Cari Blog Ini

Kamis, 05 Januari 2012

[Review-Majalah] Koleksi Majalah Nemuchan

Halo! kali ini aku mau nostalgia koleksi majalahku selama ini. Yang aku bahas di bawah adalah majalah yang masih survive yang tersimpan sampai sekarang :D soalnya majalah yang lain pasti sudah hilang atau ke-loak sama orang rumah T_T

Koleksi majalah yang selama ini aku pernah beli kebanyakan memang majalah game, soalnya aku emang gamer kambuhan sih, ha ha ;P Sampai sekarang yang masih bertahan cuma Animonster dan Zigma, dan belum ada majalah lain yang menarik perhatianku akhir-akhir ini. Nah, daripada basa basi terus, ini dia koleksi majalahku selama ini :

Nama Majalah : Animonster 24
Ukuran Majalah : 28 ½  X 22 cm
Jumlah Halaman : 68 halaman
Penerbit : PT. Megindo Tunggal Sejahtera
Tahun terbit : Februari 2001
Harga waktu beli : Rp.12.500


Komentar:
Animonster yang pertama kali aku punya, udah jadi kayak leluhur Animonster yang aku punya aja he..he.. memang sih, aku sangat-sangat terlambat memulai Animonster ini, meski sebenarnya aku sudah mengenal Animonster waktu masih berbentuk tabloid. Tapi aku saat itu masih orang yang ngga berusaha sungguh-sungguh mencari dan melakukan sesuatu yang aku benar-benar aku sukai, masih pasif, sifat yang merugikan memang tapi kayaknya sekarang pun masih ya he..he..

Nama Majalah :  Anima 6 & 10
Ukuran Majalah : 26 ½ X 19 ½ cm
Jumlah Halaman : 78 halaman
Penerbit :  -
Tahun terbit : 2002
Harga waktu beli : Rp. 15.000


Komentar:
Majalah ini kebetulan aku beli karena membahas Harlem Beat, komik favoritku. Dan edisi yang selanjutnya karena membahas karya-karya CLAMP. Anima hanya membahas sedikit tentang anime dan manga sisanya paling banyak tentang kebudayaan pop jepang yah namanya juga ‘Getting deeper with japanese life style’. Yah, tapi bahasan anime manganya lumayan lengkap juga, meski aku merasa agak sedikit ada yang kurang. Anima cuma aku beli dua edisi saja karena ngga niat berlangganan karena udah ada animonster.

Oh ya, di volume 10 ada yang menarik (dan juga bikin penasaran juga...) ada statement dari Anima soal kepercayaan dan original gitu, ada masalah apa ya? Penasaran juga. Karena aku Cuma beli 2 edisi yang berjauhan jadi masalah seputar Anima jadi ketinggalan gitu, aku sampai sekarang ngga tahu loh, tapi semoga saja masalahnya udah selesai.















Nama Majalah : Anime Info 1 & 13
Ukuran Majalah : Vol.1 :  26 X 19 cm, Vol.13 :  30 X 23.3 cm
Jumlah Halaman : Vol.1 : 50 halaman, Vol.13 : 58 halaman
Penerbit : Vol.1 : PT. Mediantara Infopersada, Vol. 13 : CV. Persada Mediasindo

Tahun terbit :  Vol.1 : 2001, Vol.13 : 2002
Harga waktu beli : Vol.1 : Rp. 9000, Vol.13 : Rp. 20.000


Komentar:
Majalah ini cukup lama juga aku berlangganan, sampai 13 volume sampai akhirnya kondisi keuangaanku tiap bulannya makin kejepit, akhirnya aku berhenti deh, lagian juga makin mahal.

Dulu aku ngga sengaja nemuin majalah ini, tapi langsung suka dari anime jebot sampai yang paling baru ada disini. Anime Info banyak ngebahas anime yang tak terbahas di Animonster, meski bahasannya ngga lengkap hanya sebatas review saja. Ukuran majalah ini dulu ukurannya imut-imut dan bertahan sampai 11 volume sampai akhirnya ‘membesar’ kayak ukuran majalah pada umumnya—tapi ukurannya masih lebih lebar ini loh daripada majalah-majalahku yang lain­­---Majalah ini juga disisipin komik-komik kiriman pembaca lumayan lucu juga, jadi penghilang stress. Majalah ini juga bisa dibilang seperti katalog gitu, aku banyak ‘beli’ juga dari sini, tapi sebatas yang aku minat dan kondisi keuangan saat itu juga sih. Apa majalah ini masih ada ngga ya? Kangen juga he..he..















