Cari Blog Ini

Selasa, 19 Februari 2013

[Review-Games] Tales of Symphonia: Dawn of the New World

Ini adalah ketiga kalinya aku membahas yang berhubungan dengan Tales of Symphonia. :-P karena aku memang sedang mood tentang game yang satu itu jadi aku mencoba semua macamnya. Kali ini aku bahas soal game sequelnya, yaitu Tales of Symphonia: Dawn of the New World.

Tales of Symphonia: Dawn of the New World (ToS:DotNW) atau dalam versi Jepang berjudul Tales of Symphonia: Ratatosk no Kishi adalah game dalam konsol Nintendo WII yang keluar pada tahun 26 Juni 2008. Game ini bercerita dua tahun setelah game pertamanya, tapi tokoh utamanya bukanlah Lloyd Irving lagi tapi seorang pemuda bernama Emil Castagnier yang membuat perjanjian dengan raja para monster, Ratatosk, dan menjadi Knight of Ratatosk untuk melakukan perjalanan bersama Marta Lualdi dan Centurion Tenebrae membangunkan Ratatosk yang tertidur demi menyelamatkan dunia yang sedang kacau.


Information
Game Systems Nintendo Wii
Developers Namco Tales Studio
Mine Loader Software
Character Designers Kousuke Fujishima
Daigo Okumura
Composers Motoi Sakuraba
Shinji Tamura
Japanese Releases June 26, 2008
North American Releases November 11, 2008
European Releases November 20, 2009
Opening Theme Nininsankyaku by misono






GAMEPLAY
ToS:DotNW memakai sistem battle yang bernama Flex-Range Element Enhanced Linear Motion Battle System, hampir sama dengan Tales of Abyss yang keluar sebelum game ini. Tidak seperti pendahulunya, kita hanya bisa mengendalikan Emil dan Marta dan karakter selain mereka berdua tidak bisa kita kostumisasi alias semuanya default. Semua Equipment juga hanya ada untuk Emil dan Marta. Selain delapan karakter Symphonia lama kita juga bisa merekrut monster untuk menjadi party. Para monster ini bisa berevolusi dalam level tertentu. Total monster yang bisa kumpulkan ada 232 jenis. Sistem Cooking disini hanya untuk para monster untuk berevolusi tapi kita bisa memilih karakter mana yang akan memasaknya. Kadang setiap orang akan membuat sesuatu yang berbeda pada resep yang sama.


Katz Guild juga hadir di game ini. Katz sekarang menjadi media untuk Cooking, menyimpan monster dan menerima Quest. Quest disini beragam dan dibagi beberapa tingkat level dan kita akan mendapat hadiah jika menyelesaikannya. Ada tipe Quest eksplorasi ada juga yang langsung.


STORY

Emil kehilangan orang tuanya sewaktu kejadia Blood Purge di Palmacosta yang disebabkan oleh Lloyd Irving dan Church of Martel. Karena hal itu Emil menjadi mendendam pada Lloyd. Setelah Enam bulan berlalu, Emil tinggal bersama paman dan bibinya di Luin tapi hubungan mereka tidak begitu baik. Emil yang penakut selalu takut pada keduanya juga orang-orang desa yang juga ikut takut padanya. Ini disebabkan sejak Emil datang banyak monster yang bermunculan dekat Luin dan semua orang menyalahkannya padahal Emil tidak tahu apa-apa soal itu. Karena keadaan alam yang kacau sejak dua dunia jadi menyatu kembali, Luin yang terkenal dengan danau yang indah sekarang danau itu menjadi kering.

Tidak hanya di Luin, semua tempat di dunia menjadi aneh. Triet menjadi padang salju, Meltokio sering terjadi gempa, di Sybak jadi penuh aliran listrik, dan masih banyak hal abnormal lainnya. Bukan hanya masalah alam, hubungan warga Sylvarant dan Tethe'alla juga buruk. Tethe'alla yang terlalu maju peradabannya selalu merendahkan warga Sylvarant dan mereka tersiksa karenanya. Banyak orang Sylvarant yang menyalahkan Chosen of Regeneration karena menyatukan dua dunia. Untuk melawan, beberapa warga Sylvarant membentuk kelompok bernama Vanguard untuk melawan warga Tethe'alla, Church of Martel dan Chosen of regeneration sendiri.

