Cari Blog Ini

Jumat, 11 November 2011

[Review-Manga] Harmoni by Kyoko Hikawa

Halo! Hari ini aku mau membahas komik-komik lama koleksi Nemuchan selama ini. Sebenarnya Review ini pernah aku posting di website sekitar pertengahan tahun 2010, tapi karena web-nya sudah di hapus jadinya review ini di ungsikan kesini deh he he... untuk kali ini aku membahas karya mangaka favoritku Kyoko Hikawa yang judulnya : Harmoni. Selanjutnya mungkin aku akan membahas komik-komik yang lain meski aku sendiri sering males nulis review he he... ;p OK deh, Selamat Membaca!

PERHATIAN!! 100% SPOILER!!


Judul: Harmoni
Judul asli : 星のハーモニー[Hoshi no Harmoni]
Pengarang : Kyoko Hikawa
Tahun terbit : 1997
Penerbit : P.T Elexmedia Komputindo
Sinopsis :

Yukiko Hozumi adalah siswi SMU yang terkenal dengan sifatnya yang naif dan lugu. Karena sifatnya itu ia sering dimanfaatkan oleh teman-temannya untuk menggantikan piket atau mengerjakan PR bahkan mengambil pulpen yang jatuh. Yukiko selalu dengan senang hati melakukannya tanpa curiga sedikitpun. Namun ada seorang temannya yang selalu memperhatikan bahkan membentak jika Yukiko sedang dimanfaatkan orang lain, orang itu bernama Wada. Wada teman sekelas Yukiko yang bertubuh tinggi, berwajah tampan dan lumayan populer disekolah, apalagi ia gemar berteriak dan memarahi Yukiko yang lamban.

Secara tidak langsung Yukiko selalu diselamatkan oleh Wada dari dimanfaatkan oleh teman-temannya, karena sekali Wada marah, teman-teman yang menfaatkan Yukiko langsung ambil langkah seribu. Yukiko menaruh hati pada Wada, namun ia selalu sedih dan tidak mengerti jika Wada memarahinya karena apa yang diperbuatnya, hingga suatu hari Yukiko yang sudah tidak tahan dengan sikap Wada yang selalu marah padanya, spontan berteriak bahwa ia sangat membenci Wada.
Yukiko sebenarnya sangat menyesali perkataanya, dan terus memikirkan Wada. Dan pada saat Yukiko diajak teman-temannya berwisata di suatu desa, secara tidak sengaja Wada dan Yukiko bertemu. Dan saat itu pula mereka berdua mengetahui perasaan masing-masing karena suatu kejadian kecil, namun romantis.


    


Para Tokoh :

Yukiko Hozumi

Yukiko adalah cewek berhati lembut dan baik pada siapa saja namun cenderung naif dan polos. Ia tidak keberatan menerima semua permintaan orang lain seremeh apapun selama itu adalah perbuatan baik.Yukiko sudah menyukai wada sejak kelas satu SMU, ia mengetahui jika Wada berhati baik, namun ia kerap kali tidak mengerti kenapa Wada sejak sekelas dengannya selalu marah padanya setiap ia ketahuan telah menerima permintaan dari orang lain yang sebenarnya tidak perlu dikerjakan olehnya. Yukiko acap kali sedih memikirkan dirinya yang lamban namun tidak disadari olehnya bahwa kebaikan dan kelembutannya itulah yang membuat Wada suka padanya.


Yusuke Wada

Wada cowok yang lumayan populer disekolah, ia tinggi, tampan dan atletis. Diam-diam ia juga menyukai Yukiko karena ketulusan hatinya, namun ia tidak bisa tinggal diam jika Yukiko ketahuan menerima permintaan orang lain yang sebenarnya sangat remeh. Makanya ia selalu memarahi Yukiko maupun teman-temannya yang memperalat Yukiko. Ia cenderung tidak bisa menyembunyikan isi hatinya yang selalu meledak-ledak jika menyangkut Yukiko, makanya ia sangat kecewa ketika Yukiko memanggilnya ternyata hanya untuk menyerahkan surat cinta dari Matsudaira.




Kazumi

Adik Wada yang punya pemikiran lebih dewasa dari umurnya. Ia sangat menyukai komik cewek makanya ia selalu dapat menyimpulkan dengan tepat apa yang dirasakan oleh cewek apalagi yang berhubungan dengan masalah cinta, meski orang yang mendengarnya akan terheran-heran karena ada anak kecil yang bicaranya sok dewasa. Tapi meski begitu ia tetaplah anak SD biasa yang sangat menyayangi kakaknya, dan tampaknya ia menyetujui hubungan kakaknya dengan Yukiko.





