Cari Blog Ini

Kamis, 07 April 2011

[Review-Manga] Wind Rider by Is Yuniarto

Halo! mulai sekarang aku mau membahas komik2 lokal yang kukoleksi selama ini. Memang nggak semuanya sih, tapi aku bakal kasih list koleksi komik lokal yang kupunya selama ini dan akan mereview-nya beberapa, baik dari Elex hingga yang sekarang yaitu Koloni. Ok deh, selamat membaca!

Warning : Kemungkinan spoiler dan Bandwidth killer!


Judul : Wind Rider
Artist/Author : Is Yuniarto & John G. Reinhart
Penerbit : Elex Media Komputindo
Genre : Sci Fi, Adventure
Tahun : 2005
Summary :  
Bersiaplah memasuki abad langit, dan bertualang melintasi peradaban di atas awan, mengunjungi kota-kota melayang, mengendarai angin, mengarungi suatu dunia dimana daratan adalah suatu misteri, serta langit adalah lautan yang penuh bahaya...







Komentar :
Sejak pertama aku melihat buku ini, aku udah merasa buku ini bakalan hebat, lagipula artist-nya adalah artist favoritku sejak di komik kumpulan peserta lomba komik Animonster (tahun berapa aku lupa he he ;p). Makanya aku langsung aja membeli komik ini tanpa basa-basi. Kalau aku mau beli komik baru pertama-tama pasti lihat gaya gambarnya dulu baru kedua ceritanya, menurut seleraku atau bukan, mood dan yang pasti kondisi keuangan saat itu he he...(Benar-benar curhat nggak penting...). Setelah membacanya aku nggak menyesal membelinya, benar-benar membuatku berdebar-debar! aku sudah lama pengen ada komik seperti ini dari segi cerita, imajinasinya benar-benar hebat dan mendetail seperti sedang memainkan game rpg dalam sebuah komik. Ok sebelum aku ngalor ngidul nggak karuan, ini adalah beberapa karakter yang ada dalam Wind Rider:

Roullete Otovic

Rou adalah seorang pemuda yang berprofesi sebagai petugas pembersih awan asam. Dia sangat membenci Wind Breaker yang dianggapnya penyebab utama awan asam semakin pekat dan buang-buang uang padahal sebenarnya ia sangat mengagumi prinsip Wind Rider. Ayahnya adalah seorang pembalap yang meninggal karena kecelakaan ketika mengikuti kejuaraan Wind Breaker. Pertemuannya dengan Mel telah membawanya menuju petualangan seru hingga penghujung langit demi menguak rahasia legenda lembah sayap patah.

Aku suka tokoh Rou ini, tokoh tipikal hero yang ceria juga agak konyol. Ia menjadi hero bukan karena kekuatan ajaib tapi karena keberanian dan pantang menyerah, oh ya, dan juga keberuntungan dari pengetahuannya terhadap angin. Punya masa lalu yang cukup menyedihkan, tapi itu justru yang membuat tokoh Rou seperti sekarang ini. Ngomong-ngomong Rou sangat keren kalau rambutnya jatuh ke dahi ha ha...

Mel

Nama aslinya adalah Melvina Julikova. Dia adalah seorang reporter muda yang sangat mengagumi Griffen seorang pembalap Wind Breaker yang sedang naik daun. Berusaha mewawancarainya dengan segala cara bahkan dengan diam-diam sekalipun. Mel memaksa Rou mengantarnya ke ibukota untuk mengejar Griffen karena Rou sudah mengacaukan wawancaranya dan merusak motornya. Awalnya Rou dan Mel sering cekcok tapi seiring waktu mereka pun menjadi akrab dan menjadi sahabat yang terpercaya.

Heroine dalam Wind Rider ini memang tidak terlalu istimewa, tapi justru dialah pendukung nomor satu hero dalam setiap perjalanannya. Mereka memang pasangan yang manis menurutku he he...


Griffen Vorkowski

Seorang pembalap Wind Breaker no. 1 saat ini yang dikagumi banyak orang. Orangnya sangat gaya dan perfeksionis setiap bicara pasti akan diakhiri dengan kata-kata mutiaranya nan puitis. Ia punya motor Typhoon yang sangat ia sayangi bagai seorang pacar. Bagai seorang selebriti ia pun hanya menginap di hotel yang mahal. Karena ketenarannya ia pun disewa pengusaha kaya untuk mencari putranya yang hilang, yang tentu saja langsung disetujui oleh Griffen dengan gaya tentunya.