Emil dan orang tuanya dianggap warga desa Luin sebagai anggota Vanguard karena itu Palmacosta diserang Church of Martel. Karena Emil terlalu takut melawan, dia tidak bisa menyangkal. Suatu hari Emil diganggu oleh anak-anak lain, untungnya dia diselamatkan oleh seorang pria berambut merah berkacamata. Emil pun merasa tertolong dan ingin berterima kasih tapi dia terlalu takut karena orang yang bernama Richter itu terlalu menakutkan bagi Emil. Richter ternyata sedang mencari gadis dengan crystal merah di dahinya dan dia ke Luin karena menemukan petunjuk gadis itu ada di sekitar Luin. Walaupun belum sempat berterima kasih, Emil mendapat nasihat yang berharga dari Richter untuk membuatnya lebih berani layaknya laki-laki.

Setelah Richter pergi, Emil mendengar suara lolongan yang sering dia dengar. Karena penasaran,  Emil pergi untuk memeriksanya. Dalam percariannya, Emil diserang oleh monster untungnya dia diselamatkan oleh seorang gadis. Gadis yang bernama Marta ini merasa bertemu Emil tapi pemuda itu tidak tahu Marta sama sekali. Sewaktu gadis itu pergi, Emil bisa melihat crsytal merah di dahinya. Emil yakin Marta gadis yang Richter cari karena itu Emil langsung memberitahu Richter. Begitu diberitahu, Richter menyuruh Emil membawanya ke tempat dia bertemu Marta. Awalnya, Emil takut karena dimarahi pamannya dan banyak monster di sepanjang jalan tapi Richter selalu mendorong Emil untuk mengatakan apa yang dia inginkan walaupun dengan cara yang cukup keras yang kadang membuat Emil takut daripada termotivasi.

Ternyata Richter mencari Marta untuk membunuhnya karena Crystal yang ada di dahi Marta adalah telur dari Ratatosk sang Demon Lord. Jika menetas maka para Demon akan menghancurkan dunia. Marta dengan tegas mengatakan kalau Ratatosk bukan raja setan tapi raja dari para monster. Bingung dengan kejadian di depannya, Emil menyelamatkan Marta dari Richter. Pria itu menyuruh Centurion Aqua untuk menghalangi Emil dan Richter pun pergi mengejar Marta. Tidak bisa melawan monster suruhan Aqua, Emil hanya terdiam pasrah. Tiba-tiba ada suara yang menyuruhnya membuat perjanjian dengan Ratatosk agar dapat mendapat kekuatan menyelamatkan Marta. Suara itu berasal dari Centurion Tenebrae. Emil yang ingin menyelamatkan Marta pun membuat perjanjian dengan Ratatosk dengan perantara Tenebrae dan menjadi Knight of Ratatosk. Emil pun mendapatkan kekuatan baru dari Ratatosk dan ketika bertarung pun kepribadiannya juga berubah drastis menjadi lebih berani dan kasar.

Emil dan Tenebrae mencari Marta dari kejaran Richter. Tapi ternyata mereka menemukan Richter terkapar. Dia mengatakan kalau dia diserang Lloyd. Emil yang dendam oleh Lloyd mengejarnya. Di bagian dalam, Lloyd dan Marta sedang bertarung. Emil pun ikut membantu Marta tapi kekuatan Lloyd terlalu kuat dan mereka pun kalah. Sebelum pingsan, Emil melihat Lloyd sedang mengambil batu putih di atas altar. Ketika mereka sadar, Marta langsung marah karena Lloyd sudah mengambil Centurion Core yang dicarinya tapi dia juga berterima kasih pada Emil yqng sudah menyelamatkannya dan menjadi Knight of Ratatosk baginya. Keberanian Emil itu membuat Marta jadi jatuh cinta pada Emil apalagi Marta yakin Emil adalah orang yang menyelamatkannya dulu. Marta dan Tenebrae pun menceritakan tentang Ratatosk, Centurion dan hubungan keduanya dengan keanehan fenomena alam yang sedang terjadi pada Emil.

