. Setelah besar, Pearl mulai mengenal dunia luar dan kadang berkunjung ke kantor Phoenix untuk mengantar surat Maya atau bersih-bersih di kantor.










Name: Trucy Wright (Minuki Naruhodou)
Age: 15
Height: 149 cm
VA: N/A

Anak angkat Phoenix yang diasuhnya ketika dia diberhentikan jadi pengacara. Trucy cepat akrab dengan Phoenix bahkan langsung memanggilnya "daddy" karena ayahnya mengatakan kalau Trucy bisa percaya pada Phoenix. Dalam Wright Anything Agnecy, Trucy adalah seorang ahli sulap. Trucy cukup paham mengenai cara investigasi dan juga membuat teori karena itu dia sering membantu penyelidikan Phoenix dan Apollo. Kemampuan sulap Trucy adalah pengaruh dari keluarganya yang grup sulap besar dan terkenal. Trucy punya kemampuan yang sama seperti Apollo walaupun tanpa menggunakan gelang.




Name: Kay Faraday (Mikumo Ichijou)
Age: 17
Height: 163 cm
VA: N/A

Kay selalu mengatakan pada semua orang kalau dia adalah Yatagarasu, seorang pencuri hebat yang mencuri kebenaran. Kay dan Gumshoe sering berdebat mengenai siapa yang pantas disebut asisten Edgeworth dalam menyelediki kasus. Kay sering mengatakan ke orang lain walau Miles selalu terlihat menakutkan (karena dia sering menatap orang dengan tajam) tapi dia bukan orang yang seram. Kay juga punya alat canggih bernama "little thief" yang berguna merekonstruksi TKP seperti keadaan sebenarnya dengan visual 3D setelah dimasukkan data-data penting. Seorang gadis dengan Father complex, dia sangat memegang janji yang dibuat bersama ayahnya ketika dia kecil dan masih memegang janji itu sampai dia besar.

Judges

Name: N/A (Judge)
Age: N/A
Height: 170 cm
VA: Dave B. Mitchell (USA), Bunmei Tobayama (JP)

Hakim yang selalu muncul hampir di semua kasus di dunia AA ini tidak pernah diketahui namanya, bahkan berapa umurnya juga masih misteri. Sepertinya dia sudah punya cucu karena dia sering menyebutkannya di persidangan. Seorang hakim yang cukup ekspresif dan pikirannya agak naif, tapi dia juga bisa tegas dan tidak segan memberi penalty. Terkadang di pengadilan tuan hakim mudah "disetir" oleh Prosecutor tapi dia juga memberikan kesempatan pada Defense jika mereka masih mempunyai pembelaan. Tuan hakim satu ini dikenal sebagai hakim bijak yang selalu menjatuhkan vonis seadil-adilnya.  








Name: Hakari Mikagami
Age: 26
Height: 165 cm
VA: Yuriko Yamaguchi (JP)

Judge muda dan cantik ini juga seorang anggota komite pengawas Prosecutor. Tugasnya memberi sanksi pada Prosecutor yang lalai pada tugasnya. Prosecutor yang ada dalam targetnya sekarang adalah Miles dan Hakari selalu menghalanginya meyelediki kasus karena sedang dalam pengawasan. Sifatnya sangat anggun dan tenang tapi juga dingin dan membaca situasi dengan cepat. Walaupun jabatannya sebagai hakim tapi dia sering terlihat di TKP bersama Yumihiko dan bertarung argumen dengan Miles. Palu yang sering dia bawa-bawa itu bisa memanjang untuk dia gunakan untuk membubarkan TKP dari orang-orang yang tidak berkepentingan.





Name: N/A (Adik Judge)
Age: N/A
Height: N/A
VA: N/A

Adik dari hakim ini sama misteriusnya dengan kakaknya. Adik Judge ini juga seorang hakim yang sempat muncul tiga kasus. Hakim satu ini mudah sekali terkejut pada hal-hal kecil dan terkadang ingin menjatuhkan vonis tanpa membiarkan Defense melakukan cross examination.

