Cari Blog Ini

Minggu, 01 Februari 2015

Dark lily's Experiment Point 2014

Pojok ini adalah lanjutan dari Dark lily's Game of The Year. Karena aku cuma bahas game yang kumainkan jadinya judulnya kuganti jadi ini :D
Karena aku bukan tipe gamer yang memainkan game yang lagi hype pada jamannya karena baru kenal/ baru tertarik memainkannya (ada juga yang baru ada translasinya *ups*), jadi kebanyakan cuma game jadul XD tapi tahun lalu didominasi dengan game Nintendo 3DS!

NINTENDO 3DS


Crimson Shroud

Developer: Nex Entertainment / Level 5
Release: December 13, 2012
Genre: Adventure RPG

Game ini adalah salah satu game dari kompilasi Guild 01 yang ada di Jepang. Tipe gameplaynya unik karena baru pertama kali aku memainkan table-top RPG. Ceritanya menarik dan ada dua ending. Bagi penggemar Yasumi Matsuno (pembuat FF XII, FF Tactics) pasti akan menyukai game ini.



Attack of The Friday Monsters!

Developer: Level 5
Release: July 18, 2013
Genre: Life Simulation

Walaupun genrenya dibilang Life Sim tapi gameplaynya seperti card battle dengan sistem gunting-batu-kertas. Ceritanya tentang kehidupan anak-anak SD yang masih mempunyai imajinasi setinggi langit dan berpetualang di sekitar desa mereka. Heartwarming story but...weird.



Liberation Maiden

Developer: Grasshopper Manufacture / Level 5
Release: October 25, 2012
Genre: Shooter Game

Sebenarnya aku nggak begitu suka dengan shooter game, tapi karena ini buatan Level 5 aku tertarik untuk mencoba. Gameplaynya ternyata cukup menyenangkan, nggak begitu sulit. Sayangnya ceritanya terkesan seperti prolog (dan memang ada sekuelnya di PS3)



Witch & Hero

Developer: FK Digital / CIRCLE Entertainment
Release: April, 18 2013
Genre: Action RPG

Game ini bernuansa jadul karena graphicnya menggunakan style 8-bit. Gameplaynya pun hanya membuat karakter (Hero) "ditubrukkan" ke musuh. Tapi hati-hati karena HP Hero juga akan berkurang dan ada juga Witch yang harus kita jaga jangan sampai dia dihajar musuh karena kalau Witch mati maka game over. Menyebalkan memang, tapi aku suka game ini karena bikin penasaran dan yang jelas menyenangkan.



Bravely Default

Developer: Silicon Studio / Square Enix
Release: February 7, 2014
Genre: Turn-based RPG

Game yang mengikuti ciri khas Final fantasy klasik yang memiliki sistem job, summon, cerita mengenai Crystal ada semua di Bravely Default. Awalnya sempat pupus harapan kalau game ini bakal masuk ke US, betapa bahagianya diriku karena akhitnya bisa mainin game ini. Gameplaynya menyenangkan  dengan banyak pilihan Job dan abilty. Banyak fitur berguna seperti No Encounters dan mengubah difficulty. Musiknya sangat bagus dari composernya REVO. Ceritanya nggak terlalu berat tapi agak bertele-tele.



Professor Layton and The Azran Legazy

Developer: Level 5
Release: February 28, 2014
Genre: Adventure Puzzle Game

Serial terakhir dari double trilogy Professor Layton. Misteri tentang ruin dan tentang Professor Layton terkuak disini. Nggak seperti serial sebelumnya, petualangannya tersebar ke berbagai tempat di dunia. Puzzlenya tetap menyenangkan dengan banyak mini game ciri khas game ini membuat game ini tambah fun.



Professor Layton vs Phoenix Wright: Phoenix Wright

Developer: CAPCOM / Level 5
Release: August 29, 2014
Genre: Adventure Puzzle Game

Crossover dua game Visual Novel favorit dalam satu game rasannya HYPE! sama seperti Bravely Default game sangat lama masuk ke barat. Campuran memecahkan puzzle tidak lupa aksi Phoenix Wright di pengadilan ada semua disini. Musik dan composer Professor Layton menambah nilai plus.



Fantasy Life

Developer: Level 5
Release: October 24, 2014
Genre: Action RPG

Game lucu ini penuh dengan hal lucu dan imut. Dengan gameplay yang solid dengan berbagai macam Job [Life] dengan masing-masing keuinikan. Setiap Life punya cerita dan skill masing-masing membuat kita mau mengambil semua Life. Ceritanya sederhana dan penuh dengan joke, semua dialognya pun diselingi dengan joke.



Theatrhythm Final Fantasy Curtain Call

Developer: Indies Zero / Square Enix
Release: September 16, 2014
Genre: Rhythm RPG

Sekuel dari game rhythm dari lagu-lagu Nostalgia Final Fantasy. Pilihan lagu juga lebih banyak dari sebelumnya. Kali ini tidak hanya dari Final Fantasy utama tapi juga serial lain seperti FF Crystal Chronicles bahkan Final Fantasy VII Advent Children. TFF kali ini jauh lebih menyenangkan karena ada battle online sesama player dan juga quest yang membuat kita nggak cepat bosan.