Katsumi

Katsumi adalah salah satu teman Yukiko. Ia yang mengajak Yukiko berwisata ke Vila bibinya di desa, supaya Yukiko lebih bersemangat karena masalah Wada. Cara bicaranya selalu tajam dan tepat sasaran tapi ia paham betul akan sifat Yukiko dan perasaannya terhadap Wada, iapun tak segan untuk selalu membantu Yukiko.






Miyamoto

Miyamoto teman sekelas Wada dan Yukiko, ia cukup akrab dengan Wada dan sering menggodanya. Ia pun juga salah satu orang yang memperalat Yukiko. Suatu hari ia dimarahi Wada yang ketahuan telah menyuruh Yukiko mengambilkan pulpennya yang jatuh, ia pun membalas dendam dengan menyebarkan bahwa Wada menyukai Yukiko hingga membuat heboh sekolah.


Matsudaira

Teman sekelas Yukiko dan Wada, ia selalu mengucapkan kata-kata tajam dan menusuk pada Yukiko disadari atau tanpa disadarinya. Ia bersikap seperti anak-anak lainnya dikelas meskipun terlihat jarang memanfaatkan Yukiko. Ketika rumor Wada menyukai Yukiko menyebar ia dengan khawatir menanyakan kebenarannya pada Yukiko yang langsung dibantah olehnya dan Matsudaira terlihat senang dan mengatakan hal itu memang mustahil. Buntutnya ia menyuruh Yukiko mengantarkan surat cintanya pada Wada, dengan percaya diri ia mengatakan pada Yukiko bahwa jika ia jadian dengan Wada Yukiko takkan digosipkan lagi, dan Yukiko pun mengiyakannya.




Saeki

Tokoh ini muncul dalam chapter dua yang berjudul ‘Langit musim dingin dan putihnya salju’ Ketika sedang di Perpustakaan, Yukiko dikagetkan oleh Saeki yang tiba-tiba ada disebelahnya. Ia dengan terang-terangan mengatakan suka pada Yukiko dan menyukai kebaikannya tapi heran dengan Wada yang selalu membentaknya meskipun sudah pacaran. Yukiko pun memikirkan perkataan Saeki namun ketika pulang sekolah Yukiko tidak sengaja mendengar perkataan Saeki, ternyata ia hanya ingin memanfaatkan kebaikan Yukiko dan dengan percaya diri mengatakan bisa mendapatkan Yukiko karena menurutnya hubungan Yukiko dan Wada takkan tahan lama.

Komentar:

Kyoko Hikawa adalah pengarang favoritku sejak aku SD. Aku sering meminjam buku komik karangan Kyoko Hikawa pada teman dan kakak kelas, dan dulu komik-komik karangannya cukup populer sehingga kalo minjam komiknya antriannya sangat panjang. Harmoni ini diterbitkan dijepang sono udah dari tahun 1980 loh! Sebelum aku lahir! Hebatnya baru diterbitkan disini tahun 1997, memang penerbit sini suka menerbitkan judul-judul jadul! He..he.. tapi Ok juga sih, soalnya kitanya juga jadi banyak ilmunya ya ngga?

Oh ya, cerita Yukiko dan Wada muncul kembali dalam komik karangan Kyoko Hikawa yang berjudul Miriam 5 atau Jikan wo Tomete Ite 2, sebagai kisah lepas berjudul ‘Milky Way’. Mengisahkan Yukiko dan Wada sudah lulus SMU dan kuliah di tempat berbeda, tetapi keduanya tetap berhubungan meskipun sifat keduanya masih belum berubah, Yukiko masih suka membantu orang-orang dan Wada masih suka memarahi Yukiko yang suka bertindak tanpa memikirkan dirinya sendiri. Meski banyak masalah yang menimpa Yukiko, Wada tetap berada disampingnya dan paling mengerti akan dirinya, meskipun orang-orang sekitarnya salah mengerti akan kebaikan Yukiko.

Harmoni terdiri dari dua chapter yang mengisahkan kisah Yukiko dan Wada dan sisanya kisah baru berjudul Sugikake dan Mayuko yang terdiri dari 4 bagian masing-masing :

Bagian1: ‘Rintik hujan dalam pelangi’

Chapter pertama ini mengisahkan pertemuan pertama Mayuko dan Sugikake dalam klub Voli. Dari pertemuan yang tidak disengaja hingga patah hati karena kenangan masa lalu. Tapi semua berakhir baik kok!

