Cari Blog Ini

Kamis, 27 Juni 2013

Direktori (Tak Resmi) Lingkaran Comifuro 2

Halo, halo~ setelah lama hiatus karena berhibernasi akhirnya kita muncul lagi nih! kali ini aku mau masukin artikel bagus dari blog Kepingan Jepang tentang daftar dan penjelasan singkat para Circle yang ikut dalam Comifuro 2 GJUI nanti, termasuk kita he he #ceileh

Ok deh, sampai jumpa lagi di Comifuro 7 juli mendatang yah? Ciao!
 
Artikel ini dibuat oleh rakwin - Kepingan Jepang.

Bagi yang belum tahu, Gelar Jepang UI akan diadakan bulan depan dan itu berarti Comic Frontier diadakan lagi!

Panitia Comifuro (Comic Frontier) telah menerbitkan daftar lingkaran (circle) yang akan mengikuti Comifuro kali ini dan mereka juga sudah menyiapkan sebuah wiki yang dibuat untuk menampung informasi mengenai tiap lingkaran. Sayangnya, sampai saat tulisan ini diterbitkan, wiki belum berisi banyak. Oleh karena itu, aku berinisiatif membuat direktori lingkaran yang akan membuka lapak di Comifuro.

Aku tidak menjamin kelengkapan dan kebenaran pedoman ini karena aku hanya menampilkan informasi yang bisa kuperoleh dari menelusuri internet. Akan tetapi, aku akan selalu memperbaharui halaman ini bila aku menemukan informasi baru. Untuk lingkaran peserta Comifuro 2, bila ada informasi yang ingin ditambahkan, silahkan beri tahu dan aku akan menambahkannya.

Kalian dipersilahkan untuk mengepos ulang pedoman ini secara penuh atau sebagian di tempat lain dengan syarat kalian harus memasang tetaut yang merujuk ke blog Kepingan Jepang. Mencari informasi membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan mesin pencari, jadi jangan kira pelanggaran syarat bisa lolos dari pandanganku. >:D

Tiap entri lingkaran terdiri dari nama lingkaran itu, nomor booth lingkaran (kalau sudah dipublikasikan), dan komentar singkat tentangnya. Dengan mengklik nama lingkaran, kalian bisa menuju media resmi lingkaran itu bila ada. Walau sebagian besar lingkaran memiliki lebih dari satu media resmi, aku hanya akan merujuk ke media resmi yang memiliki informasi paling lengkap. Komentar berisi tentang deskripsi singkat lingkaran dan jenis karya yang mereka buat. Bila ditemukan, informasi tentang karya yang akan dijual saat acara juga akan dicantumkan.

Alterheart Studio adalah sebuah studio kecil yang membuat karya multimedia. Mereka sudah pernah mengeluarkan sebuah game mobile untuk Nokia berjudul MiawVenture. Belum jelas apa yang akan mereka bawa saat Comifuro nanti, tetapi mereka menyebutkan bahwa mereka sedang mempersiapkan dua proyek baru.

Antareja Comics dibentuk oleh Juli Wiyono, seorang komikus pemula menurut deskripsinya sendiri. Pada Comifuro ini, Juli akan menghadirkan sebuah komik berjudul Antareja and the Deadly Spell of the Traitor, sebuah komik dengan nuansa dunia wayang.

Aphin123 (Booth D3 & D4)
Aphin123 adalah ilustrator yang mempunyai keahlian dalam membuat ilustrasi lelaki tampan. Dia akan menjual tiga komik doujin yang memasangkan tokoh-tokoh dalam serial Evangelion, Shingeki no Kyojin, dan Hetalia. Aphin123 juga akan menjual berbagai barang dagangan seperti kipas dan gantungan kunci.

