Cari Blog Ini

Rabu, 24 Agustus 2011

[Review-Anime] Kuroshitsuji


"You shall never betray me. You shall never leave my side. No matter what!"



Kuroshitsuji (dalam bahasa Inggris artinya Black Butler) adalah anime yang diadaptasi dari manga hasil buah karya Yana Toboso dengan judul yang sama. Di Jepang sendiri anime ini mempunyai 2 season dimana 24 episode untuk season pertama dan season kedua sebanyak 12 episode. Untuk Manganya sendiri sampai sekarang masih berlanjut sampai volume 12.

Ceritanya berada pada setting Inggris ketika masih dipimpin oleh ratu Victoria. Disanalah ada seorang bangsawan yang tinggal di sebuah manor besar di dekat hutan, bangsawan itu bernama Ciel Phantomhive. Tapi yang membedakannya dengan bangsawan Inggris yang lain adalah karena dia masih 12 tahun sudah menjadi kepala keluarga Phantomhive dan juga karena dia adalah “Anjing penjaga” Ratu yang bertugas menjaga stabilitas yang terjadi di “dunia belakang” negara tersebut. Ciel tidak sendirian dalam menjalani pekerjaannya, dia didampingi oleh butlernya yang setia, Sebastian Michaelis. Sebagai Butler, Sebastian mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga dengan sangat sempurna tanpa cacat. Sampai-sampai pelayan-pelayan lain di rumah Phantomhive kebanyakan hanya bersantai. Ketrampilan yang dipunyai Sebastian bukan karena dia adalah manusia yang bisa segala hal, tapi karena dia adalah iblis yang dikontrak Ciel dan harus mematuhi perintah Ciel apapun itu. Sebagai gantinya, Sebastian akan melahap jiwanya ketika keinginan Ciel tercapai, yaitu menemukan pembunuh orang tuanya. Selain iblis, Ciel juga berurusan dengan Shinigami yang kadang-kadang mengganggu pekerjaanya.

Staff:

Animation Production: A-1 Pictures
Director: Toshiya Shinohara (season I), Hirofumi Ogura (Season II)
Original creator: Yana Toboso
Character Design: Minako Shiba
Art Director: Hiromasa Ogura (Season I), Manabu Otsuzuki (Season II)
Music: Taku Iwasaki

OP & ED Song Kuroshitsuji:
Opening Theme:
"Kiss of Monochrome" by SID

Ending Theme:
"I'm ALIVE!" by BECCA
#2: "Lacrimosa" by Kalafina

OP & ED Kuroshitsuji II:

Opening Theme:
"SHIVER" by the GazettE

Ending Theme:
"Bird" by Yuya Matsushita
#2: "Kagayaku Sora no Sijima ni wa" by Kalafina
Insert song:
"Kagayaku sora no Shijima ni wa" by Kalafina (ep 12)

Source: ANN 
"I am simply one hell of a butler."

Ciel Phantomhive

Walaupun terlihat masih bocah, tapi sikap dan pembawaan Ciel sudah seperti kepala bangsawan yang angkuh dan sombong. Makanya dia sering tidak disukai orang lain karena dianggap sok dewasa. Selain kepala keluarga, Ciel juga pemimpin perusahaan Phantomhive. Akibat dari kontraknya dengan Sebastian, mata kanan Ciel mempunyai tanda kontrak dan dia harus selalu menutupinya agar tidak ketahuan orang lain. Demi pekerjaanya sebagai “anjing penjaga” ratu, Ciel tidak ragu melakukan cara apapun, sekalipun cara yang dilakukannya terlihat kejam. Tapi dibalik itu semua Ciel mempunyai hati yang baik dan perhatian.
Seiyuu: Maaya Sakamoto

Sebastian Michaelis

Butler tampan yang selalu tersenyum ini rela menjadi pelayan Ciel demi mendapatkan jiwa Ciel nantinya. Walaupun statusnya adalah butler, Sebastian tidak pernah ragu mengkritik kesalahan majikannya bahkan juga sering mencibirnya yang membuat Ciel kesal. Selain terampil, Sebastian juga sangat kuat dalam adu fisik. Sangat menyukai kucing dan sangat menyesali tidak bisa memelihara kucing karena dilarang Ciel. Tanda kontraknya dengan Ciel berada di tangan kirinya yang selalu disembunyikannya dengan sarung tangan.Satu hal yang tidak pernah dilakukan Sebastian adalah berbohong.