Bagian 2: Putri salju yang nakal’ 

Chapter kedua ini mengisahkan tentang klub Voli yang mengadakan pentas putri salju. Mayuko dipilih menjadi pangeran sedangkan sugikake dipilih menjadi putrinya. Banyak adegan lucu dalam adegan komik ini. Mayuko dan Sugikake dihadapkan masalah tentang perasaan mereka masing-masing dan mencoba untuk memperbaikinya.

Bagian 3: ‘Daun yang gugur dan cacing pengganggu’

Chapter ini, Mayuko didekati oleh Okino, siswa yang sangat populer disekolah. Ia terkenal dangan ketampanan dan prestasinya yang selalu nomor satu. Ia punya maksud lain dalam rencananya mendekati Mayuko, ia ingin menyaingi Sugikake yang sangat mencolok disekolah dan ingin menghancurkannya dengan merebut Mayuko.

Bagian 4: ‘Bisikan Dandelion’ 

Chapter terakhir ini Sugikake yang setahun diatas Mayuko sudah lulus namun mereka berdua tetap melanjutkan hubungan mereka. Suatu hari Sugikake dan teman-temannya mengunjungi klub Voli dan mengadakan pertemuan bersama mengenang masa lalu, dan mengungkapkan impian masing-masing dimasa depan nanti.

Mayuko 

Mayuko pernah menyukai sepupunya namun ditolak. Hal ini membuatnya trauma dan tidak ingin lagi jatuh cinta. Pertemuannya dengan Sugikake yang selalu bersemangat membuatnya luluh, namun ia kembali menjauhi Sugikake yang menurutnya agak mirip dengan orang yang pernah disukainya itu dan takut sakit hati. Mayuko gadis biasa-biasa saja namun ia sangat setiakawan. Ia punya sifat cenderung panik bila malu atau terdesak ia pun bisa melayangkan tamparan yang lumayan keras.

Sugikake

Sugikake adalah andalan anggota klub Voli, ia juga lumayan populer karena tampan, tinggi dan atletis. Ia selalu seenaknya dan bicara apa adanya sehingga kadang tanpa disadarinya yang bersangkutan malah sakit hati. Ia juga sangat mencolok dimanapun tapi hal itu tidak telalu parah karena ia punya sahabat yang bisa menjadi penasihat Sugikake yaitu kapten klub Voli yang bernama Takami. Ia sudah menyukai Mayuko sejak pertama kali bertemu, dan sangat memperhatikannya. Entah sudah berapa kali tamparan Mayuko mendarat di pipinya, ketika Mayuko panik atau malu tapi Sugikake tampaknya cukup tabah ^^;




Kisah Sugikake dan Mayuko kembali muncul di komik Miriam 3 atau Koyano Tenshidomo 3, yang berjudul; "Daun-daun baru". Kisahnya Sugikake dan Mayuko sudah kuliah dan masih melanjutkan hubungan mereka meski sudah 3 tahun berlalu. Teman-teman Mayuko banyak yang salut padanya namun mereka juga bilang ada yang namanya hukum kelambanan yaitu hubungan yang sudah terlalu lama suatu saat  akan merenggang. Suatu hari Sugikake dan Mayuko janjian untuk bertemu di stasiun, namun Sugikake terlambat bangun. Akhirnya muncul kejadian demi kejadian di stasiun (kayak di sinetron) yang membuat mereka sulit bertemu, yang membuat Mayuko berpikir tentang hukum kelambanan yang akan terjadi pada dirinya. Tapi, setelah semua kesulitan akhirnya mereka berdua bertemu dan merasa sangat bahagia. Mayuko pun bersyukur karena mereka masih berhubungan sampai saat ini.


End note:
Semenjak berakhirnya karya terakhirnya Kyoko Hikawa ‘Dunia Mimpi’ atau judul aslinya ‘Kanata Kara’, aku ngga pernah mendengar kabarnya lagi. Apa karena aku kurang informasi ya? Tapi aku harap Kyoko Hikawa masih akan terus aktif mengarang komik, soalnya aku sangat menyukai karya-karyanya.
Dari sekian karya Kyoko Hikawa yang diterbitkan disini, hanya satu yang belum aku punya yaitu ‘Jendela Putih” kalau ngga salah ingat. Aku benar-benar ketinggalan buku satu itu, dan sekarang udah ngga ada dimana-mana, mudah-mudahan bisa ketemu ya suatu hari nanti.

Update!
Akhirnya Elex memutuskan untuk me-remake karya-karya Kyoko Hikawa ( kecuali Dunia Mimpi kayaknya...) dan setelah lama, aku pun mendapatkan komik " Jendela Putih"! Hore!! \(^0^)/ kapan-kapan bakal kubahas deh, tunggu aja yah! he he...

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top