Cari Blog Ini

Jumat, 11 November 2011

[Review-Manga] Meine Liebe ~ Eien Naru Traumerei by Rei Izawa



PERHATIAN!! 100% SPOILER!!

Judul: Meine Liebe ~ Eien Naru Traumerei
Judul asli : マイネリーベ ~永遠なる夢想曲(トロイメライ)~[Meine Liebe ~ Eien Naru Musōkyoku (Traumerei)]
Pengarang : Rei Izawa
Tahun terbit : 2007
Penerbit : MnC!
Sinopsis:

Rosentolz adalah sekolah yang cukup elit di kerajaan Kuchen. Disana terkenal dengan adanya kelas khusus untuk Strahl, yaitu istilah untuk para kandidat duta besar yang memegang peranan penting di pemerintahan kerajaan Kuchen. Kandidat Strahl ada 5 orang dengan latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Mereka cukup populer disebabkan mereka adalah pemuda pintar, tampan dan juga bangsawan berpengaruh.


Erika Klause baru saja memasuki kehidupan barunya di Rosentolz. Demi mencari kakak laki-laki-nya yang terpisah ketika masih kecil. Sebelum berpisah mereka membagi pita supaya kelak bisa bertemu kembali. Erika mengingat perkataan kakaknya bahwa keluarganya secara turun-temurun bersekolah di Rosentolz, dengan petunjuk itulah ia memasuki sekolah Rosentolz dengan harapan dapat bertemu lagi dengan sang kakak.

Di hari pertama Erika malah terlambat bangun dan membuat kehebohan dengan terjatuh ditengah acara penyambutan sekolah. Tetapi Erika ditolong oleh seorang cowok tampan yang ternyata ia adalah salah satu kandidat Strahl yang bernama Orphe. Selain Orphe juga ada Ed, Naoji, Ludwig dan juga Camus yang sama-sama anggota kandidat Strahl. Dan dimulailah perjuangan Erika mencari kakaknya disekolah Rosentoz ini. Ternyata perjuangannya tidak mudah, selain Erika tidak bisa mengingat nama maupun wajah kakaknya, gedung antara siswa dan siswi terpisah sehingga sulit mencari kakaknya.

Lalu kesempatan itu tiba dengan pemilihan Dewan Strahl yang mana akan terpilih empat orang siswi yang akan menjadi asisten para kandidat Strahl dan mendapat keistimewaan memasuki gedung siswa dengan bebas. Melihat ada kesempatan itu Erika bersemangat untuk mengikuti pemilihan Dewan Strahl, dan memulai usahanya demi mencari sang kakak tercinta.

    


Para Tokoh :

Erika Klause

Nama lengkap: Erika Florhine Baron Klause
Tanggal lahir : 15 Januari
Umur : 17 tahun
Gol darah : A
Tinggi : 1,47 meter
Klub : Tidak ada
Yang disukai : Melukis ( tapi tidak pandai )
Yang tidak disukai : Tempat gelap

Erika gadis yang bersemangat dalam hal apa pun meski kemampuannya tidak terlalu istimewa. Kepolosan dan kebaikannya membuatnya disukai banyak orang. Ia sengaja masuk sekolah Rosentolz untuk mencari kakak laki-lakinya yang terpisah waktu kecil. Ia dan kakaknya adalah anak dari istri tak sah ayahnya yang seorang bangsawan. Meski ia dan kakaknya itu lain ibu mereka sangat menyayangi dan saling menjaga satu sama lain.

Namun kebahagiaan itu tak lama sebab Erika diadopsi oleh keluarga lain. Yang menjadi penghubung antara mereka berdua adalah pita yang dulu pernah dihadiahkan kakak pada Erika ketika ia pertama kali datang ke rumah ayahnya. Erika tampaknya adalah gadis yang cukup ceroboh, ia sering sekali tersandung atau terjatuh dan entah kenapa Orphe-lah yang selalu kebetulan menolong Erika ketika terjatuh.

Dalam game Gameboy Advance ‘Musou Tanbi Meine Liebe’ tidak ada tokoh bernama Erika, karena kitalah berperan maka biodatanya kita yang tentukan, hanya disain karakternya saja yang mirip.

Dalam anime hampir tidak ada tokoh perempuan namun ada di beberapa adegan muncul siswi yang berpenampilan mirip Erika tapi sayang hanya sekilas saja.