Nama Majalah : Animix 1, 2 & 5
Ukuran Majalah : 27 ½  X 21 ½ cm
Jumlah Halaman : 66 halaman
Penerbit : PT. Widya Citralikita Uyana
Tahun terbit : 2002
Harga waktu beli : Rp. 15.000


Komentar:
Animix dulunya adalah majalah calon kuat langgananku. Tapi karena aku ketinggalan 2 volume dan tersiar kabar kalo Animix bergabung dengan majalah lain membuat aku cuma bertahan tiga volume ini saja deh. Sebenarnya sayang juga, padahal majalah ini bagus lho menurutku. Apalagi volume dua ini yang paling istimewa bagiku lho! Udah bahasannya tentang Fruits Basket, dapet bonus pin Fruits Basket (sampai sekarang masih ada lho!) dan aku menang kuis berhadiahnya lagi! Asyik banget! Benar-benar kenangan manis!

Nama Majalah : RPG Lover
Ukuran Majalah : 27 ½  X 21 cm
Jumlah Halaman : 66 halaman
Penerbit : PT. Widya Citralikita Uyana
Tahun terbit :  -  (lupa nih he..he..)
Harga waktu beli : Rp. 25.000


Komentar:
RPG Lover ini adalah majalah yang paling ditunggu kedatangannya dan paling lama juga terbitnya ( volume keduanya kok ngga terbit-terbit ya? Padahal ditunggu-tunggu lho!). benar-benar kayak ‘surga’ info bagi penggemar RPG seperti aku ini he..he..hampir semua RPG favoritku dibahas disini, lumayan lengkap. Dan RPG lain yang ngga kupunya bisa aku lihat informasinya disini, hmm bikin penasaran juga lho, pengen deh mainin, hanya saja kebanyakan game keluaran PS1 sih, udah pada langka hiks!

Waktu ketemu majalah ini di toko buku aku dan adikku benar-benar senang banget, tapi sayang ngga jelas tanggal terbitnya, semoga saja diterusin yah, masih banyak RPG lain yang perlu dibahas dan bikin penasaran soalnya he..he..

Nama Majalah : The Complete Final Fantasy VII-X
Ukuran Majalah :  27 ½  X 21 cm
Jumlah Halaman : 114 halaman
Penerbit : PT. Widya Citralikita Uyana
Tahun terbit :  -
Harga waktu beli : Rp. 20.000


Komentar:
Majalah ini aku beli bekas, meski udah tahu lama. Sebenarnya sih baru tahu ada Hotgame edisi spesial ini dari iklan di majalah Final Fantasy World, tapi jelas udah lama dan ngga ada dimana-mana lagi. Cukup lama juga hunting ditoko buku bekas atau kios-kios di dekat rumah dan baru bisa didapat tahun ini he..he..senang juga waktu dapat majalah ini meski bekas. Tapi ya, kok rasanya informasi FF yang ada di majalah ini banyak yang berbeda dari yang aku mainin di gamenya ya? Mulai dari nama dan macem-macem lagi, apa kesalahan cetak ya? Hmm...

Nama Majalah : Hotgame Final Fantasy Pin Up
Ukuran Majalah : 27 ½  X 21 ½ cm
Jumlah Halaman : 53 halaman ( kalo ga salah hitung ya..^^)
Penerbit : PT. Widya Citralikita Uyana
Tahun terbit : 2004
Harga waktu beli : Rp. 25.000


Komentar:
Majalah waktu ketemu langsung aku beli tanpa basa-basi, karena aku dan adikku haus akan gambar dan informasi tentang FF, meski itu pun kalo saat itu ada duitnya he..he..