Setelah paham kalau Ratatosk bukan demon yang mengancam dunia, Emil bersedia membantu Marta dan Tenebrae mencari Centurion Core untuk membangunkan Ratatosk. Karena Lloyd juga mengincar Centurion Core, Emil yakin akan bertemu lagi dengannya dan membalas dendam. Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan teman-teman Lloyd yang juga terlibat dengan penyatuan dunia. Mereka tidak percaya dengan Lloyd yang bisa menghancurkan juga membunuh banyak orang begitu saja. Namun mereka juga tidak bisa menyangkal kejadian di Palmacosta benar adanya. Mereka pun ikut membantu Emil dan Marta mencari Centurion Core sekaligus mencari Lloyd dan meminta penjelasan darinya.

Masalah yang dihadapi Emil tidak hanya berkisar antara Lloyd dan Centurion Core tapi juga dengan para Vanguard yang terus mengincar Marta untuk merebut Ratatosk Core selain itu mereka juga menginginkan Centurion Core yang lain. Dan juga masalah yang paling besar adalah yang terjadi pada diri Emil sendiri yang berubah sejak menjadi Knight of Ratatosk. Di dalam dirinya mulai timbul kepribadian yang lain atau "seseorang" yang lain yang tidak bisa Emil kendalikan.

CHARACTER

Emil Castagnier
Age: 16
Height: 169 cm
Weapon: Long Sword
VA (Japan): Hiro Shimono
VA (English): Johnny Yong Bosch

Emil adalah pemuda yang canggung, penakut, dan juga pesimis. Apalagi semua orang di Luin selalu menyudutkan dirinya membuatnya semakin tertutup.  Emil selalu merasa apa yang dilakukan selalu salah dan akan minta maaf pada semua orang walaupun dia tidak salah apa-apa. Sifat Emil yang seperti itu membuat Richter agak kesal. Sebenarnya Emil juga emosian dan gampang marah tapi rasa amarahnya bisa dia tahan. Sejak dia membuat perjanjian dengan Ratatosk, Emil jadi sering mengukapkan rasa amarahnya dengan emosional bahkan bisa berujung kekerasan. Emil selalu bergantung pada "kepribadiannya yang lain" untuk hal bertarung dan menghadapi musuh karena Emil sendiri terlalu takut menghadapi mereka. Hal itu membuat "Emil yang lain" jadi tidak suka pada "dirinya" sendiri. "Emil yang lain" sering disebut Ratatosk Mode karena Tenebrae menjelaskan sifat Emil yang berubah itu karena dirasuki Ratatosk. Semua orang bisa langsung tahu jika Emil sedang dirasuki Ratatosk diluar pertarungan karena terlihat sangat jelas dengan sifat dan cara bicara mereka yang berbeda. 
Perubahan Emil menjadi Ratatosk Mode
Marta Lualdi
Age: 16
Height:153 cm
Weapon: Spinner
VA (Japan): Rie Kugimiya
VA (English): Laura Bailey

Seorang gadis yang di dahinya tersimpan Ratatosk Core. Marta mengambil Ratatosk Core dari Vanguard untuk menghalangi rencana mereka yang ingin menghancurkan Tethe'alla menggunakan Mana Cannon dan Ratatosk Core. Marta sangat yakin kalau Emil adalah orang yang menyelamatkannya sewaktu kejadian Blood Purge di Palmacosta walaupun Emil sering menyangkal Marta tetap ingin percaya. Marta adalah gadis yang tomboy dan bersemangat. Dia tidak ragu mengungkapkan rasa cintanya pada Emil dan sering menempel padanya hal itu sering membuat Emil salah tingkah. Bagi Marta, Emil adalah sahabat (dan calon suami) karena itu Marta selalu memberi semangat pada Emil ketika dia sedang down. Hanya Marta yang menganggap Emil dan "Emil Ratatosk Mode" adalah orang yang sama disaat yang lain menganggap mereka seperti dua orang lain. Tapi Marta juga sering kesal pada "Emil Ratatosk Mode" yang terlalu kasar dan dengan mudahnya mau membunuh orang yang menghalangi jalan mereka.