Orphe

Nama lengkap: Orpherus Furst von Marmelade Nahe Gorz
Tanggal lahir : 14 Desember
Umur : 17 tahun
Gol darah : AB
Tinggi : 1,82 meter
Klub : Seni
Yang disukai : Lukisan
Yang tidak disukai : Tepi air

Orphe sifat dan perangainya mencerminkan layaknya seorang pangeran sejati, ia selalu bertutur kata halus dan baik hati. Tapi jika ia sedang marah kata-kata yang keluar bisa sangat tajam dan menyakitkan. Ia sangat memperhatikan Erika dan selalu menolongnya. Ia cukup populer dikalangan para siswi namun ia cenderung menutupi hatinya yang sebenarnya, karena ia menyimpan luka dihatinya yang tidak diketahui oleh siapapun. Orphe dan Ed berteman sejak kecil, hingga tak heran ia lebih dekat dengannya daripada kandidat Strahl yang lain. Ia tampaknya mengetahui identitas kakak Erika yang sebenarnya namun tidak bisa mengatakannya karena kesungguhan Erika dalam mencari kakaknya.

Dalam game ia adalah salah satu cowok yang bisa kita ajak kencan dan menangkan hatinya. Ia mengikuti klub seni dan bisa ditemui disana. Katanya sih ia adalah salah satu yang tersulit untuk didapatkan karena banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi. Ia menyukai teater dan (secara mengejutkan) boneka Teddy bear besar!

Dalam anime ia jadi ‘Tokoh utama’ meski yang lainnya pun juga punya bagian yang cukup banyak. Ia sering berselisih paham dengan Ludwig yang mempunyai ide-ide yang lumayan agresif dan radikal, lain dengan Orphe yang membenci kekerasan dan lebih demokratis. Orphe juga merupakan ahli pedang yang handal. Ia punya kalung liontin yang selalu dijaganya dengan hati-hati. Kalung itu adalah milik kakak perempuannya, Roberthine yang meninggal akibat ledakan bom misterius yang hingga kini tidak diketahui siapa dalangnya. Ia juga cenderung menghindar dari pendekatan yang dilakukan oleh siswi-siswi.

Oh ya, karakter yang mirip Erika pernah loh bergabung dengan para gadis yang ingin memberikan buket bunga pada Orphe pada sebuah perayaan sekolah, tapi sayangnya Orphe malah melarikan diri ^^;

Ed

Nama lengkap: Eduard Markgraf von Sekt Nahe Braunshweig
Tanggal lahir : 3 Juli
Umur : 17 tahun
Gol darah : B
Tinggi : 1,75 meter
Klub : Berkuda
Yang disukai : Musik
Yang tidak disukai : Tempat resmi

Ed atau Edo dalam Animenya adalah salah satu kandidat Strahl yang lumayan santai, karena penampilannya dengan baju kerah terbuka, anting dan kalung rantainya. Ia sangat dibenci oleh ibu tirinya karena tidak bisa memberikan keturunan anak laki-laki pada suaminya tapi malah orang lain. Ed bisa tahan atas perlakuan ibu tirinya dan menerimanya, tapi tiga kakak perempuan tirinya sangat memperhatikan dan menyayangi Ed. Ed juga sangat memperhatikan Erika dan selalu siap menolongnya, tampaknya ia juga menyadari sesuatu tentang identitas kakak Erika yang sebenarnya.

Dalam game ia juga salah satu calon yang bisa kita rebut hatinya, ia bisa ditemui di area olahraga. Kegemarannya adalah berkuda.

Dalam anime ia salah satu kandidat Strahl yang cukup tidak disukai oleh sebagian guru dan siswa karena identitasnya sebagai anak dari pelayan meski ia adalah bangsawan (sepertinya diskriminasi antar bangsawan sangat kental disini, sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya) tapi Ed sepertinya tidak terlalu menanggapi dengan serius, meski Orphe kadang merasa khawatir terhadap masalah yang dihadapi sahabatnya itu. Tapi Ed cukup populer juga loh diantara para siswi.
Ia sebenarnya sedang mencari adiknya yang terpisah waktu kecil disebabkan oleh kecemburuan ibu tirinya, suatu hari ayahnya mengirimkan adiknya itu ketempat yang jauh dan tidak diketahui lagi kabarnya sejak saat itu (cukup berbeda dengan yang dikomik ya). Ed sempat ditipu oleh seseorang yang mirip adiknya dan mengaku sedang mencari kakaknya yang telah terpisah waktu kecil dan mendekati Ed. Ternyata semuanya itu telah direncanakan oleh seseorang yang ingin mencelakakan Ed.