AtelierAMH (Booth B2)
AtelierAMH adalah kelompok penulis fiksi amatir yang berbasis di subforum Fanstuff forum Kaskus. Waktu Comifuro tahun lalu, mereka menjual buku antologi karya fiksi anggota mereka. Aku belum tahu apa yang akan mereka jual nanti, tetapi kemungkinan besar mereka akan menjual karya yang serupa.

Black Monkey Pro adalah lingkaran yang mengkhususkan dirinya ke karya bernuansa boys love. Mereka akan menjual berbagai macam karya boys love untuk konsumsi orang dewasa dalam bentuk antara lain CG set, game, dan komik.

BunBunBun (Booth D2)
BunBunBun dibuat oleh seorang ilustrator yang memiliki banyak nama. Aku tak tahu nama mana yang ia pakai sehingga aku menggunakan nama yang ia pakai untuk akun Tumblr-nya, Miakyun. Miakyun akan menjual karya doujin berdasarkan game Suikoden, terutama Suikoden IV dan pasangan tokoh Lazlo x Snowe.

CANVAS RANGER (Booth B4)
CANVAS RANGER adalah sebuah komunitas ilustrator di deviantArt. Kegiatannya mereka berpusat di pembuatan kisah yang memuat karakter buatan masing-masing anggotanya. Dalam Comifuro, mereka akan menjual kumpulan komik bertajuk Canvas Ranger Stories, yang terdiri dari beberapa buku komik dengan genre berbeda.

Caterpollar adalah jiyulie. Dari galeri deviantArt-nya, bisa dilhat bahwa jiyulie mempunyai keahlian dalam membuat ilustrasi lelaki tampan. Belum jelas apa yang akan ia jual nanti.

coffeeFURY adalah sebuah studio game yang sudah pernah menerbitkan sebuah game puzzle untuk Android yang berjudul MAGNET. Belum ada kepastian tentang apa yang akan mereka hadirkan di Comifuro, tapi berita yang ada mengatakan bahwa mereka sedang membuat game dengan tema memotong zombie.

DeadLiners mendeskripsikan diri mereka sebagai sekelompok manusia deadliner pembuat komik. Seperti tahun lalu, mereka akan menghadirkan komik semi-autobiografi tentang perjalanan mereka menuju Comifuro, Road to Comifuro 2.

DMIworkshop (Booth E6)
Nama DMI merupakan singkatan dari Desainer Mecha Indonesia. Lingkaran ini adalah sebuah kelompok yang dibentuk sebagai wadah untuk menampung para perancang mecha di Indonesia. Sesuai dengan tujuan mereka, DMI akan menjual komik kompilasi cerita mecha.

Bisa dibilang kalau Dr. Vee Mangaka Club bukan lingkaran dalam arti sebenarnya karena mereka adalah kursus manga yang dibentuk oleh Vivian Vee alias Dr. Vee, komikus Indonesia pertama yang menerbitkan karyanya di majalah komik di Jepang, Shonen Sunday. Belum jelas apa yang akan mereka hadirkan di situ.

Euforia Visual Works (Booth A5 & A6)
Euforia Visual Works adalah lingkaran yang dibentuk oleh Azuki Rei, sebuah ilustrator yang mahir dalam menggambar gadis cantik. Dia akan menjual antara lain pin bergambar gadis cantik dari berbagai serial dan benda yang terlihat seperti komik.

Genshiken adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa di ITB yang berkegiatan dalam bidang budaya visual modern, terutama budaya Jepang. Dalam Comifuro kali ini, mereka akan membuka lapak yang bertema Gakuen Fighter.

Great Conspiracy Theory termasuk lingkaran yang memiliki fokus di bidang pembuatan game. Tahun ini, mereka akan menampilkan karya antara lain permainan kartu berjudul Star of Destiny, komik Touhou Lonely Verse of Distress, dan visual novel 13 Misteri Sekolah.