Tenebrae
Age: (Around) 10.000
Height: -
Weapon: Darkness Element Monster
VA (Japan): Houchuu Ootsuka
VA (English): Christopher Corey Smith

Centurion elemen kegelapan yang merupakan anak buah setia dari Ratatosk. Tenebrae berusaha untuk membangunkan kembali Ratatosk agar fenomena alam yang abnormal dapat kembali seperti semula. Tenebrae meminta bantuan Marta dan Emil untuk membangunkan Ratatosk yang tertidur ketika dunia terbelah dua. Sebagai Centurion Tenebrae sifatnya sangat serius dan tenang tapi semua perkataannya lebih sering hanya lelucon garing. Membangunkan Ratatosk adalah tujuan utama Tenebrae karena itu dia sangat ketat dan tegas membuat Emil menjadi Knight of Ratatosk agar kekuatan Ratatosk juga kembali. Tenebrae adalah adalah Centurion yang paling setia diantara ketujuh Centurion yang lain dia akan melakukan apa saja demi tuannya dan sangat mematuhi perintahnya.

Richter Abend
Age: 20
Height: 180 cm
Weapon:Sword and Axe
VA (Japan): Kenji Hamada
VA (English): Kyle Hebert

Richter adalah seorang pria yang tegas dan blak-blakan. Dia tidak ragu mengatakan keburukan seseorang jika dia suka tapi dia mengatakan hal itu untuk membuat orang itu sadar akan keburukannya. Awalnya Emil takut dengan sifat Richter yang seperti itu, lama-kelamaan Emil jadi berterima kasih karena berkat Richter dia bisa bersikap lebih berani. Richter adalah anggota Vanguard karena itu dia juga mengincar Ratatosk Core dan Centurion Core namun dia lebih ingin menghancurkan Ratatosk daripada mendapatkannya. Emil selalu menganggap Richter sebagai teman tapi Richter berpikir sebaliknya walau Richter tidak mau melukai Emil karena dia mirip dengan temannya yang sudah meninggal.

Aqua
Age: (Around) 10.000
Height: -
Weapon: Water Element Monster
VA (Japan): Yoko Honna
VA (English): Wendee Lee

Centurion elemen air. Berbeda dengan Tenebrae, Aqua tidak berusaha membangunkan Ratatosk kembali, dia malah mengikuti Richter dan membantu rencananya. Menurut Tenebrae, Aqua sudah memutuskan hubungan dengan Ratatosk tapi dia tidak menceritakan sebabnya. Aqua adalah centurion yang ceria dan sangat lengket dengan Richter dan melakukan apa saja yang diperintahkan Richter.. Dia paling membenci Tenebrae dan setiap bertemu Tenebrae dia pasti langsung kesal walaupun Tenebrae hanya mengatakan satu kalimat, Tenebrae sendiri juga sering memancing emosi Aqua.



Alice
Age: 18
Height: 160 cm
Weapon: Toy Rapier
VA (Japan):  Mami Kingetsu
VA (English): Janice Kawaye

Anggota Vanguard yang bertugas mencari Marta dan Collete. Dari luar dia terlihat seperti gadis kecil yang imut dan lemah tapi aslinya adalah gadis kejam dan tidak berperasaan. Alice tidak ragu untuk membunuh Marta walaupun tugasnya adalah menangkap Marta hidup-hidup. Kekuatan Alice juga kuat tapi dia lebih sering menggunakan monster yang dia kendalikan dengan Exsphere. Gadis ini tidak peduli apapun kecuali dirinya sendiri dan akan melakukan apa saja demi mendapatkan apa yang dia inginkan.