Ed adalah pemain piano yang cukup ahli, ia sering memainkan lagu-lagu cinta namun sedih. Nah, ada juga satu adegan Ed memainkan piano dan karakter yang mirip Erika sedang diam-diam mendengarkannya diluar tembok.

Ludwig

Nama lengkap: Ludwig Herzog von Mohn Nahe Liechtenstein
Tanggal lahir : 12 November
Umur : 17 tahun
Gol darah : A
Tinggi : 1,85 meter
Klub : Penelitian ilmu
Yang disukai : Teori
Yang tidak disukai : Hal yang tidak teoritis

Ludwig atau dipanggil Lui, orangnya sangat tegas dalam sikap dan kata-katanya. Awalnya ia tidak suka dengan Erika yang ceroboh. Tapi nantinya ia mengakui kesungguhan Erika setelah ia memberikan sebuah pertanyaan sulit tentang wahyu bunga dan Erika menjawabnya dengan caranya sendiri meskipun saat itu Erika sedang demam. Lui sering mengkonfrontasi Erika dan kayaknya ia senang melakukannya. Dalam komik ia mendapat porsi yang ‘agak’ sedikit.

Dalam Game Lui juga salah satu yang bisa kita rebut hatinya, tapi aku pernah nggak bisa mengeluarkannya sama sekali! lamaa baru deh bisa... Sepertinya ia memang sangat sulit didekati ya...?!

Dalam Anime Lui lawan seimbang bagi Orphe dan selalu bersaing dengannya, kalau ngga betengkar bahkan sampai berduel segala. Ia merupakan cowok kharistmatik yang cukup populer, ia punya banyak pengikut dan setiap saat dikelilingi oleh pengikutnya ini (kalo dilihat ia bagaikan raja saja disini he..he..) ia telihat lebih dekat dengan Camus daripada dengan yang lain kadang-kadang dengan Naoji juga. Sepertinya ia cukup memperhatikan Camus dan mengetahui permasalahan yang dialami olehnya. Dalam anime Ludwig punya hubungan keluarga dengan Camus.

Camus

Nama lengkap: Camus Pfalzgraf von Silvaner Luneburg
Tanggal lahir : 23 September
Umur : 17 tahun
Gol darah : O
Tinggi : 1,63 meter
Klub : Berkebun
Yang disukai : melukis Bunga
Yang tidak disukai : Tempat ramai

Cowok lemah lembut yang senang dengan bunga. Ia punya kekuatan misterius yang dapat mengetahui masa depan, karena kekuatannya ini ia dihindari bahkan orang-orang dalam keluarganya segan padanya. Ia lebih sering menghabiskan waktunya dalam taman bunga dan merawat bunga-bunga dan berbicara pada mereka. Ia mungkin yang pertama kali yang menyadari perubahan sikap salah satu kandidat Strahl ketika melihat pita milik Erika.

Dalam game ia salah satu orang yang bisa kita ajak kencan. Ia bisa ditemui dalam kelas merias. Mungkin ia adalah cowok yang sangat sensitif karena aku pernah nggak sengaja membuatnya sangat marah, dibanding dengan cowok-cowok yang lain yang hubungan denganku sangat baik bahkan cenderung akrab. Sedih juga hiks!

Dalam anime Camus lebih sering terlihat bersama Ludwig, ia cenderung penyendiri dan menghabiskan waktu di kebun bunga. Ketika mendapat penglihatan akan ada bahaya yang akan menimpa seseorang dengan terburu-buru ia pergi dan menyelamatkan orang tersebut tanpa peduli dengan keadaannya. Karena hal tersebut ia agak dihindari oleh orang-orang.

Waktu kecil ia terlalu dilindungi oleh keluarganya dan cenderung dikurung dalam kamarnya, hal tersebut yang mungkin yang mebuatnya menjadi penyendiri. Hanya Ludwig yang paham perasaan Camus. Karena kekuatannya itu, Camus hampir dimanfaatkan oleh orang yang misterius dan hendak membawanya pergi. Orphe dan kawan-kawan berupaya mencegah agar hal itu tidak terjadi.