Aku tidak menemukan media resmi lingkaran ini, tetapi aku berhasil menemukan orang yang terkait dengan lingkaran ini, yaitu hironyan. Dari galeri karyanya, bisa dilihat bahwa hironyan banyak menggambar gadis cantik, terutama tokoh dari game serial Touhou. Salah satu barang yang akan dijual oleh hironyan adalah gantungan kunci tokoh serial Touhou. Belum ada informasi lagi tentang apa yang dijual selain itu.

Infinite leaf adalah Nemuchan dan Dark Lily, pasangan ilustrator dan penulis. Mereka berdua sudah pernah berkontribusi dalam beberapa kompilasi karya doujin, terutama doujin Axis Power Hetalia. Belum jelas apa yang akan mereka hadirkan nanti.

Sesuai dengan asal nama mereka, “kutukan osananajimi”, K.O. Team adalah  sekelompok penggemar pasangan teman sejak kecil. Mereka akan menjual doujinshi yang menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki hubungan pertemanan sejak kecil, antara lain Rikka Hishikawa x Mana Aida dari serial Doki Doki Precure dan Shuuya Kano x Tsubomi Kido dari serial Kagerou Project.

Kaitemita adalah proyek dari AKIPA, sebuah komunitas di UI yang membahas anime, manga, dan game. Proyek ini berupa buku antologi yang memuat karya para anggotanya yang bisa berupa fiksi tulis, komik, ilustrasi, atau foto.

KAORI Nusantara sudah tidak asing lagi bagi penggemar budaya modern Jepang. Forum ini adalah komunitas budaya otaku di Indonesia. Mereka juga merupakan salah satu media partner untuk acara Gelar Jepang kali ini. Belum jelas apa yang akan mereka hadirkan nanti.

Kooroiwwa adalah seorang ilustrator. Beberapa karyanya bisa dilihat di situs resminya. Salah satu karya yang akan ia jual nanti adalah button yang menampilkan tokoh-tokoh dari game DRAMAtical Murder. Mungkin masih ada karya-karya lain yang akan dihadirkan karena di media resminya, terlihat ada beberapa cuplikan karya yang masih dalam tahap pengerjaan.

Terdaftar sebagai Kuro Kuroba, Black Clover Works membuat karya ilustrasi dari anime dan manga. Di situs resminya, mereka memperlihatkan fanbook serial Kingdom Hearts dan beberapa print ilustrasi karya mereka, tetapi belum jelas apakah ini yang akan dijual saat Comifuro nanti.

Lesehan Studio adalah sebuah kelompok komikus yang berasal dari Yogyakarta. Mereka sudah beberapa kali menerbitkan majalah komik Wook Wook. Belum jelas apa yang akan mereka jual nanti, tapi beberapa karya yang sudah mereka terbitkan bisa dilihat di situs mereka.

Lingkar Nandana adalah Nao Julyan. Di Ngomik.com, dia dikenal sebagai snatcher kid yang membuat komik He Is Gynophobic, yang bercerita tentang lelaki yang memiliki fobia terhadap perempuan. Di akunnya, dia menyebutkan bahwa dia sudah mulai menjual komiknya dalam bentuk nyata, jadi ada kemungkinan besar bahwa ia akan menjualnya saat Comifuro nanti.

MARUCLIQUE (Booth A4)
Aku berhasil menemukan halaman resmi MARUCLIQUE, tetapi karena belum rapi, aku menggunakan situs milik salah satu anggotanya, reki. Aku belum tahu apakah MARUCLIQUE merupakan alias atau masih ada anggota lain. Menurut twitter-nya, dia akan menjual pin tokoh dari Amnesia, sebuah game otome, tetapi mungkin dia akan menjual barang-barang lain.

Aku tidak menemukan situs resmi milik Mager Rangers, tapi aku berhasil menemukan akun deviantArt milik salah satu anggotanya, Jessie2169. Dari artikel promosi yang dibuatnya, sepertinya ada dua orang lagi, yaitu siostra-aisu dan romuram. Mereka akan menjual bookmark, postcard, dan print yang dibuat berdasarkan beberapa serial antara lain Dangan Ronpa dan Evangelion. Selain itu, mungkin mereka juga akan menjual sebuah buku antologi mini.