PLAYSTATION PORTABLE / PLAYSTATION



Gensosuikogaiden Vol.1 & Gensosuikogaiden Vol.2

Developer: Konami
Release: September 21, 2000 & March 22, 2001
Genre: Visual Novel

Ini sebenarnya dua game tapi ceritanya saling berhubungan langsung. Cerita dari setting diantara dan juga sesudah Genso suikoden II dengan tokoh utama Nash Latkje. Berbeda dengan game asalnya, game ini nggak ada battle. Kita hanya melihat perjalanan Nash yang mencari tahu tentang 27 True Rune. Sayangnya ceritanya nggak mengungkapkan apa pun tentang True Rune ataupun tentang Harmonia.


Tales of Phantasia

Developer: Namco
Release: December 23, 1998
Genre: RPG

Tales yang jadi awal dari serial Tales games. Dengan ini sudah 5 game Tales yang aku mainkan (baru dikit...). Walaupun aku memainkannya di tahun 2010-an tapi ceritanya terlihat menarik untuk diikuti. Skit disini hanya berupa petunjuk arah tapi kadang ada juga interaksi lucu antar karakter, hal yang paling aku sukai di Tales. Gameplaynya juga masih sederhana tapi menyenangkan yang menyebalkan hanya leader party sering bolak-balik sendiri (di semi-auto mode)


Grand Knight History

Developer: Vanillaware
Release: September 1. 2011
Genre: RPG

Game ini dari pembuat Odin Sphere dan Grimgrimoire makanya aku tertarik untuk memainkannya apalagi sistem gameplaynya juga turn-based RPG dengan sistem pilihan job. Game ini lebih fokus untuk online multiplayer karena itu solo mode/story mode sangat sebentar. Tapi untuk Story mode kita bisa memilih 3 rute yang bisa kita pilih.


Final Fantasy Type-0

Developer: Squarre Enix
Release: October 27, 2011
Genre: Action RPG

Game yang paling ditunggu translasinya sepanjang sejarah dunia game ini (nggak berlebihan lho, emang bener) akhirnya bisa kumainkan juga. Untuk ukuran game PSP game ini cukup "besar". Kita bisa memilih 14 karakter dengan senjata unik masing-masing dengan kostumisasi yang agak terbatas jadi agak menyebalkan. Ceritanya lebih fokus ke perang yang terjadi. Cerita tentang 12 tokoh utamanya hanya dapat porsi di akhir-akhir (walaupun kita bisa pakai mereka dari awal sampai akhir)

NINTENDO DS


Trace Memory

Developer: Cing
Release: September 25, 2005
Genre: Point-and-click adventure

Aku tertarik game ini karena dari developer yang sama dengan Hotel Dusk. Dan juga aku sedang mengincar visual novel puzzle seperti ini. Puzzlenya sederhana tidak begitu sulit. Ceritanya ada unsur supranatural+sci-fi dan lumayan bikin penasaran.



Hotel Dusk: Room 215

Developer: Cing
Release: September 25, 2005
Genre: Point-and-click adventure

Awal mula aku nemu game ini karena aku mau game seperti Professor Layton. Ketika aku main game ini langsung terpesona dengan artworknya yang seperti arsiran pensil  Unik sekaligus chara design yang bagus. Sama seperti Trace memory puzzlenya sederhana karena ini hanya game point-and-click. Ceritanya juga lebih serius dan pilihan kita berpengaruh untuk ending.


Last Window: The Secret of The Cape West

Developer: Cing
Release: September 17, 2010
Genre: Point-and-click adventure

Sekuel langsung dari Hotel Dusk. Masih menggunakan gameplay yang sama dengan sebelumnya, tidak ada yang jauh berubah. Visual jadi lebih baik dan gerakannya tambah halus. Ceritanya sekarang lebih fokus tentang tokoh utama dan kita bisa tahu sedikit tentang masa lalu Kyle Hyde.


Gyakuten Kenji 2

Developer: CAPCOM
Release: February 3, 2011
Genre: Adventure

Lanjutan dari Ace Attorney Investigation dengan tokoh utama masih dengan Miles Edgeworth. Gameplaynya juga masih mirip dengan tambahan "Chess Logic" yang menggunakan waktu dan juga pilihan yang tepat untuk bertanya ke saksi. Ceritanya jauh lebih kompleks dan seperti Ace Attorney Trials & Turbulation, ada kasus masa lalu dan kita akan mengendalikan karakter lain.



Ghost Trick: Phantom Detective

Develoer: CAPCOM
Release: January 11, 2011
Genre: Adventure Puzzle Game

Sejak aku mengenal Ace Attorney, aku selalu dengar judul game Ghost Trick karena dari pembuat cerita yang sama. Akhirnya aku pun mencoba dan akhirya....KETAGIHAN! Puzzle disini sangat berbeda dengan Professor Layton ataupun Ace Attorney, disini kita harus mengendalikan benda dengan batas waktu tertentu agar cerita berlanjut. Menggerakkan bendanya pun tidak bisa sembarangan karena kalau salah bisa game over. Ceritanya pun intense dan selalu bikin penasaran akhirnya aku memainkannya tanpa tidur XD Ceritanya benar-benar mengejutkan dan tidak bisa ditebak.


Hal menarik di tahun 2014 ini masing-masing console/handheld yang kumainkan ini ada keunikannya. Game 3DS hampir semua game dari Level 5, Game PSP/PSX semua hasil fans translation dan game NDS semua game adventure-puzzle-like. Aku baru sadar waktu bikin post ini lol. Untuk tahun ini untuk game lama, aku sedang menunggu translasi yang lain. Untuk 3DS game masih banyak nunggu antrian (untuk dibeli) seperti Cooking Mama series. Banyak juga game PS3 yang menarik tapi belum bisa kumainkan...apakah EXP-ku bisa naik level tahun ini....

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top