Naoji

Nama lengkap: Naoji Ishizuki
Tanggal lahir : 23 Februari
Umur : 17 tahun
Gol darah : O
Tinggi : 1,77 meter
Klub : Penelitian sastra
Yang disukai : Sejarah dan Budaya
Yang tidak disukai : Hal-hal yang tidak Puitis

Naoji adalah siswa asing satu-satunya dalam kandidat Strahl, dengan rambut panjang dan pita rambutnya yang menjuntai, ia benar-benar sangat gagah dan punya aura yang berbeda dengan kandidat Strahl yang lain. Ia sangat memperhatikan Erika dan sering menjadi tempat curhat Erika tentang masalah kakaknya. Naoji juga menyadari sesuatu tentang kakaknya Erika.

Ternyata Naoji orangnya cukup cekatan juga dan punya rasa persaingan yang tinggi meski tidak terlihat dari luar yang biasanya tenang dan kalem. Dalam komik, Naoji dan Orphe adalah saingan dalam hal memperebutkan cinta^^.

Dalam Game Naoji juga salah satu orang yang bisa kita rebut hatinya. Ia bisa kita temui dalam kelas sosial (dalam game suasananya seperti di sebuah outdoor kafe gitu).

Dalam Anime Naoji lebih banyak terlihat bersama Ludwig dan cenderung menghindari Orphe. Ia sangat pendiam, mungkin karena ia adalah orang asing disitu ya... Ia dimasukkan ke Rosentolz oleh keluarganya sebab dinegerinya sendiri sedang ada kekacauan. Ia orangnya sangat rajin karena tiap pagi ia pasti bermeditasi. Orphe pernah mencoba berteman dengannya dan kemudian mereka berdua mengadakan duel meski sayangnya tidak diperlihatkan duelnya...

Marin

Nama lengkap: Marin Fraulein Kahlenberg
Tanggal lahir : 3 April
Umur : 17 tahun
Gol darah : B
Tinggi : 1,47 meter
Klub : Penelitian Misteri
Yang disukai : Teddy bear, Taman hiburan
Yang tidak disukai : Sesuatu yang klasik

Marin bersama-sama Erika adalah asisten Strahl yang ceria, blak-blakan, sedikit centil dan punya hobi belanja. Ia kadang-kadang suka iri melihat Erika begitu diperhatikan oleh kandidat Strahl, tapi ia juga bisa menjadi teman yang selalu bisa membantu.

Dalam Game ia tidak begitu berbeda dengan versi komiknya, ia kadang terlihat membawa-bawa boneka beruangnya dan punya selera baju yang megar dan berenda-renda. Marin adalah orang yang akan merebut Orphe bila kita gagal merebut hatinya.

Dalam Anime ngga ada karakter Marin sama sekali. (padahal judul animenya ‘Miene Liebe’ yang artinya My Love, tapi animenya sendiri ngga ada unsur-unsur percintaannya... sayang ya...).

Minna

Nama lengkap: Wilhemine Julch
Tanggal lahir : 21 agustus
Umur : 17 tahun
Gol darah : O
Tinggi : 1,55 meter
Klub : Kerajinan tangan
Yang disukai : Benda antik
Yang tidak disukai : Kebodohan

Minna juga adalah asisten Strahl bersama Erika dan Marin. Ia punya sifat yang cenderung berapi-api dan tak mau kalah jika itu berhubungan dangan Siswa Strahl, meski begitu ia bisa menjadi teman yang bisa diandalkan.

Minna dalam gamenya agak berbeda dengan versi komiknya, ia lebih terlihat anggun dengan rambut panjangnya. Ia bisa ditemui di kelas memasak. Minna yang akan merebut Ludwig bila kita gagal merebut hatinya.

Dalam anime juga ngga ada karakter Minna.

Augusta

Nama lengkap: Augusta Florhine Markgravin Wolfenbuetter
Tanggal lahir : 18 Maret
Umur : 17 tahun
Gol darah : A
Tinggi : 1,70 meter
Klub : Berkuda
Yang disukai : Kuda, Pemandangan indah
Yang tidak disukai : Keramaian

Augusta juga asisten Strahl bersama Erika dan kawan-kawan (asisten Strahl hanya berjumlah empat orang). Ia sangat kalem dan tenang menghadapi rekan-rekannya yang kadang sangat merepotkan. Ia bagaikan sosok ‘kakak’ bagi asisten Strahl yang lain. Ia terlihat tidak begitu berminat dengan masalah percintaan.