Mutiararizanati membuat komik dengan gaya gambar shoujo dan beberapa karyanya bisa dilihat di akun Ngomik.com miliknya. Belum jelas apa yang akan ia jual nanti.

Di halaman Facebook mereka, NGNGKNGRS mendeskripsikan diri mereka sebagai “GROUP of YOUNG MEN who loves to SPREAD DE LEGS~”. Aku tidak tahu apa yang mereka maksud dari deskripsi itu, tetapi dari ilustrasi para anggotanya, memang terlihat banyak sekali ilustrasi lelaki tampan. Kemungkinan besar, mereka akan menjual barang-barang yang menampilkan lelaki tampan juga.

Peng★Peng (Booth D7)
Peng★Peng adalah kelompok ilustrator yang gemar membuat fanbook dan karya doujin serial favorit mereka. Peng★Peng akan menjual antara lain fanbook serial Magi berjudul Journey, buku cerita bergambar karya orisinal berjudul The Dreamaker, dan gantungan kunci tokoh serial Uta no Prince-sama.

Project KEI termasuk lingkaran yang berkecipung dalam karya multimedia. Lingkaran ini sudah pernah membuat light novel, Hikari no Mizuumi, dan album musik mini, Subliminal World. Sekarang PROJECT KEI sedang membuat game visual novel. Belum ada kepastian tentang apa yang akan mereka hadirkan nanti, tetapi Project Kei menjanjikan akan ada pemunculan perdana salah satu karya barunya.

Tropical★Puff adalah kippouu. Dia mengkhususkan diri ke ilustrasi yuri, terutama pasangan Kyo x Saya dari Puella Magi Madoka Magica. Berdasarkan twitter-nya, dia akan menjual antara lain fanbook Kyo x Saya serta fanbook serial Love-Live!.

Tama-GO! (Booth D6)
Tama-GO! sepertinya belum memiliki media resmi, tetapi dari halaman promosi yang dibuat oleh beberapa anggotanya, bisa dilihat bahwa mereka akan menjual berbagai macam barang dagang seperti gantungan kunci, print, dan badge yang dibuat berdasarkan tokoh dari beberapa fandom seperti Vocaloid dan serial Axis Power Hetalia.

Typo Rangers
Aku tidak menemukan media resmi milik Typo Rangers, tetapi aku berhasil menemukan akun Ngomik milik salah satu anggota mereka yang bernama zwart. Yang dipastikan akan dijual adalah komik karya zwart berjudul Our Precious Time, tetapi masih ada banyak komik yang lain karena dia menyebutkan akan ada karya-karya lain dari anggota Typo Rangers.

VEGE★TABLE adalah sekelompok ilustrator yang menggambarkan diri mereka sebagai sayur-mayur. Dalam Comifuro kali ini, mereka akan menjual antara lain fanbook serial Tales of Symphonia dan pin yang menampilkan tokoh dari serial game Professor Layton.

VOCAPOST (Booth C3 & C4)
Vocapost adalah komunitas penggiat Vocaloid di Indonesia. Dalam Comifuro tahun ini, mereka akan menjual album terbaru dalam seri VOCALO.ID, yaitu VOCALO.ID 3, sebuah album kompilasi lagu Vocaloid karya produser Indonesia. Selain album itu, mereka akan menjual barang-barang dagangan lain.

Zashache (D10)
Dari galeri deviantArt-nya, bisa dilihat kalau Zashache mempunyai keahlian dalam ilustrasi lelaki tampan, terutama ilustrasi yang bernuansa boys love. Akan tetapi, bila dilihat dari akun Twitter-nya, untuk Comifuro ini, dia akan menjual barang dagangan berupa pin. Belum jelas apakah Zashace akan menjual ilustrasi lelaki tampannya.

Sumber

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top