Cukup banyak pin up yang keren, terutama bonusnya VCD filmography FF. Awalnya aku agak terkecoh lho, kukira isinya trailer FMV gitu, tapi nyatanya tentang perkembangan awal mula FF sampai paling baru ( waktu itu yang paling terbaru itu FF XII ). Lumayan juga, benar-benar memuaskan hanya saja pin up yang ada sudah sering ada, pengennya yang beda gitu, tapi tak apalah!

 Nama Majalah : Final Fantasy World 1
Ukuran Majalah : 27 ½  X 21 ½ cm
Jumlah Halaman : 64 halaman
Penerbit : PT. Widya Citralikita Uyana
Tahun terbit : 2005
Harga waktu beli : Rp. 25.000


Komentar:
Aku sudah lupa bagaimana aku bisa tahu informasi soal majalah ini ( dari iklan atau forum FF yach...? lupa ^ ^) tapi waktu itu aku bahagia banget, bahkan bonusnya gantungan kunci Chocobo! Aku nangis bahagia dech! ( tapi akhirnya aku nangis beneran ketika gantungan kunci kesayanganku yang kupajang di tas ilang, nyangkut entah dimana...hiks! hiks!) benar-benar suatu ‘anugrah’ bagiku dengan adanya majalah ini he...he...ngebahas dengan lengkap abis soal FF, plus gambar-gambar indah dari seri FF yang bahkan aku belum pernah lihat. Semoga majalah ini tetap ada terus yah, karena masih banyak yang belum dibahas dan juga seri FF juga masih belum ada tanda-tanda mau berhenti ( malah semakin banyak!).

Nama Majalah : Hotgame 123
Ukuran Majalah :  27 ½  X 21 ½ cm
Jumlah Halaman : 98 halaman
Penerbit : PT. Widya Citralikita Uyana
Tahun terbit : Juli 2004
Harga waktu beli : Rp. 25.000


Komentar :
Ini Hotgame pertama yang kubeli karena ada bonus CD trailer dari FF VII Advent Children yang dulu katanya adalah game buat konsol next gen (nyatanya film...). selanjutnya aku ngga pernah beli lagi karena berbagai alasan ( bahasannya ngga ada yang membuat tertarik juga mahal...). sepertinya Hotgame ini cukup terkenal juga ya, ( Sangat terkenal!) soalnya banyak bikin majalah sampingan kayak Final Fantasy world,  RPG Lover, dan masih banyak lagi yang lainnya ngga bisa disebutin satu persatu. Tapi karena banyak begitu jadinya jadwal terbitnya banyak yang ngga pasti deh ( kecuali Hotgame-nya sendiri ). Tapi sekarang aku dan adikku mulai membeli Hotgame, yang bekas sih dan itu juga kalau bahasannya menarik dan sekarang jumlahnya juga masih bisa dihitung dengan jari ( dan bekas semua he..he..).  Hotgame lumayan bagus, terutama ada komik Gimboy yang lucu. Sayangnya waktu aku tahu ada komik Gimboy dirilis aku sudah terlambat hiks!

Nama Majalah : Gamestation 125
Ukuran Majalah : 28 ½  X 21 cm
Jumlah Halaman : 116 halaman
Penerbit : PT. Megindo Tunggal Sejahtera
Tahun terbit : Maret 2006
Harga waktu beli : Rp. 25.000


Komentar:
Gamestation ini juga aku beli bekas karena bahasannya menurutku penting, yaitu tentang memaksimalkan HDD PS2, juga tips-nya Suikoden Tactics. Walaupun berniat ingin mengikuti perkembangan dunia Game tapi kantong ngga cukup, jadi bekas pun tak masalah asal masih bagus ya ngga? Jumlah Gamestation yang kupunya pun cuma sedikit, dan kayaknya adikku sudah mulai berpindah kelain hati, meski Gamestation yang ada bahasannya lumayan menarik. Secara keseluruhan Gamestation lumayan juga, meski ngga sebesar sukaku ama saudaranya, si Animonster he..he..