Seiyuu: Daisuke Ono

Alois Trancy

Sama seperti Ciel, Alois adalah kepala keluarga bangsawan Trancy diumurnya yang masih muda. Tapi kebalikannya, Alois selau bersikap egois dan manja. Dia pun selalu memakai kekerasan fisik pada pelayan-pelayannya. Kepercayaannya terhada Claude sangat besar karena itu dia mudah dimanfaatkan oleh butlernya sendiri. Awalnya dia percaya kalau yang membunuh adiknya adalah Sebastian makanya Alois setuju dengan rencana Claude mengambil Ciel. Sampai akhir hayatnya pun Alois tetap menganggap Claude sebagai orang yang penting baginya walaupun dia sendiri tahu kalau dia cuma dimanfaatkan. Tanda kontraknya dengan Claude ada pada lidahnya.

Seiyuu: Mizuki Nana

Claude Faustus

Butler berkacamata ini adalah iblis yang mengikat kontrak dengan Alois. Sebagai butler Claude sangat loyal dan patuh dengan semua perintah Alois tanpa membantah agar majikannya selalu senang. Sebelum mengikat kontrak dengan Alois, Claude sudah mengetahui tentang masa lalu Alois yang sebenarnya untuk bisa menghasut Alois memebenci Sebastian. Walaupun mengikat kontrak dengan Alois, sepertinya Claude tidak tertarik memakan jiwanya. Dia hanya tertarik jiwa yang sudah incar dari dulu dan berusaha merebutnya.

Seiyuu: Takahiro Sakurai

Elizabeth Midford

Sepupu Ciel dari pihak ayah ini sebenarnya adalah tunangannya. Sangat ceria dan menyukai benda dan hal imut. Saking sukanya, rumah bahkan seluruh orang di rumah Ciel jadi “korban” karena dianggapnya kurang imut. Berbeda dengan Ciel, Elizabeth bersikap seperti anak pada umumnya tapi sikapnya masih manja dan terlalu kekanak-kanakan. Setelah kematian orang tua Ciel dan mengakibatkan menghilangnya Ciel membuat Elizabeth sedih tapi ketika Ciel sudah kembali, Elizabeth menjadi senang dan selalu berusaha membuat Ciel bahagia dan tidak kesepian. Dia selalu meminta Ciel memanggilnya dengan Lizzie.

Seiyuu: Yukari Tamura

Angelina Durless-Barnett

Wanita yang lebih dikenal dengan Madam red ini adalah adik dari ibu Ciel, yang secara otomatis dia adalah bibi Ciel. Orangnya sangat ceria dan menyukai pesta, ciri khasnya adalah pakaiannya yang selalu merah dari atas sampai bawah. Sebagai bibi, dia sangat menyayangi Ciel seperti anaknya sendiri. Bahkan sebelum orang tua Ciel meninggal, Angelina sering merawat Ciel dan Elizabeth ketika mereka masih kecil. Madam red juga adalah seorang dokter, tapi sayang kemampuannya itu dia pakai bukan untuk menyembuhkan orang.

Seiyuu: Romi Paku

Undertaker

Pengurus pemakaman di Inggris selain itu dia juga bekerja sebagai informan. Ciel selalu minta bantuan darinya jika berurusan dengan pekerjaan “dunia belakang”. Ciel selalu enggan meminta pertolongannya karena dia selalu meminta hal mustahil, harus bisa membuat dirinya tertawa terbahak-bahak, selain itu sikapnya yang juga aneh. Karena dia adalah pengurus makam, informasi yang bisa diambil darinya pastinya seputar mayat yang mati misterius. Ada indikasi Undertaker berhubungan dengan Shinigami.