Dalam game Augusta juga ngga begitu berbeda dengan versi komik. Ia mengikuti klub berkuda dan suka dengan gaya kasual. Augusta yang akan merebut Ed bila kita gagal merebut hatinya.

Dalam anime (lagi-lagi) ngga ada karakter Augusta.
Oh ya, aku lupa ngasih tahu kalo dalam game Naoji bakalan direbut sama Marin, tapi buat Camus aku belum tahu he..he..^^

Kepala Sekolah

Sori ngga ada data tentang kepala sekolah, tapi yang pasti kepala sekolah Rosentolz ini orangnya gimana yaa? Sangat necis dan bergaya! bila ia datang, bunga-bunga mawar akan bertebaran^^ dalam Game juga sama bila muncul untuk memberi tahu nilai semester kita, ia tak pernah lupa membawa setangkai bunga mawar.

Dalam anime ia sedikit agak berbeda meski karakternya ngga beda-beda amat sama versi game dan komiknya, hanya saja ia sedikit berwibawa. Ia juga dulunya mantan kandidat Strahl pada masa mudanya dan bersahabat dengan Raja Kuchen yang seangkatan dengannya.

Komentar:

Berawal dari game dating simulation untuk Gameboy Advance keluaran Konami yaitu ‘Tanbi Musou Miene Liebe’ yang cukup populer hingga sekarang dibuatlah versi anime dan komiknya. Yang membuat game ini cukup populer salah satunya karena yang membuat disain karakternya adalah Yuki Kaori, mangaka dari komik populer dan kontroversial ‘Angel Sanctuary dan Count Cain’.

Animenya berjudul ‘Ginyuu Mokushiroku Meine Liebe’ yang berjumlah 13 episode. Kisahnya sendiri seputar kehidupan para kandidat Strahl di sekolah Rosentolz. Animenya dibuat sangat indah dengan bertebaran cowok-cowok tampan, hanya saja karena banyak unsur intrik politiknya membuat cepat bosan (aku benar-benar benci politik!).

Versi komiknya dibuat oleh Rei Izawa sebanyak 4 volume, yang ceritanya lebih condong ke arah gamenya. Aku pernah sebentar memainkan game versi GBA-nya, benar-benar nggak ngerti! Soalnya bahasa jepang sih dan nggak ada versi terjemahannya (Kejam! Hiks!) jadinya aku asal aja dan hasilnya, gagal total!! Pengen deh menerjemahkannya tapi gimana ya? Ngga tahu pake program apa....Hiks!

Screenshot game:

Trivia:

Karena ada banyak istilah asing (terutama bahasa Jerman) di Miene Liebe, sekarang akan dijelaskan beberapa yang aku tahu menurut sumber dari majalah Animonster:

  • Strahl = Ray of the sun
  • Rosentolz = Rose’s pride
  • Furst = bisa diterjemahkan sebagai Prince (Pangeran). Gelar ini dimiliki oleh seorang pemimpin atau kepala keluarga rumah bangsawan.
  • Markgraf = setingkat dengan marquess di Inggris, setingkat di bawah Duke. Gelar ini awalnya diperuntukkan bagi gubernur militer daerah perbataan utara Carolingian. Karena wilayah perbatasan mempunyai nilai kepentingan lebih besar dibanding daerah dalam, maka kekuasaan Markgraf lebih besar dibanding bangsawan daerah lain.
  • Pfalzgraf = selevel dengan Markgraf. Diterjemahkan sebagai Count Palatine. Bertugas sebagai wakil raja/pengurus istana saat sang raja sedang tidak di istana. Karena raja sering berpindah tempat, maka daerah kekuasaan Pfalzgraf tidak tetap karena mengikuti kemana sang raja tinggal.
  • Herzog = arti harfiahnya adalah pimpinan perang. Setingkat dengan gelar Duke di Inggris. Aslinya pemilik gelar ini adalah jenderal yang diangkat menjadi pemimpin tentara di banyak daerah.

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top