Bahasan Gamestation lumayan lengkap terutama komik ancur-nya yang selalu mengundang senyum. Gamestation lumayan kaya juga ya, selain punya toko sendiri sekarang dia punya acara TV mengenai game disalah satu TV swasta, kalo ngga salah dulu banget pernah ada tapi berhenti. Sekarang tiap minggu aku ngga pernah ketinggalan nonton acara itu he..he..

 Nama Majalah : Ultima Nation 49
Ukuran Majalah :  27  X 20 ½  cm
Jumlah Halaman :  146 halaman
Penerbit :  -
Tahun terbit :  2003
Harga waktu beli : Rp. 20.000


Komentar:
Sebenarnya yang memulai mengoleksi majalah game itu adikku, dan aku juga turut membantu, apalagi edisi ini membahas Final Fantasy dan .hack//Sign. Hunting-hunting majalah bekas cukup menyenangkan, hanya saja baik Ultima maupun Zigma jarang nongol di toko buku bekas entah kenapa. Yang pasti Ultima dari dulu selalu menarik dari tebal halamannya melebihi tebal majalah-majalah game lain pada masanya. Bahasan game dalam majalah lumayan lengkap dan up to date tapi terlalu sedikit menurutku. Selain game Ultima juga ngebahas Anime, Film dan masih banyak yang lainnya. Menurutku hebat juga pada waktu itu Ultima masih memasang harga 20.000 untuk majalah yang tebal banget kayak gitu. Jumlah Ultima yang aku punya bisa dihitung dengan jari ( bisa dihitung lima jari kali...) karena adikku lebih tertarik Zigma, Ultima dibeli kalo bahasannya menarik dan lengkap. Yah begitulah...

Nama Majalah : Zigma 10
Ukuran Majalah : 27 ½  X 20 cm
Jumlah Halaman : 116 halaman
Penerbit : PT.  Dharma Bhakti Press
Tahun terbit : 2005
Harga waktu beli : Rp. 30.500


Komentar:
Zigma kalau ngga salah perubahan dari Ultima deh, sori ngga terlalu tahu, namanya juga beli bekas. Zigma adalah majalah Favorit adikku, jumlahnya sekarang lebih banyak dari pada majalah Game yang lain. Yang menarik dari Zigma bagiku mungkin gameology-nya. Sekarang adikku mencoba berlangganan meski bolong-blong, tapi yang kerasa di Zigma baru-baru ini adalah jumlah halamannya yang makin menipis, kenapa ya....

Gimana? inilah koleksi majalahku sampai saat ini. Kadang-kadang kangen juga pengen beli majalah lain, tapi apa daya... keuangan tak memadai T_T nasib... hiks!





PS: Oh ya, artikel ini kutulis Jan, 2011 di website-ku yang lama, wah udah lama juga yah! setahun! baru aku posting disini sekarang ha ha...

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 komentar:

  1. kalo mau beli majalah tu skrng dmn y ?
    soalnya pngen beli cuma udah ndak da kliatan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah... aku sendiri juga nggak tahu juga yah :(
      soalnya saya beli itu juga udah lama.

      yang aku tahu sekarang penerbit bakal narik majalahnya kalau sudah lewat sebulan (kayaknya kalau nggak salah he he :D)

      mungkin kalau cari2 di toko buku bekas kemungkinan ada, saya sendiri ngais-ngais tumpukan majalah di toko buku bekas buat cari majalah kesayangan yang ketinggalan he he..

      Hapus
  2. The Complete Final Fantasy VII-X n Hotgame Final Fantasy Pin Up dijual ga? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya nggak, semua majalahnya koleksi pribadi. Maaf yah? m(_ _)m

      sayangnya majalah ini udah langka banget bahkan di toko buku bekas. mungkin kalau menghubungi hotgame masih bisa? mungkin lho! :D

      maaf tidak banyak membantu. :)

      Hapus
  3. good night, excuse me. if you dont mind, i ask permission to use one of your image. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi credit ke blog ini yah klo image-nya ada yg kepake.

      terima kasih kembali. ^_^

      Hapus
  4. bisa di potokopi gak majalah final fantasy world nya hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, maaf ga bisa... itu krn melanggar hak cipta. maaf yah ^^

      Hapus

back to top