Seiyuu: Junichi Suwabe

Hannah Anafellows

Maid rumah keluarga Trancy yang pendiam dan paling sering disiksa Alois. Walau sering disiksa Hannah tidak pernah melawan maupun mengeluh, dia menerima semua itu apa adanya. Kebalikannya di depan Alois, di depan musuh Hannah sangatlah kuat. Dari balik bajunya terdapat banyak senjata, dari senjata tajam sampai senjata api. Bagai dari dalam tubuhnya terdapat pedang Laevateinn yang sering dipakai Claude untuk bertarung dengan Sebastian. Dalam segi kesetiaan, Hannah jauh lebih setia dan tulus terhadap Alois. Sayangnya Alois tidak pernah menyadarinya.

Seiyuu: Hirano Aya

Lau

Pria kebangsaan Cina ini adalah kepala cabang perusahaan dagang Shanghai cabang Inggris. Dari luar kelihatannya dia hanya menjual barang yang normal-normal saja, tapi sebenarnya dia juga menjual barang-barang ilegal ke Inggris. Ciel berusaha menutupi “kejahatannya” dengan menukarnya dengan informasi yang berguna bagi Ciel atau membantunya jika kesulitan. Sikapnya sangat easy-going dan santai, bahkan ke Ciel pun dia tidak ragu bersikap seenaknya yang membuat Ciel selalu kesal. Walau selalu membantu kadang-kadang Lau juga bisa membuat Ciel kesulitan.

Seiyuu: Koji Yusa

Soma Asman Kadar

Pangeran dari Bengala, India ini tidak sengaja bertemu Ciel ketika mencari pelayannya yang hilang. Karena menganggap sudah menolong Ciel, Soma dengan seenaknya mengecap Ciel adalah teman yang tentu saja ditolak oleh yang bersangkutan. Awalnya Soma bersikap seperti pangeran manja dan egois tapi setelah di-”nasehati” Sebastian, Soma menjadi sedikit dewasa. Setelah urusannya selesai Soma tidak langsung pulang ke India karena ingin belajar menjadi orang berguna. Akhirnya Ciel memberinya pekerjaan mengurus rumahnya yang lain di London (sebagai taktik agar Soma pergi jauh dan tidak menganggunya). Soma mempunyai butler yang sangat kuat dan selalu mendampinginya kemanapun bernama Agni.

Seiyuu: Shinnosuke Tachibana

Agni
 
Butler Soma yang sangat setia dan selalu berada disamping Soma kapan pun dia berada. Demi tuan yang dia anggap dewa itu juga dia rela melakukan apa saja walaupun harus dibenci oleh Soma. Sifatnya agak polos tapi kekuatannya sangat kuat bahkan sebanding dengan Sebasitian. Tangan kanannya disebut tangan dewa karena berkat tangan itu dia bisa membuat kari yang paling enak.

Seiyuu: Hiroki Yasumoto




Grell Sutcliff

Shinigami yang selalu menganggu Sebastian sejak pertama kali mereka bertemu ketika kasus Jack the Ripper. Sejak bertarung dengan Sebastian Grell jadi sangat tertarik dengannya dan kalau ada kesempatan bertemu Grell selalu ingin dekat dengannya. Awalnya dia adalah butler Madam red, tapi dengan kepribadian yang jauh berbeda. Senjatanya sebagai Shinigami adalah Chainsaw.

Seiyuu:Jun Fukuyama




Willian T. Spears

Shinigami yang selalu memarahi Grell kalau dia selalu melakukan kesalahan dalam pekerjaan. Orangnya sangat strict dan taat peraturan. Walau kelihatannya workaholic tapi William tidak suka beban pekerjaan yang banyak. Sangat benci dengan Sebastian karena dia tidak suka dengan iblis dan selalu curiga dengan Sebastian. Senjatanya adalah semacam gunting yang bisa memanjang.

Seiyuu: Noriaki Sugiyama



Ronald Knox

Berbeda dengan dua Shinigami lainnya, Ronald terlihat lebih santai dan ceria. Orangnya juga suka pesta, karena itu dia mau menyelesaikan pekerjaan dengan cepat supaya bisa mengikuti pesta. Ronald juga yang paling junior dari Grell dan William. Senjatanya semacam pemotong rumput yang bisa memotong apa saja.