Source: Wikia

OTHER MEDIA


Game Ace Attorney ini sangat terkenal di Jepang dan luar Jepang. Sudah jutaan kopi yang terjual untuk seluruh serial game ini. Game ini selain di port ke NDS juga sudah di port ke iOS dan Wii, tapi hanya trilogi pertama. Game ini juga dijadikan Manga, film live action bahkan musical. Kebanyakan cerita di manga adalah original atau 4-koma dari gabungan beberapa artis, hanya serial Apollo Justice yang tidak ada manganya bahkan Gyakuten Kenji 1 dan 2 ada versi manganya.

Untuk film, ceritanya mengikuti game Phoenix Wright: Ace Attorney dengan beberapa perubahan. Dalam film di persidangan semuanya menggunakan teknologi canggih untuk mempersentasikan bukti. Phrase terkenal seperti "Objection!" dan yang lain juga dipertahankan. Pemain yang berperan sebagai Phoenix Wright adalah artis Hiroshige Narimiya dan Miles Edgeworth adalah Takumi Saito.



Gyakuten Saiban Film Trailer
 

MY IMPRESSION

Aku kenal game ini sudah cukup lama, waktu cari-cari game yang mirip Professor Layton ada yang bandingin sama AA. Tapi karena settingnya pengadilan dan kupikir ceritanya serius aku pun nggak menyentuh game ini. Lalu...entah sejak kapan Nemuchan sering membicarakan game ini tapi aku tetap nggak tertarik. Sampai akhirnya ada game Professor Layton vs Ace Attorney aku jadi semakin penasaran sama game ini. Aku cari playtrough di Youtube tapi masih nggak tertarik (kayaknya aku pilih kasus yang salah :p)

Dan semuanya berubah ketika aku punya 3DS, download demo AA:DD, main demonya, dan melihat Phoenix keren banget XD aku sampai main demonya berkali-kali biar yakin banget (ok, lebay emang). Dari situ deh aku main semua seri AA, kecuali GK2 yang nggak diterjemahin :( (tapi udah nonton playtroughnya yang di sub sih :p) aku makin jatuh cinta sama Phoenix, eh maksudku sama gamenya. Setelah aku main semua game lama akhirnya aku main yang DD aku jadi makin suka sama game ini. Besar sukanya aku sama game ini terlihat di post game of the year kemarin kan, hehe.

Kalau kalian terbiasa dengan manga detektif kalian akan terbiasa dengan kasus dan karakter disini yang memang aneh-aneh, jangan dimasukan kedalam logika 1000% karena seperti Professor Layton semuanya masuk akal hanya di dalam gamenya.

Aku sudah mengenal Ace Attorney sudah agak lama, sejak Si Dark Lily belum mengenal Professor Layton, kapan pastinya udah lupa hehe ;P

Dulu aku selalu mencari informasi soal AA di majalah2 game, kalau baca di web biasanya aku nggak kuat matanya juga kebanyakan bahasa Inggris semua hehe.

Sejak Si Lily sudah mengoleksi Professor Layton, aku pasti "merayu' soal AA setiap ada kesempatan, siapa tahu mau main juga... tapi selalu gagal. Tapi sejak 3DS muncul, semuanya berubah sejak nega Eh, bercanda ding! hehe ;P Si Lily malah jadi fans berat. Aku pun mengakui bahwa game berbudget rendah ini adalah masterpiece pada masanya, bahkan sampai saat ini, meski banyak rumor miring sana-sini. Moga2 Capcom tetap berbaik hati menerjemahkan semua seri AA (kesampingkansoaltidaksesuaitargetpenjualan) agar kita tetap bisa mencintai semua seri AA dan selalu mendukung Phoenix Wright melewati "Dark Age of the Law". ^^v

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top