Decus
Age: 24
Height: 178 cm
Weapon: Broadsword
VA (Japan): Akio Suyama
VA (English): Doug Erholtz

Pria yang super narsis ini adalah anggota Vanguard sama seperti Alice dan Richter, namun Decus hanya bersumpah setia pada Alice. Decus memakai cologne yang baunya sangat menyengat dan dapat membuat orang sekelilingnya pusing, bahkan Alice juga tidak mau dekat-dekat dengan Decus. Emil pertama kali bertemu Decus di Flanoir dan entah kenapa Decus menganggap Emil sebagai fansnya dan memberikan Cologne 'Eau de Seduction" pada Emil. Decus sangat mencintai Alice karena itu dia akan melakukan apa saja demi Alice walaupun dia harus membunuh dan menghancurkan kota.




Brute Lualdi
Age: 45
Height:182 cm
Weapon: Staff
VA (Japan): Rintarou Nishi
VA (English): JB Blanc

Comammander Vanguard sekaligus ayah Marta. Selain kabur membawa Ratatosk Core, Marta juga lari dari ayahnya. Menurut Marta, Brute sudah berubah dari ayahnya yang dulu dan membuat tujuan utama Vanguard melenceng. Brute sangat bernafsu mendapatkan Ratatosk Core untuk membangkitkan dinasti Sylvarant yang sudah runtuh dan menjadi raja.









Tales of Symphonia Character (playable)

Collete Brunel
Age: 18
Height: 158 cm
Weapon: Chakrams
VA (Japan): Nana Mizuki
VA (English): Heather Hogan

Setelah berhasil menyatukan Sylvarant dan Tethe'alla, Collete diberi gelar Chosen of Regeneration dan banyak yang menyanjungnya. Namun ada juga yang jadi membencinya karena berbagai macam bencana yang muncul dan serangan Tethe'alla ke Sylvarant. Sekarang ini Collete sedang berpetualang mencari Lloyd




Zelos Wilder
Age: 24
Height: 179 cm
Weapon: Sword/Dagger
VA (Japan): Masaya Onosaka
VA (English): Christopher Corey Smith

Chosen dari Tethe'alla yang terkenal tampan dan berkarisma. Dia selalu menggoda semua perempuan yang dia temui mau itu teman atau musuh. Adiknya, Seles Wilder, diculik oleh Vanguard karena memiliki Centurion Core karena itu dia bekerja sama dengan Emil dan Marta untuk menyelematkannya. 




Raine Sage
Age: 25
Height: 166 cm
Weapon:Rod
VA (Japan): Yumi Touma
VA (English): Tara Platt

Setelah petualangan 2 tahun lalu, Raine berpetualang untuk mengubah persepsi orang-orang mengenai Half-elf dan membuat mereka menerima ras Half-Elf sejajar dengan manusia. Emil dan Marta bertemu dengan Raine ketika mereka berkunjung ke Iselia. Walaupun sudah lama tidak di Iselia, Raine tetap disukai oleh anak-anak di Iselia dan merindukannya untuk mengajar kembali.



Genis Sage
Age: 14
Height: 151 cm
Weapon: Kendama
VA (Japan): Ai Orisaka
VA (English): Tara Sands

Adik dari Raine yang ikut berpetualang dengannya setelah penyatuan Sylvarant dan Tethe'alla. Namun karena Genis mendengar kabar-kabar buruk mengenai Lloyd, dia dan Raine berpisah dan Genis pergi mencari Lloyd untuk mengetahui kejadian sebenarnya.





Regal Bryant
Age: 35
Height: 189 cm
Weapon: Greaves
VA (Japan): Akio Ohtsuka
VA (English): Dave Wittenberg

Setelah bebas dari hukuman, Regal kembali menjadi presiden Lezerano Company miliknya. Regal yang juga seorang Duke Tethe'alla merasa kecewa dengan sikap warga Tethe'alla yang merendahkan warga Sylvarant. Regal berusaha meyakinkan warga Sylvarant umtuk percaya dengan orang Tethe'alla dengan melebarkan sayap bisnisnya sampai Sylvarant.