Griffen adalah "tokoh penyegar suasana" menurutku, tingkah lakunya yang necis ternyata hanya kamuflase dari sifat aslinya yang konyol dan agak pengecut. Tapi aku suka tokoh ini soalnya lucu XD


Nikolayev

Seorang pengusaha kaya raya yang menyewa Griffen, seorang pembalap Wind Breaker yang terkenal untuk mencari putranya yang hilang bernama Ikarov. Ia bahkan telah menyediakan segalanya buat Griffen bahkan menyewa pengawal elit untuk menemani Griffen dalam pencariannya. Sekilas ia tampak seperti seorang ayah yang sangat menyayangi putranya tapi apakah itu sifat aslinya?


Baron

Salah seorang pengawal elit yang di sewa oleh Nikolayev untuk menemani Griffen. Orangnya tak banyak bicara dan terkesan misterius, tapi ia punya kemampuan yang sangat hebat sehingga Rou curiga padanya bahwa ia bukan sekadar pengawal biasa.




Daedarov

Pemilik benteng terbang Volgograd (mirip Zeppelin dan kapal selam yang dijadikan satu XD) ini dahulu pernah menyelamatkan Rou waktu masih kecil. Kali ini ia pun menyelamatkan Rou yang hampir celaka karena masuk ke dalam badai untuk menolong Mel. Ia tampak seperti paman yang bijaksana yang sudah makan asam garam kehidupan bahkan menolong Rou dalam perjalanannya. Tapi meskipun begitu ia masih menyembunyikan rahasia, baik dari Rou maupun Mel.




Pedro & Diego

Awalnya mereka dicurigai karena telah berusaha mencuri mesin motor Typhoon milik Griffen. 2 orang yang berpakaian ala orang Meksiko ini ternyata adalah anak buah Daedarov yang sedang mengemban sebuah misi rahasia.






Wind Rider ini memang penuh dengan bahasa dan budaya Rusia, dari nama orang, kota dan lainnya juga background kotanya yang futuristis. Tapi menurutku cocok kok he he... Juga Semua kendaraan yang ada dalam komik ini, benar-benar keren dan detail, nggak kalah dengan komik Jepang!

Oh ya, ngomong-ngomong soal pengarangnya, aku memang sudah mengenal Is Yuniarto dari Lomba komik dari Animonster, tapi baru tahu John. G Reinhart dari buku ini. Oh ya, karena aku masih menyimpan kumpulan komik lomba Animonster, dan ini teaser dari karya Is yang aku tahu:


Kayaknya Is Yuniarto senang dengan genre Sci-Fi yah? sayang aku nggak tahu judul dari komik diatas dan cuma beberapa halaman aja karena memang untuk keperluan lomba, padahal aku penasaran loh ama kelanjutannya, sayang hiks! Saat ini yang aku tahu Is Yuniarto sudah ngeluarin komik "Knights of Apocalypse" dan "Garudayana" aku memang mengikuti keduanya dan kapan-kapan akan kubahas he he...

Oh ya, kalau buat John G. Reinhart, aku nggak begitu tahu informasi tentang orang ini, masih misteri...(he he bercanda). Kalau yang pernah aku lihat dari Facebook teman, karya John benar-benar keren!! sayang cuma beberapa saja yang bisa aku lihat... T_T tapi aku suka gaya gambarnya, suasananya  juga banyak kata-kata puitis yang keren. *sigh* aku benar-benar mengagumi kedua orang ini... (Duh! lagi-lagi curhat nggak penting! he he...)

Baru-baru ini Wind Rider keluar lagi versi revisi kalau nggak salah, tapi aku nggak beli karena kejepit keperluan bulanan yang mencekik! pas udah ada uangnya sudah ada, komiknya menghilang...hiks! nasib...

Ok deh, sekian review Wind Rider dariku yang Gaje dan penuh dengan ngalor-ngidul dariku ini he he... semoga industri komik Indonesia semakin berkembang dan tambah keren!! Cheers!

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

  1. Terima kasih atas reviewnya yang bagus. Senang rasanya masih Ada yang juga suka komik ini.

    BalasHapus

back to top