Seiyuu: Kenn





Bardloy

Pria berkebangsaan Amerika ini adalah chef keluarga phantomhive. Tapi tidak ada satupun masakan yang berhasil disajikannya, semuanya pasti berakhir gosong karena dia memakai flamethrower untuk memasak. Tidak hanya itu, dapur juga ikut hancur karenanya. Dibalik ketidakmampuannya dalam hal memasak, Bard memiliki kemampuan strategi dan kemampuan bertarung yang hebat. Kemampuannya itu selalu dipakainya demi melindungi rumah dan tuan rumah Phantomhive.

Seiyuu: Hiroki Touchi



Finnian

Tukang kebun keluarga Phantomhive ini mempunyai kekuatan yang sangat kuat dibalik tubuhnya yang kecil. Bahkan pohon besar pun bisa dia angkat dengan mudah. Karena kekuatannya itu dia lebih sering menghancurkan kebun daripada merawatnya. Sikapnya sangat ceria dan polos yang membuat Sebastian sering pusing kepala.

Seiyuu: Yuuki Kaji





Maylene

Maid rumah keluarga Phantomhive yang ceroboh dan selalu terjatuh karena pandangannya kurang jelas. Sebenarnya dia bisa melihat normal tanpa kacamatanya, tapi karena kacamata itu adalah pemberian dari Ciel dia tidak mau melepaskannya. Maylene sangat tertarik dengan Sebastian dan selalu terpesona jika berada didekatnya. Maylene juga adalah penembak jitu yang bertugas melindungi rumah Phantomhive.

Seiyuu: Emiri Katou



Tanaka

Steward di rumah keluarga Phantomhive. Selalu nampak dengan bentuk Chibi sambil minum teh dengan tenang dan anehnya Sebastian tidak pernah memarahinya sekalipun dan membiarkannya begitu saja. Tanaka juga tidak banyak bicara dan selalu tertawa dengan tenang, walau begitu dia sangat kuat dan bisa membanting orang yang berusaha menyusup atau menyakiti orang-orang di rumah keluarga Phantomhive.

Seiyuu: Shunji Fujimura



Thompson, Timber, dan Cantebury

Tiga pelayan ruah keluarga Trancy yang masing-masing adalah tukang kebun, chef, dan steward. Mereka selalu terlihat bertiga dan tidak pernah bicara. Kalaupun bicara mereka akan berbisik satu sama lain. Selain dengan Alois, mereka juga patuh pada Claude bahkan pada Hannah sekalipun. Kekuatan mereka juga sangat tinggi jika mereka bertiga menyatukan kekuatan.

Seiyuu: Suzumura Kenichi




Ash Landers

Butler setia ratu Victoria dengan pakaiannya yang serba putih. Karena ratu tidak pernah bicara secara langsung, Ash-lah yang menjadi mediator ratu dengan orang lain, dia juga tidak pernah jauh dari ratu. Ash berhubungan erat dengan Angela.

Seiyuu: Satoshi Hino






Angela

Ciel Dkk mengenalnya sebagai seorang maid di sebuah mansion ketika kasus di sebuah desa kecil. Tapi setelah itu Angela selalu terlihat di setiap kejadian yang menggeluti Ciel. Dia juga tertarik dengan Sebastian dan selalu mengajak Sebastian meninggalkan Ciel dan pergi bersamanya.

Seiyuu: Akiko Yajima






"What would a Phantomhive butler be if he couldn't do such a thing?"

Anime Kuroshitsuji memang jauh berbeda dengan cerita yang ada di manga. Hal ini membuat pro maupun kontra bagi para fans karena perbedaannya sangat jauh, apalagi melihat ending season 2 yang sangat mengejutkan. Sangat disayangkan juga jika chapter-chapter yang ada di manga tidak di animasikan. Apakah akan ada Kuroshisuji season 3? Yah itu sih maybe yes maybe no :))

Save And Share :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

back to top