Sheena Fujibayashi
Age: 21
Height: 164 cm
Weapon: Cards
VA (Japan): Okamura Akemi
VA (English): Megan Hollingshead

Setelah dua tahun berlalu Sheena sudah menjadi kapten dari para ninja di Mizuho. Posisinya sebagai kapten tidak mengubah kecerobohannya yang selalu jatuh ke dalam lubang. Sheena juga seorang Summoner yang dapat memanggil Summon Spirit yang telah membuat perjanjian dengannya.



Presea Combatir
Age: 28
Height: 150 cm
Weapon: Axe
VA (Japan): Houko Kuwashima
VA (English): Janice Kawaye

Berbeda dengan dua tahun lalu, sekarang Presea lebih banyak mengungkapkan ekspresinya. Walaupun dia masih tidak nyaman dengan keadaan tubuhnya yang tidak sesuai dengan umurnya. Sekarang Presea terus berusaha membangun kembali kampung halamannya, Ozzete yang dihancurkan Cruxis dua tahun lalu.





Lloyd Irving
Age: 19
Height: 178 cm
Weapon: Twin Blade
VA (Japan): Katsuyuki Konishi
VA (English): Brian Beacock

Dianggap pahlawan World of Regeneration karena membantu Collete menyatukan dunia. Kejadian Blood Purge di Palmacosta membuat Lloyd dianggap sebagai pembunuh berdarah dingin yang tidak mengampuni siapapun yang melawan Church of Martel. Lloyd juga terlihat mengincar Centurion Core dan menghalangi Marta serta Emil yang juga mencari Centurion Core.





SOURCE: Tales Wikia

MY IMPRESSION

Game ini cukup singkat kalau kita tidak memerdulikan menangkap monster dan dungeon tambahan. Dalam segi gameplay aku suka karena aku memang suka gameplay Tales series. Tapi yang paling mengecewakan adalah keterbatasan untuk karakter lain. Untuk karakter Symphonia pertama kita tidak bisa mengganti equipment, title dan juga level yang default. Memang jika kita dalam first playtrough dan dalam mode normal mereka sangat kuat. Tapi jika pada playtrough selanjutnya dan mode Hard atau mania mereka semua useless! Kita mungkin akan bergantung pada monster yang bisa level up dengan cepat dan punya status cukup tinggi. Entah apa yang ada di pikiran Namco Tales membuat keterbatasan untuk karakter Symphonia lama dan juga Richter.

Soal monster, menangkapnya harus butuh kesabaran. Walaupun kita sudah memenuhi syarat untuk menangkap monster tertentu tapi bisa saja gagal kalau tidak beruntung. Segi positifnya, kita tidak perlu menangkap monster yang spesifik, kita bisa menangkap satu monster yang dengan jenis yang sama dan membuatnya berevolusi menjadi monster yang kita inginkan. Tapi, kita tidak bisa hanya bergantung dengan para monster karena mereka hanya bisa attack, magic dan beberapa artes. Monster tidak bisa menggunakan item dan jika para karakter manusia mati walaupun monster yang kita bawa masih hidup, otomatis akan game over.

Dalam segi cerita aku punya sesuatu yang tidak kusukai dan kusukai dalam game ini....

Yang tidak kusukai:
Cerita game ini tidak cocok sebagai sekuel, sebenarnya game ini lebih cocok jadi game stand-alone. Karakter Symphonia pertama terkesan dipaksakan masuk ke dalam storyline game ini. Jauh lebih baik mereka hanya jadi cameo saja.

Yang kusukai:
Cerita dalam game ini tidak berat, mudah dicerna. Memang ciri khas tales series ceritanya tidak membuat pusing. Yang lebih penting game ini berakhir bahagia, haha. Semua karakter baru likeable, bahkan karakter seperti Richter. Walaupun ceritanya banyak plothole tapi cukup menghibur. Aku suka Emil, Tenebrae dan Richter <3.

Overall, game ini cukup menghibur bahkan aku main sampai 3rd playtrhough untuk 100% completion, :P apalagi game ini adalah penyegar bagiku yang cerita dalam game lebih banyak yang memusingkan, XD

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top